9 Trik Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal Nantinya

Shabrina Alfari Jan 29, 2019 • 4 min read


jurusan kuliah

Artikel ini membahas mengenai trik memilih jurusan kuliah untuk para calon mahasiswa agar mereka tidak menyesel nantinya

--

Squad, apakah kamu sudah tahu akan memilih jurusan apa di bangku kuliah nanti? Atau masih galau untuk menentukan yang paling tepat? Memilih jurusan kuliah memang kerap menimbulkan banyak kebimbangan, terlebih untuk kamu yang belum memiliki ketertarikan khusus pada salah satu bidang profesi. Sebaiknya lakukanlah pertimbangan dengan baik sebelum kamu memutuskan. Jangan sampai kamu salah memilih dan kemudian menganggap salah masuk jurusan. So, mau tahu trik memilih jurusan agar kamu tidak menyesal nantinya? Check these out!

1. Kenali minat dan passion kamu

Minat dan passion merupakan bekal utama saat kamu harus menentukan jurusan kuliah. Walaupun kamu tidak tahu ingin bekerja sebagai apa, pasti dari sekian banyak bidang ada satu atau beberapa hal yang kamu sukai. Percayalah kamu akan lebih berkembang dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu, karena kamu mempunyai ketertarikan untuk mendalaminya.

2. Buat list jurusan-jurusan yang kamu minati dan lakukan riset

Jika kamu masih bingung memilih jurusan yang sesuai dengan minatmu, cobalah untuk membuat daftar beberapa jurusan yang paling mendekati. Setelah itu, kamu bisa mencoret satu per satu jurusan yang paling tidak sesuai dan tersisa jurusan yang kemungkinan akan kamu pilih. Lakukan juga riset kecil-kecilan mengenai jurusan serta universitas yang kamu inginkan agar kamu semakin mantap memilih.

jurusan kuliahMemilih jurusan kuliah (Sumber: youthmanual.com)

3. Ketahui hal yang kamu kuasai dari nilai atau prestasimu

Coba deh cek lagi nilai-nilaimu di sekolah. Mata pelajaran apa sih yang selalu mendapatkan nilai paling baik selama kamu sekolah? Dari sini, kamu bisa mencari program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Alternatif lain kamu bisa melihat prestasi yang berhasil kamu raih di bidang lain selain pelajaran sekolah. Misalnya, kamu berbakat menggambar, maka kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan gambar, seperti DKV, Seni Rupa, dan lainnya.

4. Pertimbangkan prospek kerja di masa depan

Selain mengenal minat, kamu juga harus mempertimbangkan lagi prospek kerja ke depan dari jurusan yang akan kamu pilih. Pikirkan, apakah jurusan yang dipilih bisa memberikan keuntungan ke masa depan. Jangan lupa juga untuk memastikan jurusan yang kamu pilih sudah terakreditasi dengan baik karena hal ini akan membantumu di dunia kerja nantinya.

jurusan kuliahPilih jurusan yang sesuai dengan minat dan passion (Sumber: iamgifted.co.id)

5. Jangan terpengaruh teman

Squad, jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah yang akan menentukan masa depanmu kelak hanya karena terpengaruh teman ya. Kamu dan temanmu tentunya mempunyai minat dan bakat berbeda yang harus kalian cari tahu masing-masing. Sebaiknya renungkan masak-masak jurusan yang akan kamu pilih.

6. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman atau orang terdekat

Untuk menghindari kemungkinan kamu memilih karena ikut-ikutan teman, kamu bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman atau orang terdekatmu. Misalnya, orang tua. Orang tua tentu memiliki naluri yang kuat dan mengetahui dengan jelas seperti apa buah hatinya. Tanpa kamu sadari, terkadang orang tua lebih mengetahui diri kita dibandingkan kita sendiri. Mintalah arahan dan pendapat orang tua agar kamu semakin mantap menentukan pilihan. Jika kamu ingin berkonsultasi dengan orang yang lebih profesional, kamu bisa berbicara dengan konsultan pendidikan atau orang yang kamu anggap sukses.

jurusan kuliahKetahui prospek kerja ke depan dari jurusan yang akan dipilih (Sumber: tribunnews.com)

7. Pertimbangkan biaya kuliah

Saat memilih jurusan, biaya kerap kali menjadi hambatan yang tidak bisa diabaikan. Apalagi, jika kamu memilih untuk berkuliah di luar kota domisili sekarang. Tentu saja kamu akan membutuhkan lebih banyak biaya, baik itu untuk kos hingga kebutuhan sehari-hari lainnya. Namun, jangan sampai biaya menjadi halangan untukmu berkuliah di jurusan atau universitas impian. Kamu bisa kok kuliah sambil kerja sampingan atau mencari beasiswa untuk meringankan biaya kuliah.

8. Buat beberapa pilihan jurusan dan universitas

Kamu juga perlu membuat backup plan atau rencana cadangan. Jangan hanya memilih satu jurusan atau universitas saja. Kamu memang tetap perlu optimis akan pilihan pertamamu, namun kamu juga perlu realistis bahwa ada kemungkinan gagal pada setiap pilihan. Mempunyai rencana cadangan juga akan membuka lebih banyak peluang untukmu.

jurusan kuliahJangan mudah menyerah dengan pilihanmu (Sumber: hastagcampus.com)

9. Jangan mudah menyerah

Jika kamu sudah menentukan jurusan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan yang maksimal dan bertempur di SBMPTN. Jika hasilnya kamu tidak diterima, jangan langsung berkecil hati dan pesimis. Masih ada jalur lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba jalur mandiri atau mendaftar di universitas swasta. Universitas swasta juga memiliki kualitas yang tak kalah baik dengan PTN, lho. Mantaplah dengan jurusan yang kamu pilih.

Squad, waktu memilih jurusan sudah semakin dekat, lho. Ayo segera lakukan langkah di atas dan mantapkan pilihamu. Menentukan pilihan lebih cepat juga akan membantu kamu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Yuk, siapkan dirimu bersama group chat belajar di Ruangguru digitalbootcamp. Kamu bisa belajar dengan tutor standby serta teman dari seluruh Indonesia, lho.

New Call-to-action

Beri Komentar