Psst! Ini 8 Sikap Guru Yang Diam-Diam Disukai Murid

Ruangguru Jan 14, 2016 • 3 min read


Favorite Teacher Favorite Teacher

Siapa sih yang nggak akan suka kalau guru kita bisa mengerti  kalau kita sudah mulai jenuh belajar dan tiba-tiba mengusulkan nonton bersama di kelas? Wah, dijamin satu kelas pasti langsung memfavoritkan guru tersebut. Nah, Ruangguru.com menemukan ada 8 sikap guru yang disukai oleh para murid nih!

Apa aja sih? Let’s take a look.

1. Membawa makanan

Guru kita suka tiba-tiba membawa makanan ke dalam kelas atau mentraktir murid satu kelas? Well, siapa sih yang bisa menolak makanan? Apalagi kalau gratis, hehe :p

2. Punya Media Sosial (dan tidak alay)

Kaget gak kalau melihat Instagram gurumu yang feed-nya bagus atau isi Twitter dan Facebook nya yang penuh dengan tweet kocak dan shared-link yang bermanfaat? Ternyata guru kita tidak segaptek yang kita pikirkan.

3. Duduk di ujung meja

Rasanya "gap" antara guru dan murid berkurang yaa dengan gesture ini Rasanya "gap" antara guru dan murid berkurang yaa dengan gesture ini

Memang sering sih ada beberapa guru yang suka duduk di salah satu ujung meja murid. Tetapi itu mengindikasikan bahwa dia orangnya cukup kasual kan? Jadi kita tidak merasa terlalu “berjarak” ke beliau.

4. Mengakui kalau dia lagi bosan atau malas

Guru juga manusia sama seperti muridnya, dan rasa bosan atau malas sangat wajar juga untuk menghampirinya. Walau jarang, terkadang ada kan guru yang secara terang-terangan mengatakan dia sedang bosan? Yup, and suddenly we feel that instant connection! (LOL)

5. Punya banyak ide seru

Well, walau beliau sedang bosan, guru yang asyik biasanya akan memiliki alternatif lain selain menyuruh murid untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Mulai dari games, nonton bareng, hingga mengadakan debat kecil-kecilan biasanya jadi kegiatan kelas kita saat itu.

6. Ramah

Kita mungkin saja akan bertemu dengan beliau di luar sekolah dan terkadang bisa buat kita awkward apalagi kalau ekspresi guru kita terlihat dingin. Tapi kalau beliau mau senyum dan bahkan menegur kita duluan, waah senang sekali ya rasanya!

7. Up-to-date

Guru kita tahu juga film Star Wars? Atau kamu tiba-tiba mendengar dia menggumamkan lagu Hotline Bling? :p Well, mungkin guru kamu masih muda yaa kalau dia tahu banyak tren. Tapi kalau gurumu cukup paruh baya namun mengerti apa tren yang sedang hits di kalangan siswanya? Just wow.

8. Tegas namun tidak “killer

Dibalik semua “kesantaian” dan lawakan garingnya, ketika guru kita sedang dalam mode serius, kita mampu merasakan ketegasan beliau dan benar-benar fokus mendengarkan pelajaran atau peringatan darinya saat kelas dirasa terlalu gaduh.

Nah, apakah gurumu pernah melakukan hal-hal di atas? Bukan berarti guru yang tidak pernah membawa makanan ke kelas tidak asyik lho ya :p.

Kita juga selayaknya tetap menghormati guru kita sebagai sosok yang berusaha mendidik kita lebih baik lagi. :)

Cheers!

Beri Komentar