72 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Bagaimana di Antara Negara Lainnya?

Ruangguru Agu 16, 2017 • 5 min read


Smart Buddies, sejak Indonesia merdeka di tahun 1945 silam, sudah banyak perubahan positif yang terjadi. Pastinya kamu setuju, ‘kan? Nah menurutmu, manakah bidang-bidang yang paling berkembang pesat di negara kita? Bisa jadi, jawabanmu adalah infrastruktur, ekonomi, kemaritiman, atau masih banyak lagi. Pada intinya, Indonesia akan selalu terus mengupayakan kemajuan untuk semua warga negaranya. Namun, tentu saja negara lain juga tidak mau kalah! Semua berlomba-lomba ingin menjadi yang terbaik. Sekarang, yuk kita coba lihat perbandingan Indonesia di antara 3 negara lainnya yang ternyata sama-sama berusia 72 tahun. Disimak ya!

Vietnam

Kemerdekaan Indonesia - Ha Long Bay merupakan salah satu destinasi wisata Vietnam. Ha Long Bay merupakan salah satu destinasi wisata Vietnam. (sumber: northropandjohnson.com).

Negara yang merdeka pada tanggal 2 September 1945 ini, dulunya sempat dijajah oleh Jepang dan Perancis, lho. Tahun 2016 lalu, tercatat Produk Domestik Bruto (PDB) Vietnam mencapai 202.6 milyar Dollar AS. Menurut lembaga perbankan dan investasi seperti HSBC dan Goldman Sachs, pertumbuhan pesat ekonomi Vietnam akan terjadi di tahun 2025. Bahkan, diprediksikan mampu mengalahkan PDB Norwegia dan Singapura pada tahun 2050 mendatang. Wow!

Negara bermata uang Dong ini juga mengembangkan perekonomiannya di bidang industri minyak. Bahkan, saat ini telah menjadi salah satu dari tiga penghasil minyak terbesar di Asia Tenggara. Melalui upaya perbaikan ekonominya, Vietnam juga berhasil menangani masalah kesejahteraan sosial, khususnya pada rasio angka kelaparan. Terbukti, kini posisi rasio tersebut berada di level yang lebih baik dibandingkan Tiongkok, India, dan Filipina. Ke depannya, negara seluas 332,698 km2 ini akan mengembangkan program Vietnam Space Center yang rencananya selesai di tahun depan. Hebat!

 

Indonesia
Kemerdekaan Indonesia - Bali merupakan pualu paling terpopuler di Indonesia. Bali merupakan pualu paling terpopuler di Indonesia. (sumber: remotelands.com)

Tahukah kamu, Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan perekonomian terbesar se-ASEAN. Pasti tidak menyangka, ‘kan? PBB bahkan menyatakan bahwa negara pemilik tiga zona waktu ini adalah destinasi terbaik nomor empat untuk berinvestasi selama 2017-2019. Lebih mengejutkan lagi, ternyata pendapatan di dua BUMN asal Indonesia (PT Pertamina dan PT PLN) berhasil masuk dalam daftar 500 perusahaan terbesar di dunia. Salah satu produk mie instan asal Indonesia juga begitu dikenal dunia, sehingga setiap tahunnya berhasil memproduksi 42,5 milyar bungkus per tahun.

Sebenarnya, wajar jika Indonesia dapat melakukan semua pencapaian tersebut. Kekayaan SDA dan SDM yang dimiliki memang sangat menunjang perekonomian negara. Di sisi lain, sektor pariwisata juga tidak kalah menariknya. Kamu pasti tahu kalau keindahan Bali, Toraja, dan Candi Borobudur telah dikenal sebagai destinasi wisata terpopuler di negara dengan 17,508 pulau ini. Lebih lanjut, Indonesia sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Asian Games pada 2018 mendatang. Selain itu, Presiden Jokowi juga sedang mengupayakan adanya infrastruktur yang dapat menghubungkan seluruh wilayah dari Pulau Sumatera sampai Papua.

 

Korea Utara

Kemerdekaan Indonesia - Para tentara di Korea Utara. Para tentara di Korea Utara. (sumber: foxtrotalpha.jalopnik.com)

Wilayahnya yang sangat terisolasi, membuat Korea Utara terus mengalami penurunan tingkat perekonomian. Bahkan, sejak tahun 1993 negara ini tak lagi membuat rancangan kerja lima tahunan sebagaimana yang dilakukan pemerintahan negara lain. Alasannya, mereka merasa bahwa dengan menentukan target di bidang pemerintahan, sama saja akan melihat kegagalan demi kegagalannya. Hmm, rasanya pemikiran seperti ini hanya berlaku di sana ya. Akan tetapi, negara berpopulasi 25 juta ini mampu mensubsidi untuk bidang pangan dan perumahan bagi warga negaranya, lho! Serta membebaskan bayaran pajak sejak tahun 1974.

Di sisi lain, negara di bawah pimpinan Kim Jong-un ini sangat menjaga kultur yang mereka miliki. Masyarakatnya, baik anak-anak maupun dewasa, tampak gemar menyanyi, menari, dan bermain musik. Mereka melakukan kebiasaan ini pada kesempatan formal maupun sehari-hari. Wah, seru ya! Bahkan, Arirang Festival asal Korea Utara diakui sebagai event koreografi terbesar di dunia oleh Guiness World Records, yang telah melibatkan 140.000 partisipan.

Prestasi lain dari negara yang memiliki Ibukota di Pyongyang ini adalah di bidang pengembangan ilmu pengetahuan. Pada 7 Februari 2016, Korea Utara berhasil meluncurkan sebuah roket jarak jauh untuk menempatkan sebuah satelit pada orbit. Pemerintahannya juga fokus untuk meningkatkan proyek energi terbarukan seperti biomassa, turbin angin, taman sel surya, dan solar heating. Walau begitu, para insinyurnya masih membutuhkan training tambahan serta peningkatan peralatan laboratorium.

 

Korea Selatan

Kemerdekaan Indonesia - Korea Selatan yang kental dengan budaya tradisionalnya. Korea Selatan yang kental dengan budaya tradisionalnya. (sumber: chessdailynews.com).

Hayo, siapa nih para penggemar K-Pop dan K-Drama? Acung jari! Well, selain kemajuan Korea Selatan di bidang entertainment yang sudah kamu ketahui, masih banyak lagi lho pengembangan di bidang lainnya. Salah satu contohnya, bisa jadi ponsel yang sekarang kamu genggam! Yap, negeri ginseng ini merupakan pusat di mana perusahaan ternama Samsung dan LG berdiri. Keahliannya di bidang teknologi, tak perlu diragukan lagi. Bersama dengan tiga negara lainnya, Korea Selatan berhasil menjadi Four Asian Economic Dragons. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan yang tinggi dan tenaga kerja yang terlatih dalam mengembangkan teknologi. Kekuatan inilah yang membuat rata-rata pertumbuhan ekonomi per tahun Korea Selatan  menjadi 10% selama 30 tahun terakhir.

Negara yang mendapat julukan The World's Most Innovative Country dari Bloomberg Index ini, ternyata juga menunjukkan kepeduliannya pada sisi lingkungan, lho. Korea Selatan kini menjadi pusat bagi UN Green Climate Fund dan Global Green Growth Institute. Bagi dunia, negara berjumlah penduduk sebanyak 21 juta ini telah menjadi pemimpin untuk pengendalian pengurangan karbon dan penghijauan. Wah, kalau isu lingkungan saja mereka sudah begitu fokusnya, wajar jika aspek yang lainnya pun turut dikembangkan. Bangga deh sama Korea Selatan!

 

Smart Buddies, ternyata setiap negara punya sisi kehebatannya masing-masing. Tentunya sulit bagi sebuah negara memajukan beragam aspek dalam waktu bersamaan, karena akan menjadi tidak fokus. Nah, buat kamu yang sering membandingkan Indonesia dengan deretan negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan lainnya, sadarkah kamu kalau hal itu tidak sepadan? Semua negara tersebut telah merdeka jauh lebih dulu dibanding negara kita. Kalau kamu ingin mengukur kemajuan Indonesia, bandingkanlah dengan negara-negara di atas. Kamu pun sebagai generasi penerus, harus cerdas untuk memajukan negara di masa mendatang. Belajar dulu yuk di ruangguru digital bootcamp (RGDB) sebagai persiapannya! Ada siswa dari seluruh Indonesia lho dan ini saatnya untuk #BelajarJadiSeru. (RE)

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar