Apa Saja Aspects of Explanation Text?

Apa Saja Aspects of Explanation Text?

Halo Squad! Bagaimana sekolahnya? Sudah siap untuk mengejar cita-cita? Semoga selalu semangat, ya! Hmm biasanya kalau di sekolah, kalian belajar pakai buku teks gitu kan, ya? Atau ada yang suka baca buku referensi selain buku teks di sekolah? Biasanya, di dalam buku teks atau buku referensi, ada satu jenis teks yang sering sekali keluar. Teks apa, hayo? Yap! Teks eksplanasi atau Explanation Text dalam Bahasa Inggris. Kalian sudah tahu belum, apa saja aspects of Explanation Text? Kita belajar bersama-sama, yuk!

Menurut Oxford English Dictionary, Explanation adalah a statement or account that makes something clear. Dalam bahasa Indonesia, eksplanasi juga sering diartikan sebagai penjelasan. Oleh karena itu, tujuan komunikatif dari explanation text adalah penjelasan mengenai fenomena sosial, alam, atau budaya. Jangan sampai lupa,ya! 

Structure of Explanation Text

Apa Saja Aspects of Explanation Text?

Lalu, bagaimana nih struktur dari explanation text? Ada 3 bagian dari explanation text yang harus kalian ingat-ingat. Ketiga struktur tersebut adalah general statements, sequence of the events, dan closing. Pada bagian general statements, kamu harus menjelaskan informasi umum tentang topik yang akan dibahas pada teks tersebut. Dengan kata lain, kamu harus memperkenalkan topiknya dulu kepada pembaca. Ingat ya, kenalan dulu! Hahaha

Setelah kamu memperkenalkan topiknya di general statements, kamu bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai topik tersebut di bagian sequences of events. Di bagian sequence of events, kamu bisa menjelaskan dengan menggunakan pertanyaan why atau how, supaya penjelasannya lebih komprehensif. pada bagian ini, jumlah paragrafnya bisa lebih dari satu, lho. Terus, nggak apa-apa ya kalau paragrafnya lebih dari 1? Nggak apa-apa, dong! Yang penting kamu menjelaskan dengan sejelas-jelasnya, ya!

Bagian terakhir dalam Explanation Text disebut dengan closing. Oh iya, bagian penutup atau closing ini bersifat opsional atau tidak wajib, ya. Terkadang paragraf terakhir dari jenis teks ini sering dianggap sebagai bagian penutup, padahal sebenarnya paragraf tersebut masih tergolong ke dalam bagian sequence of the events. 

Language Features

Apa Saja Aspects of Explanation Text?

Ada beberapa language features dari explanation text yang harus kamu ketahui. Language features yang pertama adalah teks ini menggunakan Simple Present Tense. Kenapa coba, kok pakai Simple Present Tense? Teks ini menggunakan Simple Present Tense karena teks ini menjelaskan tentang fakta. Jangan lupa, ya! Jangan iseng-iseng pakai jenis tenses yang lain, ya.

Language features yang kedua adalah action verbs. Teks ini menggunakan action verbs, lho! Coba, masih ingat dengan action verbs, nggak? Action verbs adalah kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan aksi yang berlangsung. Contohnya adalah: do, make, create, remove, etc. Selain itu, explanation text juga menggunakan passive voicePenggunaan passive voice bertujuan untuk menekankan fokus pada kejadian/kegiatan yang berlangsung dan bukan subjeknya. Jadi supaya kamu nggak salah fokus, gitu. Hehehe

Baca juga: Mengenal Analytical Exposition Text

Masih ada lagi nggak nih, language featuresnya? Masih, dong! Teks ini menggunakan noun phrase, yang difungsikan sebagai adverbialAdverbial yang dimaksud di sini adalah kata, frasa, atau klausa yang menjelaskan seluruh klausa dengan menambahkan informasi waktu, tempat, kondisi, cara, alasan atau tujuan. Noun phrase ini juga dapat menjawab pertanyaan “kapan”, “di mana”, “mengapa” dan “bagaimana”. Contohnya adalah The cells in the lining of the stomach and small intestine produce and release hormones that control the functions of the digestive system. Nah, Frasa pertama yang dicetak tebal adalah contoh dari Noun Phrase yang menjelaskan tempat. Sedangkan frasa kedua adalah contoh dari Noun Phrase yang menjelaskan tujuan.

Language feature yang terakhir adalah penggunaan technical termsTechnical terms ini merujuk pada istilah-istilah teknis yang berkaitan dengan fenomena yang dibahas. Contohnya bagaimana? Misalnya pada teks yang membahas tentang asal muasal hujan, tentu akan ada istilah-istilah precipitation, condensation, evaporation, etc. Istilah tersebut yang kemudian disebut dengan istilah teknis untuk teks mengenai asal muasal hujan. 

Wah, menarik juga ya, membahas explanation text! Kamu ingin belajar lebih lanjut tentang explanation text atau jenis teks lain dalam bahasa Inggris? Kuy, belajar bersama ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar beranimasi dan download rangkumannya, lho! Kepo? Yuk, download aplikasinya sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar