Apa Itu Modernisasi dan Segala Sesuatu Tentangnya | Sosiologi Kelas 12

Apa itu modernisasi

 

Artikel ini membahas tentang apa itu modernisasi, syarat terjadinya modernisasi, faktor terjadinya modernisasi, hingga dampak yang disebabkan modernisasi.

--

Hallo apa kabar nih? Gimana pengalaman kamu selama belajar di rumah aja? Udah berapa bulan ya kira kira? Pasti kamu udah kangen banget nih sama jalan-jalan, ya kan? Eitsss tapi jangan dulu ya, di masa pandemi seperti ini sangat rawan untuk pergi berlibur dan jalan-jalan.

Terus gimana ya biar sedikit meringankan rasa kangen kamu? Kalau aku si suka jalan-jalan virtual dengan Google Earth, kurang greget sih, cuman ya bisa sedikit mengobati rasa rinduku mengunjungi tempat-tempat indah.

Kalau kamu paling senang mengunjungi tempat seperti apa sih? Suka ke gunung, laut, atau tempat bersejarah? Kalau aku suka mengunjungi Negara Prancis nih, soalnya aku suka banget sama Menara Eiffel, bisa liat dan jalan-jalan juga di Museum Louvre. Aku seneng pokoknya kalau jalan-jalan di sana. Tapi, sebenarnya aku belum pernah ke Prancis lho. Aku cuman tau tempat, bentuk, dan keadaan di sana aja dengan jalan-jalan virtual hehe. Hebat kan teknologi sekarang ini?

Kamu pernah bertanya ngga kenapa sekarang kita bisa tau tempat yang jauh tapi kita enggak harus kemana-mana? Yapss benar sekali, karena perkembangan sistem informasi dan komunikasi yang ada saat ini. Mungkin, Papa sama Mama-nya kamu dulu ngga tau aplikasi virtual untuk melihat daerah-daerah dengan real. Atau mungkin Kakek dan Nenek kita dulu ngga tau caranya saling berbalas pesan dengan menggunakan WhatsApp. Itu semua karena mereka memang tidak merasakan teknologi seperti kita rasakan sekarang ini, mereka cuman tau mengirim surat dengan merpati saja hehe. Nah, semua itu adalah akibat dari Modernisasi.

Apa itu Modernisasi?

Modernisasi adalah proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju. Modernisasi dimaksudkan untuk memperbaiki dan mencapai suatu bentuk masyarakat yang lebih maju, berkembang, berkualitas, dan sejahtera. Kalau menurut Soerjono Soekanto, Modernisasi adalah perubahan-perubahan di dalam masyarakat mengenai perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial.

Selain Soerjono Soekanto, ada lagi nih yang mendefinisikan modernisasi yang bisa dilihat dari beberapa bidang. Orang itu adalah Anthony Giddens yang menuliskan definisi moderninsasi dalam bukunya The Consequences of Modernity dan membagi definisi modernisme menjadi empat pengertian.

Definisi Modernisasi Menurut Anthony Giddens

 

Jadi sekarang sudah tau kan apa itu Modernisasi? Nah Modernisasi juga tidak datang begitu saja loh, mereka memang diinginkan untuk ada karena pada dasarnya manusia adalah mahluk yang tidak pernah puas. Makanya mereka pasti selalu ingin menemukan suatu yang baru.

Baca Juga : Ketimpangan Sosial di Era Globalisasi

Kalau dipikir-pikir kenapa dulu kita kita susah sekali untuk bertemu dengan seseorang yang jauh disana, tapi sekarang tinggal pencet video call dan dapat langsung terhubung dengan orang yang kita rindu. Itu adalah dampak dari adanya modernisasi.

Syarat terjadinya Modernisasi

 

Terjadinya modernisasi juga memang diakibatkan oleh peran serta dari kita juga untuk menerima dan mencari sesuatu yang baru dan menginginkan percepatan dalam melakukan segala sesuatu nih. Kamu pernah liat gak sih orang-orang yang ada di sekitar kita yang memperhatikan dirinya sendiri? Orang yang adem ayem gak memperhatikan gejala dan hiruk pikuk dunia ini? Atau orang orang yang ambis banget buat mengejar sesuatu? Nah itu adalah orang-orang sekarang yang wajar ada di dalam masyarakat modern menurut Talcott Parson.

Tokoh Sosiologi Modern

Talcott Parsons adalah tokoh sosiologi modern yang terkenal dengan teori Fungsionalisme Strukturalnya (Sumber : alchetron.com)

Selain itu Parson juga menambahkan bahwa masyarakat sekarang selain yang masuk dalam pertanyaan di atas adalah masyarakat yang sudah diarahkan menjadi terkotak-kotak sesuai dengan spesialisasinya masing-masing seperti di dalam bidang pekerjaan. Orang-orang sekarang juga berpikir secara rasional objektif. Hal ini pasti berdampak pada semua hal yang ada di dalam masyarakat tentunya.

Adanya modernisasi menyebabkan seluruh elemen di dalam masyarakat juga mengalami kemajuan dan perubahan. Seperti di dalam sistem ekonomi nih, kita semua lebih gampang buat belanja dan transaksi kan sekarang ini? Itu adalah dampak dari adanya globalisasi.

Ada juga perubahan pada sistem Sosial yang berbeda seperti mudahnya interaksi. Perubahan pada bidang politik dengan berjalannya sistem demokrasi yang ada sekarang ini. Bidang pendidikan yang terasa sekali karena belajar tidak lagi terpaku pada buku, tapi pada video belajar, infografik, atau banyak hal lagi yang membantu kita untuk belajar. Dalam bidang teknologi dan informasi dapat dilihat dari berkembangnya telekomunikasi. Dari bidang kesehatan yang alat-alatnya sudah berkembang atau di bidang pertanian sekarang ini sudah tidak menggunakan kerbau atau alat-alat yang tradisional lagi itu semua adalah bagian dari terjadinya modernisme.

Ilustrasi cyber crime

Ilustrasi Cyber Crime (Sumber : giphy.com)

Selain kemudahan yang kita dapat hal yang dijelaskan di atas yang membantu kita melakukan segala sesuatu secara mudah, hal ini juga menghasilkan yang buruk loh. Seperti banyaknya kejahatan yang terjadi karena semakin spesifiknya profesi dan kekurangan lapangan pekerjaan, terjadi pemanasan global yang terjadi karena memakan mesin yang menghasilkan emisi berlebihan dan merusak alam, tidak pedulinya masyarakat satu dengan masyarakat lain yang pada akhirnya sangat individualis, kejahatan berbasis teknologi seperti cyber crime ada sekarang ini karena adanya modernisasi.

Nah, itulah penjelasan terkait modernisasi dan segala hal yang disebabkan oleh modernisasi di dalam masyarakat. Modernisasi menyebabkan banyaknya perubahan di sekitar kita baik itu yang positif dan yang negatif ya. Nah kita selaku masyarakat sudah seharusnya menyikapi dengan bijak segala sesuatu yang disebabkan oleh modernisasi.

Oke deh, selesai sudah pembahasan kali ini. Kamu bisa belajar lebih dalam lagi terkait materi modernisasi di ruangbelajar. Belajar akan jauh lebih asik dan menyenangkan loh karena dipandu oleh para Master Teacher terbaik.

ruangbelajar for desktop

 

Referensi

Giddens, A. (1990). The Consequences of Modernity. Cambridge. Polity Press.

Soekanto, Soerjono. (1994). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi: dari Sosiologi Klasik sampai perkembangan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berger, Peter L. & Thomas Luckmann. (1992). Pikiran Kembara: Modernisasi dan Kesadaran Manusia. Yogyakarta: Kanisius.

 

Sumber Gambar:

Available  At: https://alchetron.com/Talcott-Parsons

Available At: https://giphy.com/search/cyber-crime

Beri Komentar