Apa Itu Noun Phrase?

Apa Itu Noun Phrase?

Squad, siapa yang sudah mengenal istilah Noun Phrase sebelumnya? Hmm.. kira-kira, Noun Phrase di sini sama dengan Noun sebagai kata benda nggak, ya? Waah, penasaran kan? Kamu bisa menggunakan Noun Phrase untuk membuat tulisanmu dalam Bahasa Inggris menjadi semakin canggih, lho! Jadi, sebenarnya, apa itu Noun Phrase? Yuk, kita pelajari lebih lanjut! 

Noun Phrase (Noun Adjunct) adalah kata benda yang terdiri atas lebih dari satu kata benda, namun menjelaskan satu bentuk kata benda. Dalam penulisan Noun Phrase, kamu bisa menggunakan beberapa pola kalimat. Ada pola kalimat apa saja, sih?

Ada pola kalimat Noun+Noun, Noun+of+Noun, Determiner+Adverb+Adjective+ Noun, Ving+Noun (as Gerund), Ving+Noun (as Participle), dan V3+Noun (as Participle). Yuk kita pelajari satu persatu! 

Noun + Noun

Contoh Noun Phrase untuk kategori Noun+Noun antara lain newspaper, school bag, pizza box, air conditioner. Coba kamu perhatikan pola katanya. Walaupun terdiri dari dua kata benda, benda yang dimaksud hanyalah satu buah kata benda. Pada kata pizza box, misalnya, benda yang dimaksud bukan pizza, melainkan hanya kotak pembungkusnya saja, yaitu box. Oleh karena itu, benda yang dimaksud dalam Noun Phrase Pizza Box tersebut adalah Box-nya, ya!  

Noun + of + Noun

Contoh Noun Phrase untuk kategori Noun+of+Noun adalah declaration of independence, city of angels, age of empire, dan book of secrets. Kata of digunakan untuk menunjukkan arti ‘dari’ pada kata benda yang disebut pertama kali. Contohnya, pada kata declaration of independence, artinya adalah naskah dari kemerdekaan. Kata kemerdekaan hanya sebagai keterangan yang menjelaskan bentuk naskah yang dibicarakan tersebut. Jadi, dalam konteks declaration of independence, benda yang dimaksud adalah benda yang disebut pertama, yaitu naskah atau declaration dalam Bahasa Inggris.

Determiner + Adverb + Adjective + Noun

Untuk kategori ini, contohnya antara lain an extremely dangerous sport, a totally gorgeous boy, a really nice car, etc. Pada pola kalimat dari rangkaian kata tersebut, kamu dapat menggunakan adverb dan adjective sebelum sebuah kata benda untuk menerangkan benda tersebut secara lebih jelas. Contohnya pada kata an extremely dangerous sport, kita menggunakan kata sifat dangerous untuk menerangkan jenis olahraga apa yang dimaksud dalam penggunaan kata benda tersebut. Selain itu, kita menggunakan kata keterangan extremely untuk menerangkan seberapa bahaya yang dimiliki oleh olah raga tersebut.

Ving + Noun (as Gerund)

Untuk kategori Ving+Noun, kamu bisa menggunakan kata-kata swimming pool, walking stick, dan smoking room sebagai contohnya. Jangan lupa, ya, dalam kategori ini, kamu menggunakan bentuk Ving sebagai bentuk gerund.  Secara kontekstual, makna Ving sebgai gerund adalah untuk menandai kata benda yang disebut terakhir. Jadi, kata swimming pool berarti a pool for swimming activity, walking stick adalah a stick for walking activity, dan smoking room adalah a room for smoking activity. Wah, menarik, ya! 

Ving + Noun (as Participle)

Untuk kategori Ving+Noun, contoh katanya antara lain swimming boy, walking dead, dan smoking man. Ving pada kata tersebut digunakan sebagai bentuk participle atau keterangan penjelas yang menggunakan relative pronoun seperti who, which, that, whom dalam sebuah adjective clause dengan bentuk kalimat aktif. Pada kata swimming boy, misalnya, bentuk aslinya adalah The boy who swims. Namun, agar menjadi satu subjek yang utuh, kamu bisa menggunakan kata swimming boy.

V3 + Noun (as Participle)

Contoh kata untuk kategori ini adalah hidden treasure, forbidden city, cooked meals, frozen dairy. Kamu bisa menggunakan bentuk V3 yang memiliki fungsi sebagai bentuk participle atau keterangan penjelas yang menggunakan relative pronoun seperti who, which, that, whom dalam adjective clause bentuk kalimat pasif. Pada kata hidden treasure, misalnya, sebenarnya bentuk aslinya adalah The treasure which was hidden, namun agar menjadi satu subjek yang utuh, kamu bisa menggunakan kata hidden treasure

Bagaimana, Squad? Mudah, kan? Yuk, terus berlatih supaya kamu semakin jago dengan Noun Phrase! Kayaknya lebih asyik kalau kamu belajarnya barengan dengan teman-teman seluruh Indonesia, deh. Wah, emangnya bisa? Bisa, dong! Kamu bisa belajar bersama Ruangguru digitalbootcamp. Download aplikasinya sekarang dan siap-siap jadi juara, ya! 

New Call-to-action

Beri Komentar