Bahasa Indonesia Kelas 8 | Unsur Kebahasaan Teks Diskusi

unsur kebahasaan teks diskusi

Artikel pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 kali ini akan membahas tentang unsur kebahasaan dari teks diskusi. Penasaran, apa saja unsurnya? Baca sampai habis ya.

---

Seberapa sering kamu melakukan diskusi bareng teman?

Harap dibedakan diskusi bareng teman dengan ngomongin teman ya. Diskusi bareng teman ini contoh paling dekat dan pasti pernah kamu lakuin itu kerja kelompok. Di artikel ini kakak, ngga bakalan ngebahas tentang pengertian diskusi.

Jadi, kalo kamu nyari pengertian teks diskusi, bukan di artikel ini. Kamu salah artikel.

Oke, di artikel ini kita bakalan ngebahas tentang unsur kebahasaan dari teks diskusi. Sudah siap?

(ashiap)

Kita akan bahas 3 unsur kebahasaan yang biasa digunakan dalam teks diskusi, antara lain

konjungsi, modalitas, dan kata rujukan. Unsur kebahasaan ini sangat penting untuk membangun sebuah teks yang utuh dan padu lho teman-teman. Ketika kamu memutuskan untuk membuat teks diskusi, paling penting jangan sampai terlewat unsur kebahasaannya.

Oke, kita ngga akan lama-lama lagi openingnya. Langusng aja kuy satu-satu akan kita kulik ya teman-teman.

 

1. Konjungsi

Konjungsi atau yang lebih dikenal dengan kata hubung ini, digunakan dalam teks diskusi. Tapi, ngga semua konjungsi dipakai ya teman-teman. Di dalam teks diskusi, konjungsi yang digunakan berupa konjungsi perlawanan. Nah, contoh konjungsi perlawanan antara lain

  1. …. tetapi ….,
  2. ….sedangkan….,
  3. ….melainkan….., dan
  4. ….sebaliknya.

Mari kita sama-sama lihat contoh penggunaan konjungsi perlawanan yang dipakai di dalam sebuah kalimat.

konjungsi unsur kebahasaan teks diskusi

 

2. Modalitas

Jangan mentang-mentang ada kata “modal” terus ada hubungannya jual-beli. Modalitas merupakan kata yang nunjukin sikap pembicara. Maksudnya begini, jika dalam teks diskusi itu kan ada argumen yang diutarakan, nah dengan adanya modalitas ini, kita bisa mengetahui arah dan sikap pembicara itu seperti apa. Ada pun contoh kata modalitas antara lain

  1. harus,
  2. akan,
  3. ingin, dan
  4. mungkin.

Baca Juga: Pengertian dan Struktur Teks Eksplanasi

Biar kamu ngga bingung, lihat contoh penggunaan modalitas dalam kalimat berikut ini ya.

modalitas teks diskusi

 

3. Kata Rujukan

Setiap teks yang dibuat haruslah padu dan membangun kesatuan informasi yang utuh. Tidak terkecuali teks diskusi nih teman-teman. Dalam penyusunan teks diskusi nanti diperlukan kepaduan antarkalimat yang dibuat. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan kata rujukan. Beberapa kata rujukan yang bisa dipakai dalam teks diskusi antara lain

  1. hal ini,
  2. tersebut,
  3. mereka, dan
  4. -nya.

Bingung? Sabaarr….ini mau dikasih contoh kalimatnya kok.

kata rujukan teks diskusi

Gimana nih teman-teman penjelasan tentang unsur kebahasaan teks diskusi? Sudah cukup jelas kan? Ada konjungsi atau kata hubung, modalitas yang merupakan penunjuk sikap pembicara dalam teks, serta kata rujukan yang berfungsi membangun informasi dalam teks.

Kalau kamu ngerasa kurang cukup jelas coba dalami materinya di ruangbelajar yang udah bisa diakses di laptop/pc kamu lho. Yuk langganan ruangbelajar for desktop sekarang juga!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar