Ruangguru Blog

    9 Fakta Mengejutkan Sekolah Korea yang Belum Kamu Ketahui

    By Ruangguru · May 27, 2017

    Smart buddies, maraknya drama Korea pasti membuat kamu sudah tidak asing lagi dengan kisah-kisahnya. Biasanya, serial drama negeri ginseng ini bercerita tentang kehidupan di sekolah. Hal ini membuatmu jadi penasaran, seperti apa sih sekolah di Korea? Apakah sama serunya dengan yang ditampilkan pada serial dramanya? Untuk memenuhi rasa ingin tahu kamu, Ruangguru akan mengulas beberapa fakta mengenai sekolah di Korea. Keep scrolling, ya!

    1. Jam belajar

    Masih suka mengeluh atas jam belajar yang diterapkan pemerintah? Ternyata, itu belum seberapa lho dibanding apa yang dirasakan para pelajar Korea. Jam terbang mereka untuk belajar terbilang sangat lama, memakan waktu hampir seharian. Bagi siswa yang ada di jenjang SD dan SMP, belajar dimulai pukul 7 pagi hingga 4.30 sore. Sedangkan SMA, memulai pada pukul 8 pagi sampai 10 malam.

    sekolah korea - Siswa di Korea sedang belajar dengan tekun di kelas Siswa di Korea sedang belajar dengan tekun di kelas. (Sumber: wsj.net)

    Apa yang membuat pemerintah memberlakukan peraturan jam belajar demikian? Para siswa harus belajar keras agar lolos ke perguruan tinggi. Pasalnya, persaingannya sangat ketat. Tak heran, seluruh pelajar menjadi “gila” belajar.

    2. Bimbel

    Walau sudah menghabiskan 16 jam di sekolah, siswa akan lanjut belajar atau ikut les tambahan (hagwon) sekembalinya ke rumah. Hagwon merupakan sebuah entitas swasta yang membantu menguatkan pendidikan tinggi serta kemampuan bahasa Inggris. Sifatnya wajib, terlebih bagi siswa yang berada di tingkat akhir. Umumnya, hagwon ini diadakan oleh pihak sekolah. Akan tetapi, banyak juga yang dari luar sekolah. Cara ini juga dilakukan guna mempercepat pembelajaran para siswa.

    sekolah korea - Siswa mengikuti hagwon seusai belajar di sekolah Siswa mengikuti hagwon seusai belajar di sekolah. (Sumber: flickr.com)

    Jika di Indonesia bimbel biasanya diadakan siang atau sore, di Korea bimbel dilaksanakan usai sekolah. Dikarenakan jam pulang sekolahnya larut, maka bimbel pun bisa-bisa selesai jam 12 malam lho! Melihat fakta ini, nggak heran ya kalau di drama Korea bertema sekolah, para pemainnya memakai seragam terus.

    3. Mata Pelajaran

    Di Korea, ada lima mata pelajaran utama, yaitu Matematika, Sains, Bahasa Korea, Studi Sosial, dan Bahasa Inggris. Mereka jarang diajarkan mengenai keagamaan. Nah, inilah sebabnya angka bunuh diri akibat tekanan sangat tinggi.

    Selain itu, pendidikan fisik/olah raga dianggap kurang penting. Oleh karena itulah banyak sekolah yang tidak memilki gymnasium yang layak.

    4. Sabtu tetap masuk

    Di Korea Selatan, hari Sabtu siswa tetap masuk. Well, di beberapa sekolah di Indonesia memang ada juga yang memberlakukan peraturan ini. Namun, yang membedakan adalah, di Indonesia hanya setengah hari, sedangkan di Korea jadwalnya penuh seperti hari biasa.

    Bagi smart buddies yang hobi ngeluh karena Sabtu masih sekolah (walau hanya setengah hari), pasti menyesal setelah tahu fakta ini.

    5. “Guru setinggi Tuhan”

    Korea sangat fokus akan pendidikan dan sekolah. Oleh karenanya, di Korea guru memegang peranan sangat berharga dan dihormati. Gurulah yang menjadi pilar dari sistem pendidikan.

    sekolah korea - Guru di Korea sangat dihormati Guru di Korea sangat dihormati. (Sumber: businessinsider.com)

    Smart buddies pernah mendengar cerita korban kapal Sewol? Di cerita tersebut, para guru meminta siswa untuk tetap tenang dan menunggu dalam kapal sampai akhirnyak kapal tenggelam. Seluruh siswa patuh karena mereka sangat percaya pada ucapan guru mereka.

    6. Rotasi guru

    Hmm, siapa bilang hanya pelajar yang menjalani ujian? Guru pun ternyata harus mengikuti serangkaian ujian untuk rotasi. Dalam jangka waktu lima tahun sekali, kepala sekolah beserta wakil, dan para guru menjalani sistem undian rotasi. Walaupun sudah sangat nyaman di tempat mengajar, tiap lima tahun mereka akan dipindahtugaskan mengajar ke sekolah lain. Sistem ini dilakukan guna memberikan tiap guru kesempatan yang sama untuk bekerja di berbagai sekolah. Jadi, setiap tahun pasti ada staf baru di sekolah.

    7. Hukuman fisik berlaku

    Sistem pendidikan Korea terbilang sangat disiplin dan cukup keras. Bukanlah suatu hal tabu jika guru melakukan kekerasan fisik guna mendisiplinkan siswanya. Padahal, beberapa negara di dunia mungkin sudah tidak melakukan hukuman fisik terhadap siswanya.

    Herannya lagi, pihak orang tua pun tidak masalah dengan peraturan itu. Kini hukuman fisik di Korea sudah tidak terlalu banyak. Namun, masih terjadi di beberapa sekolah.

    8. Peran Orangtua

    sekolah korea - Menjadi dokter sangat didambakan para orang tua di Korea Menjadi dokter sangat didambakan para orang tua di Korea. (Sumber: hancinema.com)

    Sejak kecil, anak-anak di Korea didorong orang tuanya untuk menjadi seorang dokter atau insinyur. Biasanya, yang menjadi alasan adalah karena status sosial dan uang. Jika berhasil menjadi dokter atau insinyur, maka semua orang akan berdecak kagum. Oleh karena hal ini juga para orang tua menuntut anaknya untuk belajar non-stop guna mengejar kesuksesan. Namun, karena tingginya tuntutan ini, banyak juga yang memutuskan bunuh diri karena merasa tidak mampu.

    9. Memiliki nama asing (English name)

    Kebanyakan pelajar di Korea menggunakan nama asing atau English name. Hal ini ditujukan guna para guru (terutama guru bahasa Inggris) bisa dengan mudah mengenal murid-murid mereka. Seru, ya?

    Itulah tadi sembilan fakta mengejutkan yang mungkin belum kamu tahu mengenai sekolah di Korea. Apa kamu tahu fakta-fakta seru lainnya? Bagikan di kolom komentar ya, smart buddies! (TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru