Ruangguru Blog

    8 Rekomendasi Channel Youtube yang Akan Membuatmu Cerdas

    By Ruangguru · Oct 17, 2016

    Halaman YouTube kini telah mengganti peran televisi di kehidupan manusia. Berbagai channel tersedia di website tersebut dan siapa pun bisa memilih tontonan mana saja yang disukai. Beragam jenis konten bisa kita temukan di sana, dari mulai tutorial memasak hingga hal-hal yang tidak penting sama sekali. Semua orang pun bebas menjadi ‘bintang’, tidak seperti dulu di mana seseorang harus menjalani casting sebelum bisa muncul di layar kaca. Tentunya fenomena ini memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan.

    Jika dipergunakan secara baik dan bijaksana, kamu dapat meraih banyak manfaat lho dari menonton YouTube. Sebaliknya, apabila digunakan untuk hal-hal negatif, YouTube bisa membawa dampak yang buruk. Agar tidak terkena dampak negatiffnya, sebagai penonton kamu harus selektif dalam memilih channel untuk ditonton. Ada banyak lho channel yang memiliki konten bermanfaat dan bisa membantu kamu mengembangkan diri. Ruangguru.com sudah membuat daftar untuk channel-channel tersebut. Simak terus ya!

    #1. Kok Bisa

    channel youtube Foto: youtube.com

    Kalau kamu punya pertanyaan mengenai fenomena-fenomena di dunia dan penasaran akan jawabannya, coba buka channel Kok Bisa. Dalam channel tersebut ada banyak penjelasan singkat yang mudah dipahami tentang berbagai hal. Beberapa contoh video-nya adalah tentang mengapa seseorang bisa cegukan, bagaimana proses gerhana matahari, dan mengapa Rupiah bisa melemah. Video-nya dikemas dengan sangat menarik, lho. Pengetahuanmu dijamin akan menjadi lebih luas.

    #2. TED

    channel youtube Foto: youtube.com

    Channel YouTube yang satu ini memiliki ribuan video yang akan menginspirasi, membuka wawasan, dan membantumu mengembangkan diri. Video-video tersebut merupakan rekaman dari presentasi seseorang mengenai suatu topik. Misalnya, kepercayaan diri, zodiak, bahasa tubuh, matematika, dan masih banyak lagi. Sebagian besar video-nya dibawakan dalam bahasa Inggris. Namun ada juga lho kontennya yang berbahasa Indonesia. Konten tersebut dibawakan oleh Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Barry Likumahuwa, Iman Usman, dan lain-lain.

    #3. BeFiT

    channel youtube Foto: latimes.com

    Untuk kamu yang suka berolahraga, mungkin BeFiT akan menjadi channel favoritmu setelah ini. BeFiT fokus pada konten olahraga dan kesehatan. Ada banyak tutorial olahraga, dari mulai yoga, pilates, cardio, sampai HIIT (High-Intensity Interval Training). Kamu juga akan menemukan berbagai resep makanan sehat. Durasi videonya cukup singkat sehingga tidak butuh waktu lama untuk kamu berolahraga setiap harinya. Sebagaimana kata pepatah, di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat! Let's get sweaty!

    #4. SoCraftastic

    channel youtube Foto: lhabia.com

    Apakah kamu termasuk orang yang kreatif dan senang membuat prakarya? Coba luangkan waktumu untuk menonton channel YouTube yang satu ini. Di SoCraftastic, kamu bisa menemukan video-video DIY (Do it Yourself) yang menginspirasi. Ada tutorial mendekor ruangan, membuat bantal, bahkan membuat casing handphone. Selain kamu jadi punya kegiatan positif, nantinya hasil kerajinan tanganmu bisa kamu jual, lho. Kamu jadi mendapat uang jajan tambahan, deh.

    #5. Ruangguru

    channel youtube Foto: youtube.com

    Saat kamu sedang santai belajar di rumah bisa jadi tiba-tiba kamu lupa akan penjelasan suatu materi. Jika hal itu terjadi, kamu tidak perlu berlama-lama menunggu hari esok untuk bertanya kembali pada gurumu. Cek saja pembahasan berbagai materi pelajaran di channel YouTube Ruangguru. Pembahasan materi dijelaskan secara lengkap. Video-nya pun dibuat singkat sehingga kamu bisa fokus di sepanjang video. Channel yang satu ini bisa menjadi teman belajarmu saat di rumah.

    #6. Migrantionology

    channel youtube Foto: en.baomoi.com

    Kali ini giliran kamu yang hobi masak dan makan yang akan menjadikan channel ini sebagai channel favorit. Video di Migrantionology semuanya dibawakan oleh Mark Wiens, seorang pria asal Arizona yang berdomisili di Thailand. Ia hobi jalan-jalan dan makan sehingga isi channel-nya adalah videonya saat sedang mencicipi makanan di tempat-tempat yang ia kunjungi. Mark sempat mengunjungi beberapa kota di Indonesia, lho. Langsung saja lihat channel-nya dan temukan makanan khas Indonesia favoritmu di sana. Channel ini dapat menginspirasi kamu tentang kuliner yang wajib kamu icip saat mengunjungi suatu tempat dan pengetahuanmu tentang makanan juga akan semakin luas.

    #7. Upworthy

    channel youtube Foto: i1os.com

    Mau mendengar cerita singkat yang inspiratif? Coba arahkan browser-mu menuju ke channel Upworthy. Video yang diunggah rata-rata hanya berdurasi 2 menit saja tetapi sarat makna. Salah satu cerita dalam channel ini adalah tentang seorang ayah yang membuatkan kostum Halloween khusus untuk anaknya yang menggunakan kursi roda. Sebelumnya, anak-anak pengguna kursi roda tidak bisa ikut berpartisipasi dalam pesta Halloween karena tidak ada kostum yang bisa mereka kenakan. Selain itu ada juga video tentang siswa-siswa yang melakukan inovasi di bidang sosial. Mereka membuat sebuah platform untuk mempertemukan orang-orang yang memiliki sisa makanan dengan organisasi-organisasi non-profit yang membutuhkan makanan untuk dibagikan ke orang-orang yang tidak mampu.

    #8. Lynda.com

    channel youtube Foto: youtube.com

    Di sini kamu bisa menonton ribuan tutorial yang akan membuatmu semakin lihai menggunakan software-software di komputer. Misalnya, Microsoft Excel, Photoshop, dan AutoCAD. Video-video di dalam channel ini akan berguna sekali untuk kamu yang tech savvy. Kemampuan menggunakan beragam aplikasi di komputer akan sangat berguna nantinya saat kamu melamar pekerjaan, lho. Jadi, kalau ada salah satu software yang sesuai dengan bidang studi atau ketertarikanmu saat ini, sering-sering saja nonton video di channel ini.

    Di era teknologi seperti saat ini, hidup manusia memang sangat banyak dimudahkan. Informasi yang dulunya sulit untuk didapat kini menjadi mudah. Namun, informasi yang ada tidak semuanya bermanfaat. Sebagai konsekuensinya, kamu harus pintar-pintar memilah hal yang baik dan tidak. Saat membuka YouTube, jangan sampai kamu membuang waktumu untuk menonton video yang tidak penting atau kurang bermanfaat. Sekali-kali tentunya boleh saja menonton video lucu atau tidak penting sebagai hiburan, tapi jangan sampai ketagihan. Ayo manfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin, smart buddies!

    Kalau channel YouTube favoritmu apa? Share di kolom komentar ya! Jangan lupa bagikan artikel ini supaya teman-temanmu pun jadi semakin cerdas! (AZN/TN)

     

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Rekomendasi

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru