Anak Kecanduan Gadget? Smart Parents, Ini 6 Cara Ampuh Mengatasinya

Andrea Lidwina

Jan 11, 2019 • 4 min read

parenting


anak kecanduan gadget

Smart Parents, gadget kini berperan penting dalam kehidupan setiap orang, termasuk anak-anak. Mereka bisa memperluas pengetahuan dan mendapatkan hiburan dari alat elektronik tersebut. Sayangnya, pembelajaran dan hiburan dari gadget terkadang bisa membuat anak kecanduan dan menggunakannya secara berlebihan. Kecanduan gadget bisa berdampak buruk bagi perkembangan anak, seperti malas bergaul dengan teman sebaya, lupa belajar dan mengerjakan PR, serta bisa menurunkan kesehatan mata mereka. Nah, jika anak Anda sudah tidak bisa lepas dari gadget, Smart Parents bisa melakukan 6 cara ini untuk mengatasi kecanduan itu.

1. Mengurangi frekuensi penggunaan gadget secara bertahap

anak kecanduan gadget

Orang tua perlu mengatur batasan waktu anak bermain gadget agar mereka tak lagi kecanduan (Sumber: netsanity.net)

Ketika anak kecanduan bermain gadget, Smart Parents tidak bisa menghentikannya begitu saja. Mereka justru akan marah, memberontak, dan meminta alat elektronik itu dikembalikan. Jadi, Anda perlu mengatasi kecanduan anak dengan mengurangi frekuensi penggunaan gadget secara bertahap. Misalnya, minggu ini anak boleh bermain gadget selama 6 jam, minggu depan mulai dikurangi menjadi 4 jam, dan seterusnya.

2. Memberikan alternatif kegiatan dan permainan bagi anak

anak kecanduan gadget

Anak perlu memiliki aktivitas dan permainan lain untuk mengisi waktu kosongnya (Sumber: todaysparent.com)

Waktu kosong yang dimiliki anak bisa membuat mereka kebosanan, lalu bermain gadget pun menjadi pilihan mereka. Oleh sebab itu, Smart Parents perlu mengisi waktu anak dengan kegiatan dan permainan yang menarik. Anda bisa coba mendaftarkan anak pada beberapa les, seperti les tari, musik, atau taekwondo. Atau, Anda bisa pula menganjurkan anak untuk bermain bersama tetangga dan teman-teman sebayanya, baik di dalam maupun luar rumah. Banyaknya kegiatan yang dilakukan anak akan menyita perhatian mereka sehingga lupa bermain gadget.

3. Meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama anak

anak kecanduan gadget

Beraktivitas bersama orang tua bisa jadi alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang anak (Sumber: parents.com)

Berkaitan dengan cara sebelumnya, Smart Parents juga perlu meluangkan waktu supaya bisa beraktivitas bersama anak. Pada akhir pekan, Anda bisa mengajak anak lari pagi, memasak camilan, atau berkunjung ke rumah kakek-nenek. Aktivitas yang Anda lakukan bersama anak akan membuatnya sibuk mengenal hal-hal baru, bukan hanya memikirkan gadget.

4. Menjadi panutan yang baik bagi anak

anak kecanduan gadget

Jika orang tua ingin anaknya tidak bergantung pada gadget, maka mereka pun harus memberi contoh serupa (Sumber: bundoo.com)

Smart Parents adalah panutan bagi anak di rumah. Dengan begitu, jika Anda ingin anak mengurangi penggunaan gadget, maka Anda pun harus mampu mengatur waktu penggunaannya dengan bijak. Saat menghabiskan waktu bersama anak, usahakan Smart Parents tidak sibuk bermain gadget dan fokus beraktivitas bersama mereka. Anda juga bisa lho membuat peraturan untuk tidak menggunakan alat elektronik apapun selama makan malam atau waktu lainnya.

5. Mengajak anak berdiskusi

anak kecanduan gadget

Berdiskusi dengan anak bisa membuat mereka sadar untuk tidak bermain gadget secara berlebihan (Sumber: today.com)

Selain mencoba cara-cara di atas, Smart Parents harus mengomunikasikan pada anak mengenai pembatasan penggunaan gadget yang akan Anda terapkan. Sebab, anak pun harus mengerti mengapa Anda melakukan pembatasan tersebut dan dampak yang bisa terjadi jika mereka dibiarkan bermain gadget secara berlebihan. Kalau anak sudah tahu sebab-akibatnya, mereka tentu dengan sendirinya mau mengurangi bermain gadget.

6. Bersikap tegas terhadap peraturan yang orang tua tetapkan

anak kecanduan gadget

Orang tua harus tegas menerapkan peraturan mengenai gadget yang telah disepekati bersama (Sumber: familyfriendlyhq.ie)

Mengatasi anak yang kecanduan bermain gadget memang tidak mudah. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat anak terlepas dan tidak lagi bergantung pada alat elektronik tersebut. Meskipun demikian, Smart Parents harus sabar dan tegas dalam menerapkan peraturan-peraturan yang telah disepakati, seperti berapa lama anak boleh bermain gadget. Jika peraturan itu terus dilakukan, anak pun akan mulai terbiasa hidup tanpa gadget.

Gadget mungkin memberikan hal-hal baik bagi anak, tetapi masih lebih banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak di luar alat elektronik itu. Jadi, Smart Parents harus segera mengatasi kecanduan anak pada gadget dan mendorong mereka untuk mengembangkan diri di bidang lain.

Nah, ketika anak bermain gadget, Anda bisa mengenalkan anak pada ruangbelajar. Mereka bisa mendapatkan materi pelajaran dalam bentuk video beranimasi, infografis, latihan soal, dan rangkuman. Dengan begitu, waktu anak bermain gadget tetap diisi dengan hal yang bermanfaat. Yuk Smart Parents, daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts