Culture Shock: Apa Bedanya Pendidikan di Indonesia dan Amerika Serikat?

Ruangguru Jun 20, 2016 • 5 min read


bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika

Ketika berpindah dari satu negara ke negara lain, tentu kita mengalami banyak perubahan drastis. Nah, perubahan-perubahan ini akan memunculkan 'shock therapy' yang harus dihadapi ketika berada di tempat baru. Perbedaan-perbedaan itu kerap terasa di dalam lingkungan sosial, umumnya di lingkungan sekolah atau kuliah.

Penasaran dong, seperti apa sih perbedaan-perbedaan tersebut? Kali ini, Ruangguru.com akan bercerita tentang perbedaan antara kehidupan sekolah negeri di Jakarta, Indonesia dan New York, Amerika Serikat. Keep scrolling!

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika

Di Indonesia, tentu kita sudah terbiasa dengan kegiatan upacara. Dari kecil, kita sudah diajarkan aba-aba Peraturan Berbaris Baris (PBB) yang biasa dilakukan oleh tentara. Ini merupakan salah satu bentuk penanaman nilai nasionalisme pada murid-murid Indonesia dari usia kecil. Tapi, kalau kamu memberitahu seseorang dari AS bahwa siswa-siswi di Indonesia terlatih PBB atau drill commands, tentu mereka akan kaget! Kenapa? Di Amerika, PBB tidak diajarkan di sekolah sebagaimana diajarkan di Indonesia. Mereka pasti akan mempertanyakan apa guna dari mempelajari PBB. Dibandingkan melakukan PBB pada pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar, siswa-siswi di AS melakukan sesuatu yang bernama pledge of allegiance. Di sini, mereka mengucapkan sebuah pernyataan kesetiaan selagi menghadap kepada bendera AS. Pernyataan tersebut berbunyi:

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika Foto: dbsenk

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika

Agama adalah suatu hal yang sangat dijunjung tinggi di Indonesia. Jadi, nilai-nilai agama sudah ditanamkan sejak dini di sekolah-sekolah. Di Indonesia, setidaknya seminggu sekali ada mata pelajaran Agama di kelas.

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika Foto: stateofformation.org

Berbeda dengan AS, agama dianggap sebagai suatu hal yang sangat pribadi. Karenanya, secara umum agama tidak dibahas di ruang publik, termasuk sekolah. Oleh sebab itu, orang tua dan keluarga lah yang berperan untuk mengajarkan nilai-nilai agama. Jadi, pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan di Indonesia seperti "Agama kamu apa?" dapat memberikan kesan kurang sopan.

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika Foto: dreamstime

Di Jakarta, untuk bisa masuk sekolah negeri, calon siswa harus mengikuti tes masuk atau disaring melalui nilai rapor. Namun, New York memiliki sebuah sistem bernama Zoned Schools. Dalam sistem ini, suatu sekolah wajib menerima siswa yang lokasi rumahnya tidak jauh dari sekolah.

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika

Salah satu yang penting dalam urusan pendidikan adalah faktor biaya. Di Indonesia, sekolah negeri memiliki biaya pendidikan yang relatif murah jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah swasta. Well, untuk jenjang tertentu memang sudah digratiskan.

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika Foto: englishstudents.ch

Di AS, sekolah negeri atau public school bebas biaya. Pendidikan di AS disediakan secara gratis, namun biaya kuliah harus bayar sendiri ya. Ini juga dikarenakan keharusan anak-anak untuk bersekolah di AS. Sekarang, muncul banyak gerakan yang memperjuangkan pendidikan universitas negeri di AS untuk menyediakan program gratis juga. Banyak yang merasa bahwa pendidikan tinggi juga sesuatu yang penting dan harus dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat.

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika

Murid-murid di Indonesia tentu lelah menghadapi berbagai ujian seperti UTS, UAS, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Namun, karena sifat pemerintahan AS yang terdesentralisir, mereka tidak memiliki standar pendidikan nasional, sehingga tidak memiliki UN.

bedanya pendidikan di Indonesia dan Amerika Foto: celt.iastate.edu

Sekolah negeri di AS memiliki 3 ujian standar, dan 2 dari 3 ujian tersebut tidak mempengaruhi kelulusan murid. Ujian National Assessment of Educational Progress (NAEP) hanya digunakan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dalam suatu daerah. Sedangkan, state achievement test hanya digunakan untuk menentukan apakah suatu sekolah akan mendapatkan dana tambahan dari pemerintah. Selain itu, ujian yang diwajibkan hanyalah ujian kelulusan SMA.

Gimana? Kaget nggak baca perbedaan-perbedaan antara sistem pendidikan di Indonesia dan AS? Bagaimana menurutmu? Apa kamu punya cerita dari negara lain? Ceritakan di kolom komentar ya! (AG/TN)

Beri Komentar