7 Universitas Indonesia yang Masuk Daftar University Impact Ranking 2019

Shabrina Alfari

Jun 25, 2019 • 5 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


university impact ranking 2019

Artikel ini memberikan daftar universitas Indonesia yang berhasil masuk daftar University Impact Ranking 2019

--

Squad, majalah mingguan asal Inggris yang kerap melaporkan berita dan isu terkait pendidikan tinggi dunia, Times Higher Education (THE), merilis daftar ‘University Impact Ranking’ untuk tahun 2019. Daftar universitas yang ada di University Impact Ranking 2019 ini didasarkan pada pengaruh dari suatu universitas kepada masyarakat luas. Standar yang digunakan oleh THE dalam menyusun pemeringkatan ini berbasis pada 11 dari 17 indikator Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Survei yang dilakukan oleh THE ini berbeda dengan survei dari lembaga lainnya Squad. Jika lembaga lain biasanya hanya menilai dari sebanyak apa kerja yang telah universitas lakukan dalam setahun, maka THE menilai dampak dari kerja tersebut terhadap ekonomi dan masyarakat melalui inovasi dan penemuannya.

Pada edisi pertama, ada 450 universitas dari 76 negara di dunia yang masuk ke dalam pemeringkatan THE ini. Hasil pemeringkatan didasarkan pada penilaian universitas dalam pemenuhan SDGs yang telah ditentukan oleh PBB. Dari ratusan universitas tersebut, ada 7 PTN Indonesia yang masuk ke dalam daftaranya. Wah, bangga banget ya! Berikut daftarnya.

1. Universitas Indonesia (Peringkat: 80)

university impact ranking 2019UI (Sumber: detik.com)

THE mengukur performa UI yang dianggap berhasil dalam memenuhi SDGs 17 untuk Partnership for the Goals, SDGs 3 untuk Good Health and Wellbeing, SDGs 4 untuk Quality Education, dan SDGs 16 untuk Peace, Justice, and Strong Institutions.

2. Universitas Diponegoro (Peringkat: 101-200)

university impact ranking 2019Undip (Sumber: kampusundip.com)

Universitas Diponegoro menempati peringkat kedua PTN dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar University Impact Ranking. Undip berada di SDGs 3 untuk Good Health and Wellbeing, SDGs 12 untuk Responsible Consumption and Production, dan SDGs 13 untuk Climate Change. Ada juga aspek SDGs 17 untuk Partnership for the Goals.

3. Universitas Gadjah Mada (Peringkat: 101-200)

university impact ranking 2019UGM (Sumber: tribunnews.com)

UGM berhasil masuk ke dalam peringkat 50 besar dunia untuk indikator ‘SDGs Decent Work and Economic Growth’. Indikator ini mengukur dampak dari riset ekonomi yang telah dilakukan oleh suatu universitas, ketenagakerjaan, dan banyaknya mahasiswa yang bekerja. Tak hanya itu, UGM juga masuk peringkat 70 besar untuk indikator ‘SDGs Gender Equality. Keren!

4. Institut Pertanian Bogor (Peringkat: 201-300)

university impact ranking 2019IPB (Sumber: mamikos.com)

IPB berada di jajaran 100 besar dunia untuk tiga tujuan dan indikator yang didasarkan oleh SDGs. Indikator pertama adalah Industry, Innovation and Infrastructure, IPB berada di peringkat 78 dunia dan ranking ke-2 Indonesia. Indikator kedua adalah Responsible Consumption and Production, IPB berada di peringkat 74 dunia. Sementara itu, untuk indikator ketiga yaitu Climate Action, IPB berada di ranking 80 dunia dan ranking pertama di Indonesia.

IPB juga masuk ke peringkat antara 100 hingga 200 untuk dua indikator lainnya. Kedua indikator tersebut adalah Gender Equality dan Sustainable Cities and Communities yang menempatkan IPB di peringkat pertama di Indonesia.

5. Institut Teknologi Bandung (Peringkat: 301+)

university impact ranking 2019ITB (Sumber: youtube.com)

ITB berhasil masuk ke dalam daftar University Impact Ranking dengan perolehan SDGs 9 untuk Industry, Innovation and Infrastructure, SDGs 4 untuk Quality Education, SDGs 5 untuk Gender Equality, dan SDGs 17 untuk Partnership for the Goals.

6. Universitas Padjadjaran (Peringkat: 301+)

university impact ranking 2019Unpad (Sumber: kampusaja.com)

Unpad mendapatkan perolehan untuk SDGs 9 Industry, Innovation and Infrastructure, SDGs 8 untuk Decent Work and Economic Growth, SDGs 16 untuk Peace, Justice, and Strong Institutions, serta SDGs 17 untuk Partnership for the Goals.

7. Universitas Negeri Yogyakarta (Peringkat: 301+)

university impact ranking 2019UNY (Sumber: hipwee.com)

PTN terakhir dari Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar adalah UNY dengan perolehan SDGs 13 untuk Climate Action, SDGs 16 untuk Peace, Justice, and Strong Institutions, SDGs 11 untuk Sustainable Cities and Communities, serta SDGs 17 untuk Partnership for the Goals.

Apakah dari daftar di atas terdapat kampus kamu atau kampus impian kamu Squad? Prestasi ini sangat membanggakan lho, dan harus kita apresiasi. Mau masuk ke salah satu universitas kebanggaan Indonesia di atas? Yuk, persiapkan dirimu bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts