Ada Nggak sih Istilah Salah Jurusan?

 ada nggak sih salah memilih jurusan kuliah?

Artikel ini membahas mengenai apakah sebenarnya ada istilah 'salah jurusan' dalam dunia perkuliahan.

--

Diantara kamu pasti punya rasa khawatir apakah jurusan yang kamu pilih akan sesuai dengan passion kalian atau tidak?. Bahkan ada keraguan dalam memilih jurusan karena takut salah memilih jurusan, dan sebenarnya ada gak sih istilah salah jurusan itu?

Baca juga: Ulas Jurusan Dian Sastro, Jurusan Filsafat: Ibu dari Berbagai Ilmu

Buat kamu yang masih punya waktu untuk mempertimbangkan jurusan apa yang akan kamu pilih, baca dulu yuk artikel kali ini, kira-kira apakah salah jurusan itu memang salah atau sebenarnya sebaliknya akan menjadi anugerah yang berbuah pengalaman bermanfaat. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

1. Salah jurusan bisa menambah keahlian

Mendapat jurusan yang sesuai dengan passion kamu mungkin memang menyenangkan ya. Bisa dibayangkan, kamu bisa berkembang di zona nyaman kamu tanpa ada tekanan yang terlalu berarti. Namun terkadang zona nyaman itu bisa menjebakmu, lho.

salah jurusan kuliah

(Sumber: groupdiscussionideas.com)

Mungkin pada awalnya ketika kamu menyadari bahwa kamu terjebak jurusan yang salah akan malas untuk bersungguh-sungguh dalam belajar. Namun lihatlah sisi baiknya, ketika kamu bisa belajar di tempat belajar yang baru dan dengan jurusan yang pasti ‘asing’ untuk kamu, kamu bisa menekuni keahlian baru yang kelak akan menjadi bekal untuk pekerjaan kamu di masa depan.

2. Salah jurusan buat Kamu melihat Dunia dari Sisi yang Berbeda

Saat kamu merasa salah ambil jurusan, kamu akan menemukan teman-teman dengan tingkah laku yang ajaib. Sebenarnya bukan karena mereka aneh, tapi kamu hanya tidak terbiasa dengan itu. Kamu berharap bisa bertemu dengan orang-orang yang satu pemikiran dengan kamu, nyatanya malah sebaliknya. 

salah memilih jurusan

(Sumber: freepik.com) 

Tapi perbedaan karakter dari orang baru yang kamu temui justru membuat kamu menjadi orang yang open minded, karena ternyata kamu baru menyadari bahwa pemikiran orang berbeda-beda dan tidak bisa dipaksakan untuk bisa sama seperti apa yang kamu pikirkan. Dengan kamu belajar berbaur dengan orang-orang yang berbeda background dan pandangan hidup serta nilai dengan kamu, kamu akan akan belajar dan akan terbiasa menghadapi tantangan masa depan yang bukan hanya keahlian yang diperlukan namun cara pandang kamu akan berbagai hal pula.

3. Salah jurusan membuat kamu menemukan passion yang sebenarnya

Berbicara mengenai passion, pasti berbicara tentang apa yang kamu gemari, tentang sesuatu yang tidak pernah kita bosan untuk melakukannya dan apa yang kamu kerjakan dengan senang hati. Dulu mungkin kamu menganggap passion-mu ada di bidang seni, tapi tak disangka ternyata saat kamu “salah jurusan”, passion-mu yang lain justru akan kamu temukan.

salah memilih jurusan

(Sumber: uberchord.com)

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasinya, lho. Misalnya ketika kamu mengambil jurusan yang kamu anggap salah tetapi setelah mempelajarinya dengan tekun ternyata kamu menemukan rasa nyaman dan berniat untuk menggalinya lebih dalam lagi. Seiring berjalan nya waktu, barangkali jurusan yang kamu pikir akan salah malah justru menjadi passion kamu yang baru. 

4. Salah jurusan membuatmu jadi pribadi yang tahan banting

Seringkali ada hikmah dibalik kesalahan yang kamu ambil, begitu pula kalau kamu sudah terjebak dalam jurusan yang salah. Rasanya tidak akan mungkin bisa mengulang waktu, mau tidur salah, mau makan pun salah. Kalau sudah seperti itu, tidak ada yang bisa dilakukan lagi selain menerima kenyataan dan melihat kebaikan dari sisi yang lain.

salah memilih jurusan

(Sumber: lifecoachcode.com)

Ketika kamu terjebak dalam situasi salah jurusan, kamu akan terbentuk menjadi pribadi yang tahan banting. Tahan banting maksudnya adalah situasi dimana seberat apapun tekanan yang ada di sekeliling kamu, kamu akan mampu dengan cepat mencari solusinya. Selain itu, kamu akan menjadi orang yang bisa menyesuaikan diri dan lekas beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Gimana, apa masih takut ketika terjebak “salah jurusan”? Karena sebenarnya tidak ada kesalahan yang benar-benar salah ketika kamu mampu melihat sisi terang di dalamnya. Salah jurusan memang tidak selamanya buruk, namun untuk menghindari agar tidak salah jurusan, kamu bisa mempersiapkannya dengan belajar di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar