Biologi Kelas 11 | Mulut Bau Tak Sedap Saat Puasa? Ini nih Penyebabnya

Fahri Abdillah

May 14, 2019 • 4 min read

Konsep Pelajaran SMA Kelas XI biologi XI


biologi 11 - penyebab bau mulut saat puasa

Melalui artikel ini kita akan bahas alasan kenapa mulut kita bau tak sedap saat berpuasa. Ada beberapa penelitian yang menjelaskannya.

--  

Saat bulan puasa begini, ada nggak sih hal yang bikin kamu nggak nyaman saat beraktivitas? Pas kamu ketemu orang misalnya. Kalau kamu suka perhatiin sekitar kamu, terus ngeliat orang-orang yang lagi ngobrol, pasti ada hal yang nggak kaya biasanya deh.

Perhatiin coba, biasanya kalau orang ngobrol, mereka dengan leluasa berbicara, nyerocos tanpa jeda, terus ketawa selebar-lebarnya. Tapi, kalau lagi puasa begini, tiba-tiba aja orang-orang yang biasa seperti itu, mendadak lebih kalem, sewaktu ngobrol mulut mereka hanya terbuka sedikit, dan cenderung memilih untuk menjaga jarak. 

Hmm kenapa bisa begitu ya? Kenapa mendadak jadi nggak percaya diri buat ngomong? Hmm jawabannya adalah karena mereka khawatir, kalau mulutnya mengeluarkan bau tak sedap karena sedang puasa.

Iya juga sih, kalau lagi puasa begini emang hal yang bikin kurang nyaman itu soal bau mulut. Ya kadang kita yang sungkan sama lawan bicara, atau kadang kita yang nggak nyaman sama lawan bicara. Sering banget terjadi, apalagi di kelas, pas temen kita maksa ngajak ngobrol karena lagi bosen sama pelajarannya.

Kira-kira apa ya penyebab mulut bau tak sedap saat puasa? Adakah jawabannya? Bisakah kita mencegahnya? Jawabannya bisa. Ada penyebabnya. Nah di artikel ini kita akan jelaskan, dan penjelasannya itu ada di pelajaran biologi kelas 11 tentang sistem pencernaan manusia. Mau tau lebih lanjut? Yuk kita bahas.

Bau mulut saat puasaWow, bau mulut dapat menyebabkan hancurnya pertemanan (Sumber: www.kaskus.co.id)

Terdapat beberapa faktor yang membuat mulut kita bau saat berpuasa, salah satunya adalah sistem pencernaan. Kenapa sistem pencernaan? Karena sistem pencernaan berfungsi mencerna asupan makanan atau minuman yang masuk ke tubuh kita. Ketika puasa, sistem pencernaan kita sedikit beristirahat dari aktivitas mencerna makanan. 

Manusia memiliki beberapa organ pencernaan, dan pastinya kamu sudah tahukan organ apa saja yang termasuk ke dalam sistem pencernaan manusia? Yap, bener banget Squad. Organ-organ pencernaan manusia adalah gigi, lidah, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan juga anus.

penyebab bau mulut saat puasa

Nah, sumber bau mulut tak sedap saat berpuasa itu berasal dari organ-organ yang ada pada mulut kita. Seorang dokter gigi bernama Falah Kartikawati pernah menjelaskan bahwa bau mulut kita ini berasal dari sisa-sisa makanan yang menyangkut kemudian membusuk. Selain itu, masalah juga berasal dari karang gigi, gigi berlubang, serta sistem pencernaan kita.

Parahnya lagi, bau mulut kita ini akan sangat tidak sedap saat rongga mulut kekurangan air ludah atau dalam bahasa ilmiahnya adalah saliva. Saliva berguna untuk melembabkan mulut, sehingga dapat mencegah bau pada mulut kita.

Analoginya begini, saat kamar mandi kita bersih dan wangi dalam keadaan basah, pasti saat kering juga tetap wangi. Nah kalau kamar mandi kita kotor, jorok, banyak lumutnya, dan saat basah sudah berbau tidak sedap, apalagi saat kering. Begitu juga halnya dengan mulut kita.

Bagaimana agar mulut kita tetap mendapat asupan cairan saliva? Jawabannya adalah saat dengan cara mengunyah makan atau memasukkan cairan minuman. Nah, saat kita berpuasa, aktivitas mengunyah pada mulut jelas sangat berkurang, hal itulah yang menyebabkan kelenjar ludah lebih sedikit memproduksi cairan saliva. 

Kamu pernah kan saat haus, terus pingin menelan ludah, eeeh ludahnya nggak ada. Kecewa deh, padahal mau colong-colongan biar ngurangin aus hihihihi. Yaa itu sebabnya. Karena nggak ada cairan apapun yang masuk ke mulut kita.

penyebab bau mulut saat puasa

Selain pada organ-organ yang terdapat pada mulut, sumber bau juga disebabkan oleh suatu kondisi yang terjadi pada organ di bawah mulut kita. Prof. Heriandi Sutadi yang merupakan spesialis kedokteran gigi anak, juga mengutarakan hasil penelitiannya. Menurutnya, cairan pencernaan akan tetap keluar meskipun tidak ada asupan makanan selama manusia berpuasa.

Keluarnya cairan pencernaan tadi, berpengaruh pada lapisan perut kita, kemudian mengakibatkan munculnya bau makanan basi atau seperti bau busuk. Teruus cadangan lemak pada tubuh kita juga melepaskan bahan kimia keton yang didorong keluar bersamaan dengan nafas, hasilnya mulut kita mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Keton dapat berarti gugus fungsi yang dikarakterisasikan oleh sebuah gugus fungsi karbonil. Gugus karbonil akan berinteraksi dengan air melalui ikatan hidrogen, sehingga keton dapat larut dalam air.

penyebab bau mulut saat puasa

Hmm ternyata banyak kan sumber-sumber yang mengakibatkan mulut kita saat puasa berbau tidak sedap. Kalau kita lihat dari faktor-faktornya tadi, bukan berarti tidak bisa ditanggulangi nih Squad. Ada beberapa cara nih supaya bau tidak sedap pada mulut kita bisa dikurangi.

4 cara mencegah bau mulut saat puasa

Bagaimana, sekarang sudah tahukan alasan kenapa mulut bau tak sedap saat puasa? Dengan penjelasan tadi, harusnya kamu bisa menanggulangi atau mengurangi sedikit bau mulut dengan cara-cara yang sudah disebutkan tadi.

Nah, kalau kamu mau tau lebih lanjut tentang kerja sistem pencernaan manusia, kamu bisa belajar dengan menggunakan video belajar animasi di ruangbelajar. Kamu bisa mengetahui cara kerja serta proses pencernaan makanan pada tubuh kita.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts