Pengangguran: Akibat dan Cara Menanggulangi | Ekonomi Kelas 11

Seno Aji Mei 22, 2018 • 4 min read


Ekonomi kelas 11 materi tentang pengangguran

Pada artikel sebelumnya tentang pengangguran, kita sudah membahas pengelompokkan pengangguran berdasarkan sifat dan penyebabnya. Nah, sekarang kita akan membahas dampak apa yang bisa ditimbulkan oleh pengangguran dan bagaimana cara mengatasinya, yuk langsung aja simak penjelasannya!

Coba kamu bayangkan jika ada sebuah keluarga dan di dalam keluarga itu ada beberapa orang yang menganggur, apa yang akan terjadi? Pertama tentu saja akan sulit memenuhi kebutuhan hidup, misalnya dari 6 orang di keluarga itu, 2 orang anak, 3 orang pengangguran, dan 1 orang bekerja, pasti gaji orang yang bekerja tidak akan cukup untuk menopang yang lain terus menerus.

Selain itu dampak yang ditimbulkan adalah terhambatnya kegiatan perekonomian keluarga, karena tidak bisa membeli kebutuhan secara utuh. Apabila ini terjadi pada banyak keluarga, maka berakibat pada produktivitas yang rendah. Hal itu juga akan memengaruhi produk domestik bruto (PDB) menjadi rendah. Selain merendahkan PDB, hal ini juga bisa menghambat pembangunan nasional lho.

Berikut ini adalah beberapa pengaruh dari banyaknya pengangguran terhadap pembangunan nasional:

  • TERGANGGUNYA STABILITAS PEREKONOMIAN BAIK PERMINTAAN MAUPUN PENAWARAN.

Jika perekonomian rumah tangga terganggu, otomatis rumah tangga itu mengurangi pembelian atau permintaannya akan suatu barang, hal ini dilakukan karena mereka harus membeli barang yang lebih penting dan lebih bermanfaat.

menurunnya angka penjualanIlustrasi lesunya permintaan dan penawaran (sumber: geardeary.com)

Di satu sisi, karena permintaan menurun dan daya beli masyarakat tidak ada, penawaran yang dilakukan penjual pun melemah dan cenderung lebih sedikit, karena tidak adanya pembeli.

  • TERGANGGUNYA STABILITAS SOSIAL-POLITIK.

Kegiatan ekonomi yang lesu dan pengangguran yang tinggi dapat menimbulkan rasa tidak puas di masyarakat kepada pemerintah. 

penjarahan karena pengangguranMenjarah, atau dalam bahasa keren anak jaman sekarang,

nge-loot / looting  (sumber: tribunnews.com)

Biasanya, dalam tahap ini masyarakat akan melakukan demonstrasi untuk mengkritik pemerintah. Kemudian juga akan ada huru-hara yang terjadi walaupun kecil kemungkinannya. Jika terjadi huru-hara, akibat yang biasa ditimbulkan adalah pencurian, perampokan atau penjarahan.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal di atas dan mengurangi pengangguran, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, contohnya sebagai berikut:

  • CARA MENGATASI PENGANGGURAN STRUKTURAL

Pengangguran yang terjadi karena struktur ekonomi ini dapat dikurangi dengan cara

Penanggulangan pengangguran struktural

  • CARA MENGATASI PENGANGGURAN KONJUNGTURAL

Pengangguran yang terjadi karena naik turunnya kegiatan perekonomian ini biasanya diikuti dengan turunnya daya beli masyarakat terhadap suatu barang dan jasa. Untuk mengatasinya, maka dapat dilakukan cara-cara berikut

Penanggulangan pengangguran konjungtural

  • CARA MENGATASI PENGANGGURAN FRIKSIONAL

Pengangguran ini adalah orang-orang yang mencari kesempatan yang lebih baik di tempat lain daripada di tempat sebelumnya, maka dari itu, pengangguran ini bisa ditekan dengan cara

Penanggulangan pengangguran friksional

  • CARA MENGATASI PENGANGGURAN MUSIMAN

Pengangguran musiman terjadi karena perubahan musim atau permintaan tenaga kerja secara berkala. Golongan ini dapat dikurangi dengan cara

Penanggulangan pengangguran musiman

Nah itu dia Squad, kenapa pemerintah setiap tahunnya berusaha mengurangi pengangguran. Kamu lihat kan dampak yang bisa terjadi jika terlalu banyak pengangguran? Cukup berbahaya untuk kondisi sebuah negara.

Selain itu, dengan cara-cara di atas, kamu bisa lho berkontribusi untuk mengurangi pengangguran di Indonesia dengan cara menginformasikan dan mempromosikan lowongan pekerjaan kepada mereka yang sedang mencarinya.

Nah kalau kamu masih merasa bingung dan ada yang ingin di tanyakan, kamu bisa langsung unduh ruanglesonline. Di sana kamu bisa bertanya apa saja dengan guru dari pelajaran apa saja secara online dan realtime, cobain yuk!

New Call-to-action

Beri Komentar