Ruangguru Blog

    Apa Itu Ruangguru.com?

    By Ruangguru · Nov 14, 2016

    "Belva Devara (CEO) dan Iman Usman (CPO) bersama dengan Tim Ruangguru.com berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.."

    screenshot-131 Laman depan situs Ruangguru.com

    Ruangguru.com atau PT Ruang Raya Indonesia berdiri pada tahun 2014, lebih tepatnya pada Hari Kartini, sebagai perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi.

    apa-itu-ruangguru.com Belva Devara (CEO) dan Iman Usman (CPO), kedua pendiri Ruangguru.com.

    Menyasar kepada para stakeholder pendidikan – murid, guru, orang tua, pemerintah, institusi – Ruangguru.com menyediakan sistem tata kelola pembelajaran (learning management system) yang dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual melalui Kelas Saya. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya.

    Bagi para murid, kamu bisa mengerjakan latihan soal secara online, baik melalui website Ruangguru.com ataupun aplikasi Ruangguru, sambil bermain game Petualangan Nusantara. Di sana, berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran, dapat kamu taklukkan sambil menangkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan soal online ini sengaja kami hadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan.

    apa-itu-ruangguru Latihan soal Petualangan Nusantara

    Mengingat tahun 2014 lalu, Ruangguru.com hadir pertama kali dalam marketplace pencarian guru privat. Hingga saat ini, Ruangguru.com dengan lebih dari 50.000 guru yang dapat terfasilitasi, telah menjadi layanan pendidikan berbasis teknologi terdepan di Indonesia, serta mengembangkan lapangan pekerjaan para guru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

    Kami menyadari, kebutuhan memperoleh akses pendidikan dengan baik membutuhkan inovasi yang ‘out of the box’, oleh karena itu pada awal tahun 2016, Ruangguru.com meluncurkan aplikasi mobile on-demand pembelajaran jarak jauh yang intensif untuk para murid. Dilayani dengan hadirnya guru online yang standby setiap hari selama 16 jam setiap harinya, belajar privat kini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Cara yang cukup mudah, yakni dengan memotret soal yang sulit, upload, dan chat/audio call dengan guru online, membuat para murid dapat semakin memanfaatkan penggunaan smartphone mereka.

    Ruangguru.com juga menyambung akses para orang tua dalam memonitor perkembangan belajar anak, melalui aplikasi Ruangguru – Orang Tua yang diluncurkan pada September 2016 lalu. Adanya aplikasi mobile ini, orang tua dapat mengetahui jadwal privat anak mereka, melihat laporan belajar, hingga memberikan rating dan feedback kepada guru.

    Untuk mendukung proses pembelajaran yang membuat para murid merasa nyaman, Ruangguru.com mengemas layanan dan produknya dengan sentuhan personalisasi. Misalnya, pada Video Belajar, yang membuat penonton dengan cepat mengerti topik yang disajikan hanya dengan kurang dari 10 menit. Lengkap dengan animasi sebagai ‘alat peraga’ yang digunakan penyaji, yang berasal dari universitas-universitas ternama di dunia.

    Ini bukan hanya sebuah bisnis, melainkan peluang untuk membangun Indonesia yang lebih cerdas, lapangan pekerjaan yang meluas, serta pemanfaatan teknologi yang relevan dengan kebutuhan Indonesia akan akses pendidikan.

    Sejumlah penghargaan telah kami dapatkan, antara lain:

    Website Pendidikan Terbaik Indonesia
    pada Bubu Awards 2015

    Innovation to Watch
    pada Tsinghua UNICEF Youth Innovation Forum 2015

    Honnorable Mention
    pada Kaizen & INSEAD & NYU Stern Education Symposium 2016

    Indonesia's Best Social Enterprise of The Year
    pada ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2016

    Awardee
    pada Google Launchpad Accelerator 2016

    Berikan saran dan kritik, tanggapan, serta komentar kamu tentang kami melalui info@ruangguru.com.

    Ikuti kami di berbagai media sosial:
    FB – facebook.com/ruangguru.com
    Twitter – twitter.com/ruangguru
    Instagram – Instagram.com/ruangguru
    Youtube – youtube.com/ruangguru

    Share this:

    Tags: Ruangguru

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru