Apa itu Sistem Organ dan Organisme (Ciri-Ciri dan Contohnya)

Kresnoadi Mar 20, 2018 • 3 min read


IPA_7.jpg

Kamu tahu kalau kumpulan jaringan yang melaksanakan fungsi dan tujuan tertentu akan membentuk “organ”. Contohnya, organ mata dan hidung yang ternyata mempunyai banyak bagian dan fungsi. Tapi, kamu tahu tidak kalau organ-organ ini dapat bekerja sama membentuk suatu sistem organ. Apa itu sistem organ?

sistem sistem organ

Sistem organ adalah gabungan dari beberapa organ yang saling bekerjasama satu sama lain.

Tanpa adanya kerjasama antarorgan ini, tentu organ-organ di tubuh kita tidak akan terhubung dengan baik. Misalnya, jantung yang seharusnya memompa darah, tidak akan berhasil menyalurkan darah tersebut ke seluruh tubuh apabila tidak bekerja sama dengan organ pembuluh darah.

Salah satu contoh sistem organ yang terdapat pada manusia yaitu sistem pernapasan. Sistem pernapasan dibentuk atas kerjasama organ hidung, tenggorokan, laring, faring, trakea, dan paru-paru. Kalau kamu mengetahui organ-organ pencernaan seperti mulut, kerongkongan, usus, dan anus. Nah, mereka ini membentuk sistem organ yang bernama sistem pencernaan. Kebayang dong, kalau ada salah satu di antara organ ini yang rusak? Pasti sistem pencernaan tubuh kita tidak berjalan lancar.

Adapun sistem organ yang lain adalah sistem saraf, sistem ekskresi, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem hormon, sistem rangka, sistem otot.

sistem organ manusia.jpg

Oya, sama seperti organ, sistem organ ini tidak hanya dimiliki oleh manusia saja, lho! Seluruh makhluk hidup tingkat tinggi yang mempunyai organ-organ di tubuhnya kemungkinan besar memiliki sistem organ.

Hayo, apa saja organ-organ penting yang ada di tumbuhan? Ya, betul. Ada daun, batang, dan akar.

Sama halnya dengan manusia, organ-organ di tumbuhan ini juga saling bekerja sama satu sama lain. Karena dalam fotosintesis membutuhkan daun sebagai “wadah”, serta batang yang digunakan sebagai “lorong” tempat menyalurkan hasil-hasil fotosintesis. Itu artinya, proses ini terjadi karena adanya sistem organ. Bahkan, pada tumbuhan, ada sisttem pengangkutan, sistem pelindung, sistem penyokong dan berbagai sistem lain.

sistem organ pada tumbuhan.jpg

Dalam tingkatan organisasi kehidupan, sistem-sistem organ ini pada akhirnya akan membentuk organisme. Berdasarkan biologi dan ekologi, organisme adalah tingkat organisasi kehidupan yang terakhir berupa kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Apa itu contoh organisme: Ya kita, dong. Manusia. Makhluk-makluk hidup lain juga merupakan organisme.

Kalau kamu bingung, ini adalah 6 ciri umum dari organisme:

1) Memerlukan makanan

2) Bernapas

3) Bergerak

4) Tumbuh

5) Berkembang biak

6) Peka terhadap rangsang

Jadi, kalau sesuatu itu memiliki keenam ciri tersebut, dia dikatakan sebagai organisme.

Nah, bagaimana materi kita mengenai penjelasan sistem organ dan organisme? Kumpulan dari organ akan membentuk sistem organ, dan kumpulan dari sistem organ yang saling bekerjasama akan membentuk organisme yang mempunyai keenam ciri umum tadi. Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai materi seperti ini, yuk tonton video pembelajaran beranimasi dalam ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar