Apa Bedanya Jenjang Pendidikan D1, D2, D3, D4 dan S1?

Shabrina Alfari

Jun 19, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


jenjang pendidikan

Artikel ini membahas perbedaan jenjang pendidikan yang bisa diambil setelah lulus SMA, yaitu D1, D2, D3, D4 dan S1

--

Squad, di Indonesia kita mengenal jenjang pendidikan perguruan tinggi mulai dari diploma hingga sarjana. Mungkin masih ada nih di antara kamu yang sedang galau atau bingung antara memilih pendidikan vokasi atau akademik. Psst, apa sih pendidikan vokasi dan akademik itu? Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan diploma satu (D1), diploma dua (D2), diploma tiga (D3), dan diploma empat (D4).

Ada juga pendidikan akademik. Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sebagainya yang mencakup program Pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (D3).

Bagi kamu para lulusan SMA dan sederajat, kamu bisa memasuki program D1, D2, D3, D4, atau S1. Lalu, apa bedanya sih sebenarnya dari empat jenjang pendidikan tadi? Coba lihat penjelasan lengkapnya.

1. Diploma satu (D1)

Masa kuliah di jenjang D1 adalah 1 tahun atau 2 semester dengan 32 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktik dan laporan karya ilmiah. Saat berkuliah di jenjang diploma, kamu akan dipersiapkan untuk menguasai suatu kemampuan atau skill tertentu, sehingga kamu akan dibekali dengan banyak sekali praktik yang bisa digunakan di dunia kerja. Lulusannya akan mendapat gelar A.P atau Ahli Pratama dengan kualifikasi tenaga terampil di dunia kerja dan diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja.

jenjang pendidikanSarjana dan diploma (Sumber: infokampus.news)

2. Diploma dua (D2)

Hal yang membedakan antara D1 dan D2 adalah dari segi waktu dan juga SKS yang harus kamu selesaikan. Masa kuliah yang harus kamu tempuh di jenjang D2 adalah 2 tahun atau 4 semester dengan 64 SKS. Sama seperti D1, tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktik dan laporan karya ilmiah. Di jenjang D2 ini kamu akan dibekali dengan lebih banyak praktik dibandingkan teori yang bertujuan untuk mengasah skill. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar A.Ma atau Ahli Muda dengan kualifikasi tenaga terampil di dunia kerja yang diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja.

3. Diploma tiga (D3)

Nah untuk jenjang yang satu ini biasanya banyak banget nih orang yang memilih dibandingkan latar belakang pendidikan diploma lainnya. Durasi untuk menyelesaikan masa kuliah D3 adalah 3 tahun atau 6 semester dengan 112 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan dari jenjang D3 pun tak jauh berbeda dengan diploma lainnya Squad. Kamu juga harus menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan karya ilmiah. Lulusannya dari jenjang D3 akan memiliki gelar A.Md atau Ahli Madya.

Saat ini sudah banyak lho universitas-universitas yang membuka program pendidikan yang satu ini. So, jangan heran jika program pendidikan yang satu ini memiliki peminat yang cukup banyak. Sebab, para lulusannya pun bisa langsung terjun ke dunia kerja.

jenjang pendidikanWisuda sarjana dan diploma (Sumber: rri.co.id)

4. Diploma empat (D4)

Biasanya, diploma empat sering disamakan dengan program sarjana. D4 pun kerap disebut sebagai sarjana terapan, karena untuk menyelesaikan jenjang ini kamu memerlukan waktu sekitar 4 tahun dengan menyelesaikan 144 SKS, sama seperti sarjana. Bedanya dengan pendidikan sarjana atau S1, D4 lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau ilmu-ilmu terapan. Tugas akhir yang harus dipenuhi pun sama dengan program diploma lainnya, kamu harus menyelesaikan kerja praktik dan juga laporan karya ilmiah. Lulusannya akan mendapatkan gelar S.ST atau Sarjana Sains Terapan.

5. Strata satu (S1) – Undergraduate, Bachelor

Normalnya, dibutuhkan waktu 4-6 tahun dengan 144 hingga 160 SKS untuk kamu lulus dari jenjang S1. Walaupun banyak juga yang menyelesaikannya kurang atau bahkan lebih dari waktu tersebut. Syarat untuk bisa lulus dari jenjang ini adalah menyelesaikan karya ilmiah yang disebut dengan skripsi. Skripsi biasanya memiliki beban SKS sebanyak 6 SKS. Saat kamu lulus dari S1, kamu akan memiliki gelar yang diawali dengan huruf “S” yang berarti Sarjana.

Jenjang S1 biasanya lebih mempelajari hal-hal yang bersifat teoritis. Maka, lulusannya biasanya memiliki keunggulan dalam segi teoritis dibandingkan terapan. Program S1 pun biasanya mempelajari 60 persen teori dan 40 persen praktik.

Gimana Squad, sudah mulai paham ‘kan perbedaan antara jenjang pendidikan D1, D2, D3, D4 dan S1 yang bisa kamu ambil setelah lulus SMA? Pilihlah yang paling sesuai dengan keinginanmu dan jangan pernah terpengaruh orang lain. Apa pun bisa kamu raih kok asal dengan kerja keras. Kamu bisa juga lho masuk ke jurusan dan kampus impian dengan bantuan ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts