Anak Butuh Persiapan Merantau? Biasakan 7 Hal Ini Agar Ia Mandiri

Rabia Edra Jan 17, 2020 • 4 min read


persiapan merantau

Artikel ini memuat tips untuk orang tua yang mempersiapkan anaknya untuk merantau kuliah.

--

Hanya tinggal menghitung bulan, siswa kelas 12 siap menginjakkan kakinya di perguruan tinggi. Beberapa bahkan ada yang memilih merantau, demi meraih kampus impian. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan selain belajar agar lulus di tes universitas? Tahukah Smart Parents juga perlu membekali anak agar ia jadi mandiri dan nggak mudah homesick nantinya? Mau tahu caranya? Perhatikan 7 persiapan merantau berikut ya.

1. Membuat keputusan sendiri

Hal paling dasar yang harus dimiliki anak, yaitu bisa memutuskan apa yang akan dipilihnya. Mulai dari hal sederhana seperti menentukan “makan apa hari ini?” atau “mau menghabiskan akhir pekan ke mana?”. Jika sudah terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu, anak akan nggak mudah bingung, bisa survive, dan nggak ketergantungan untuk sedikit-dikit bertanya ke orang tua. 

Baca juga: 5 Cara Tanamkan Perilaku Jujur pada Anak

Di sini, bukan berarti orang tua dihilangkan perannya untuk mengarahkan. Namun, ada hal-hal kecil yang seharusnya bisa diselesaikan sendiri, lho. Apalagi kalau anak nggak cuma satu. Pasti banyak sekali ‘kan yang harus dipikirkan Smart Parents? Buat hal-hal yang bisa diputuskan sendiri, biarkan posisi orang tua menjadi penerima informasi saja ya.

2. Mengurutkan prioritas 

Ketika pergi merantau dan anak mengikuti begitu banyak aktivitas, maka mampu membuat prioritas menjadi sangat penting agar tak menyesal kemudian. Jangan sampai padatnya kegiatan ekstrakurikuler malah mengalahkan jadwal kelas di kampus. Akhirnya, malah berakibat mengulang mata kuliah. Sayang banget, ‘kan

3. Mengatur keuangan

persiapan merantau

Mahasiswa perlu dibiasakan menabung (Sumber: theodysseyonline.com)

Tinggal jauh dari rumah berarti anak harus mengurus semua keperluannya sendiri, termasuk untuk pengeluaran sehari-hari. Nah, bayangkan jika ia terbiasa tidak pernah berhemat. Keuangannya saat merantau pun akan kacau. Bisa-bisa baru dapat kiriman, langsung dihabiskan. Apalagi nantinya, belum tentu saat dia membutuhkan, orang tua bisa mengirimkan uang tambahan saat itu juga. Oleh karena itu, mulai sekarang anak harus bisa mengatur keuangannya sendiri. Yuk, dibiasakan!

4. Bisa memasak 

Kalau uang bulanan yang diberi ke anak cukup besar sih santai aja kalau dia mau jajan-jajan. Tetapi, belum tentu ‘kan semua orang tua bisa memberi nominal yang sama. Maka, salah satu strategi untuk hemat, bisa dengan mulai belajar memasak. Kenalkan ia dengan bahan makanan dan resep yang bisa diolah dengan sederhana untuk di indekosnya. Siapa tahu, dia ternyata punya bakat memasak tersembunyi, malah jadi bisa menambah uang saku dengan menjual camilan ke temannya.  

5. Menjaga kesehatan

persiapan merantau

Aktivitas anak sebagai mahasiswa di tahun pertama yang cukup menyita perhatian, harus diimbangi dengan dapat menjaga kesehatan tubuh. Jika sakit melanda, setidaknya anak bisa tahu apa pertolongan pertama untuk dirinya. Smart Parents bisa memberitahu nama-nama obat generik yang mudah didapatkan di apotek. Bisa juga dengan membantu menyiapkan beberapa obat-obatan setidaknya untuk bulan-bulan pertamanya merantau. 

6. Pintar bergaul

Tugas utama seorang mahasiswa baru yang merantau, ialah mencari sebanyak-banyaknya teman di kampus. Eits, bergaul memang boleh saja, namun nggak ada salahnya juga agar orang tua bisa memantau pertemanan anaknya. Komunitas apa saja yang ia ikuti dan apa kegiatannya. Tetapi, cara kepo sama anak jangan terlalu berlebihan ya. Supaya dia nggak jadi risih dan tetap merasa diberi kepercayaan sama orang tua. 

7. Punya pekerjaan 

Lho, ini anak saya mau kuliah apa kerja sih? Tetap kuliah kok, Smart Parents. Tetapi, kalau untuk alasan tertentu dia ingin mencoba sesekali bekerja misalnya saat tidak ada jadwal kuliah atau ketika libur, boleh ‘kan? Selain bisa merasakan gimana cari uang, ia juga bisa mencicipi dunia profesional supaya nggak kaget nantinya ketika masuk ke dunia kerja.

Nah, mulai dari poin pertama sampai ketujuh, manakah yang sudah mulai dipersiapkan dari sekarang oleh Smart Parents? Semangat yuk, agar anak semakin mandiri dan nggak bikin orang tua jadi mudah khawatir meski tinggal berjauhan. Jangan lupa juga, matangkan kemampuan belajarnya agar bisa sukses menembus kampus impian dengan ruangbelajar SBMPTN di aplikasi Ruangguru! Dapatkan kumpulan soal lengkap, video belajar, dan materi rangkuman untuk persiapan masuk perguruan tinggi.

New Call-to-action

Beri Komentar