Nilai UN SMP Memuaskan Karena Ruangguru, Bariq Semakin Yakin Gapai Mimpinya.

cerita juara

Artikel ini membahas mengenai pengguna Ruangguru bernama Bariq, yang bercita-cita ingin melanjutkan studinya di luar negeri. Seperti apa cerita Bariq? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Masalah memang bukanlah hal yang tidak bisa dihindarkan, baik dari ranah yang paling kecil, yaitu diri sendiri sampai ke ranah yang jauh lebih besar, negara. Indonesia yang dipenuhi dengan keberagaman antar masyarakat dan keindahan alamnya, tidak mengurangi masalah yang ada. Hal itu membuat Bariq tergerak bercita-cita untuk membangun negeri.

“Aku sih pengen kuliah di luar negeri biar dapet ilmu supaya bisa bikin Indonesia lebih maju,” ucap murid kelas 10 SMAN 4 Bogor ini.

“Mungkin Indonesia ga bakal kelar masalahnya di generasi aku, (tapi) aku setidaknya bisa nyelesain beberapa masalah dan ngasih jalan ke generasi berikutnya,” lanjutnya.

cerita juaraBariq dan teman-temannya. (Sumber: dok. pribadi)

Bariq bercerita pada tim Ruangguru bahwa ia memiliki mimpi menjadi seseorang yang berpengaruh dan mengabdi pada negeri dengan caranya, yaitu belajar di luar negeri menggunakan beasiswa penuh. Bariq berharap, salah satu di antara Jepang, Jerman, dan Australia, bisa menjadi tempatnya menimba ilmu. Ia juga berencana mengambil studi jurusan teknik atau MIPA.

Namun Bariq tersadar. Jika ia berani bermimpi besar, maka ia harus berani menghadapi rintangan yang tak kalah besar.

Menginjak kelas 10 SMA, Bariq menemukan kendala yang membuatnya kewalahan. Sistem zonasi yang berlaku memaksanya bersekolah di tempat yang sangat jauh. Ia harus menghabiskan waktu selama satu jam di perjalanan dari rumah ke sekolah, pasalnya jarak antara keduanya sejauh 20 KM. Jika pulang pergi, ia akan menghabiskan waktu selama dua jam di perjalanan.

Hal ini memengaruhi keseharian Bariq. Baginya rutinitas ini membuatnya tertekan. Bahkan beberapa kali, ia sempat tertidur di angkot karena terlalu lelah.

“Apalagi pulangnya suka capek banget. Kadang PR numpuk, materi di sekolah belum paham. Suka kek bingung mau istirahat atau ngejar materi? Atau nugas?” Jelasnya.

Bahkan ia mengaku sempat depresi karena masalah ini.

“Saya depresi itu karena kecapean banget. Tubuh saya kaget karena sekolah jauh tapi mental juga sama karena kurang istirahat,” ujarnya.

cerita juaraBariq dan teman-temannya. (sumber: dok. pribadi)

Meskipun demikian, Bariq tidak luluh dan terus berjuang agar bisa menggapai mimpinya. Ia mendapatkan solusi dari aplikasi Ruangguru. Bariq bercerita, semua bermula ketika berlangganan Ruangguru saat persiapan menuju UN SMP. Sebenarnya pada saat itu ia sedang mengikuti les offline, tapi merasa tidak cocok. Ia mengaku, begitu melihat iklan Ruangguru, instingnya mengatakan untuk mencoba berlangganan.

Ternyata insting Bariq benar. 

Seringnya latihan menggunakan fitur latihan soal di aplikasi Ruangguru, Bariq mendapatkan hasil UN yang memuaskan. Tak hanya itu, menurutnya aplikasi ini menjadi jawaban menghadapi kendala yang sedang dihadapi. Bariq mengungkapkan bahwa aplikasi yang ia gunakan ini begitu praktis dan bebas digunakan kapan saja, tidak terikat oleh waktu.

Bariq dapat mendalami materi sekolah yang belum ia pahami saat berada di perjalanan menuju sekolah atau perjalanan pulang. Bahkan terkadang, ia terbangun tengah malam untuk belajar melalui aplikasi Ruangguru. Bariq menambahkan, bahwa aplikasi ini sangatlah keren dan seru. Tak hanya itu, menurutnya penjelasan yang disampaikan sangat mudah untuk dipahami dan langsung to the point, bahkan membantunya memahami materi yang awalnya tidak ia pahami sama sekali.

“Awalnya aku paling ga ngerti fisika. Tapi dengan RG aku jadi paham,” tuturnya.

Di akhir wawancara, Bariq berpesan, untuk jangan berhenti jika rintangan menuju mimpi terlampau banyak. Baginya, jika cita-cita terlalu mudah untuk digapai, tidak akan ada nilai yang berarti karena semua orang dapat dengan mudah untuk menggapainya. Cita-cita tidak dapat digapai dengan mudah, karena membutuhkan proses yang panjang.

Sudah mau masuk tahun ajaran baru, nih apa kamu sudah mulai kangen belajar dan nggak sabar, tapi sekolah belum mulai? Ada ruangbelajar sebagai jawabannya. Seperti kata Bariq tadi, aplikasi ruangguru bisa kamu akses kapan aja dan di mana aja. Di sana ada banyak video pembelajaran yang diajarkan oleh para master teacher. Mau seperti Bariq? Bagi kamu yang sudah berlangganan, jangan lupa untuk perpanjang paketmu dan dapatkan diskon 55% dengan kode LANJUTBELAJAR. Banyak hadiah menanti kamu, lho!

Renewal 2020

Muhammad Azka Rais