Ruangguru Blog

    9 Daftar Beasiswa Keren yang Wajib Kamu Ikuti

    By Ruangguru · Jan 27, 2017

    Halo pejuang beasiswa! Berikut ada 9 daftar beasiswa keren yang wajib banget kamu ikuti. Jangan mudah menyerah. Tenang saja, mati satu, tumbuh seribu. Yuk simak, dan segera siapkan dirimu!

    1. Bidikmisi

    Bagi generasi penerus bangsa yang memiliki banyak prestasi tapi terhalang faktor ekonomi, pemerintah menyediakan beasiswa ini untuk kamu. Eits, tidak hanya prestasi akademik, tapi juga non akademik lho, smart buddies. Agar bisa mendapat beasiswa ini, kamu harus mengikuti jalur resmi masuk perguruan tinggi terlebih dulu. Ada SNMPTN, SBMPTN, serta jalur mandiri PTN dan PTS. Program ini selalu dibuka setiap tahunnya. Tidak heran, peminatnya luar biasa banyak. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa simak di sini.

     

    2. Astra

    PT Astra International Tbk juga membuka peluang bagi kamu yang ada di pulau Jawa dengan nama Beasiswa Astra1st. Tunjangan yang ditawarkan adalah beasiswa sebesar 5 juga rupiah per semester. Program berdurasi satu tahun ini juga memberikan pendampingan komprehensif untuk mengembangkan soft and technical competencies.

     

    Daftar Beasiswa - Para penerima beasiswa Astra Para penerima beasiswa Astra. (Sumber: astra.co.id)

     

    Selain itu, kamu diberi kesempatan belajar (kerja praktik atau magang) di Astra Group lho, smart buddies. Kamu akan diberi kesempatan emas untuk mengerjakan proyek bagi anak perusahaan Astra Group, serta mendapatkan dana proyek. Tidak hanya itu, setelah kamu lulus, tentu kesempatan bekerja di Astra akan terbuka sangat lebar untukmu. Kurang apa lagi coba?

    Tes yang harus kamu lalui di antaranya tes psikologi, Focus Group Discussion, interview, dan diakhiri dengan Astra Workshop Program. Informasi lengkap bisa kamu lihat di official website Astra.

     

    3. AMINEF (American Indonesia Exchange Foundation)

    Daftar Beasiswa - Penerima beasiswa AMINEF Penerima beasiswa AMINEF. (Sumber: aminef.or.id)

     

    Siapa yang ingin merasakan kuliah singkat di Amerika? Nah, wajib banget mencoba program beasiswa dari AMINEF. Program yang akan berjalan selama satu semester ini berlaku bagi kamu yang masih menjalankan pendidikan S1 atau D4. Ada beberapa kriteria untuk calon yang dicari, yaitu:

    • Nilai TOEFL-mu minimal 500 (sertifikatmu gak boleh berumur lebih dari 2 tahun)
    • Diutamakan yang belum pernah punya pengalaman tinggal atau belajar di Amerika
    • Sudah selesai kuliah semester 1. namun belum melewati semester 6.

    Kriteria lainnya bisa kamu lihat di sini.

     

    4. Tanoto Foundation

    Tanoto Foundation adalah sebuah yayasan yang didirikan oleh pengusaha konglomerat Indonesia, Sukanto dan Tinah Bingei Tanoto. Yayasan ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian akan kemiskinan serta menanggulanginya. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan beasiswa pendidikan.

     

    Daftar Beasiswa - Peraih beasiswa Tanoto Foundation Peraih beasiswa Tanoto Foundation. (Sumber: jurnalasia.com)

     

    Beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 atau S2 di sejumlah perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation. Apa saja? UI, ITB, UGM, IPB, USU, Universitas Hasanuddin, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, dan Universitas Riau.

    Kalau kamu merupakan mahasiswa berprestasi, punya potensi kepemimpinan namun terhalang ekonomi, beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan tunjangan bulanan. Diberikan sampai penerima beasiswa menyelesaikan pendidikannya secara tepat waktu, sepanjang dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi akademik. Selain itu, yayasan ini turut membekali penerima beasiswa dengan berbagai kegiatan positif. Lihat rincian lebih jelasnya di sini.

     

    5. BCA 

    Beasiswa JSSO - Beasiswa BCA Finance Beasiswa BCA Finance. (Sumber: kompas.com)

     

    Beasiswa BCA Finance menawarkan mahasiswa S1 dengan memberikan bantuan dana pendidikan sebesar 3 juta rupiah per semester. Beasiswa ini berlaku hingga 8 semester lho, dan besar kuotanya adalah 90 mahasiswa. Beberapa ketentuannya yaitu IPK minimal 3,00 bagi yang kuliah di PTN dan 3,40 bagi yang kuliah di PTS. Umumnya pendaftaran dibuka sekitar bulan Juni nih, smart buddies. Ayo mulai persiapkan dirimu dari sekarang agar tidak ketinggalan! Pantengin terus ya ke laman ini.

     

    6. Djarum Foundation

    Beasiswa JSSO - Beswan Djarum Beswan Djarum. (Sumber: inijakarta.com)

     

    Nah, beasiswa yang ini cakupannya cukup luas, yaitu pelajar tingkat SMP sampai mahasiswa pascasarjana. Sejak tahun 1984, Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus memberi bantuan tidak sekadar biaya pendidikan dan hidup saja. Namun juga ada pelatihan soft skills yang akan berguna di masa depanmu nanti. Pelatihan yang diberikan pada Beswan Djarum (sebutan penerima beasiswa) terdiri dari:

    • Nation Building
    • Character Building
    • Leadership Development
    • Competition Challenges
    • International Exposure

    Selain tunjangan biaya pendidikan, beasiswa ini juga memberikan tunjangan uang saku, tunjangan biaya buku, dan tunjangan internet. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Januari. Baca syarat dan ketentuannya di sini.

     

    7. Japan Student Services Organization (JASSO) 

    Daftar Beasiswa - Beasiswa JSSO Beasiswa JSSO. (Sumber: kumamoto.com)

     

    Disiplinnya budaya Jepang tentu membuatmu ingin turut merasakan mengenyam pendidikan di sana. Seleksi penerimaannya seperti pada umumnya. Mulai dari seleksi dokumen, ujian tertulis, kemampuan berbahasa asing, dan wawancara. Kamu dapat langsung hubungi bagian mahasiswa asing di universitas Jepang manapun yang kamu mau. Hampir semua pendaftaran diwajibkan melalui kampus yang kamu tuju. Yuk semangat!

     

    8. Global Korea Scholarship Program

    Hayo, siapa yang tergila-gila dengan berbagai hal tentang Korea Selatan? Mulai dari film, musik, maupun acara televisinya. Kamu bisa ikut beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) yang didukung penuh oleh pemerintah Korea Selatan. Seleksinya dilakukan melalui universitas rekanan, salah satunya Universitas Indonesia. Tidak mudah lho ikut seleksi kalau bukan dari universitas rekanan. Tugasmu, cari tahu universitas mana saja yang merupakan rekanan di Indonesia.

     

    9. Guangxi Government Scholarship

    Kabar baik, pemerintah Tiongkok memberi beasiswa ke negara-negara ASEAN. Nah, karena Indonesia adalah salah satunya, maka kamu punya kesempatan bagus untuk dapat beasiswa. Program ini mencakup biaya pendaftaran ke universitas, biaya kuliah, buku, dan materi perkuliahan, akomodasi, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta biaya hidup. Benar-benar meringankan beban, bukan? Belum fasih bahasa setempat? Psst, kamu akan diberi kesempatan untuk belajar di program Bahasa Tiongkok selama setahun.

    Itulah 9 program beasiswa keren yang wajib dicoba. Jadi, program beasiswa mana yang ingin kamu ikuti? Siapkan motivation letter, recommendation letter, hasil TOEFL, sertifikat, dan semua berkas yang dibutuhkan. Cheers!

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru