Apa Saja Bagian-bagian dari Properti Sudut?

Matematika kelas 7 smp membahas tentang sudut

“Ma, aku ada PR Matematika nih. Bingung”

“Coba sini Mama lihat”

Mama pun membuka buku, dan ternyata PR anaknya itu ditugaskan mencari informasi tentang properti sudut.

“Oh kamu ini hanya diminta untuk mencari informasi tentang properti sudut kok”

“Properti? Setau aku, properti itu perlengkapan Ma. Perlengkapan rumah gitu”

contoh properti rumah - properti sudut

Ini namanya properti rumah, bukan properti sudut. (sumber: desain-minimalis.com)

“Iya. Properti itu secara umum bisa diartikan sebagai perlengkapan. Tapi, dalam matematika ada yang namanya properti sudut”

Squad, kamu sendiri tahu ngga properti sudut itu apa? Kalau belum tahu berarti kamu harus baca artikel ini sampai selesai ya.

Properti sudut dalam matematika itu membahas tentang pengertian sudut, penamaan sudut, dan tingkatan sudut. Supaya kamu lebih paham, kita bahas satu per satu yuk.

 

A. Pengertian Sudut

Kamu tahu nggak apa sudut itu? Kalau jenis-jenis sudut kalian pasti sudah tahu kan? Nah, kalau arti dari sudut itu sendiri apa?

Bingung ya?

Begini Squad, sudut itu dapat dipahami sebagai jarak putar antara dua buah sinar garis yang memiliki titik pangkal yang sama.

Hmmmm sinar garis? Apa itu?

sinar garis - properti sudut

 (sumber: giphy.com)

Bukan. Sinar garis itu bukan seperti itu ya yang dimaksud. Kalau mau tahu sinar garis yang dimaksud, coba perhatikan gambar berikut ini,

pengertian sudut - properti sudut

 (sumber: Master Teacher Ruangguru)

 Gambar di atas itu, menunjukkan sebuah sudut yang dibentuk oleh sinar garis AB dan sinar garis AC dengan titik pangkal A. Nah, garis AC dan AB disebut kaki sudut. Lalu, titik A disebut titik sudut. Kalau kamu mau mengukur besar sudut, kamu dapat mengukur daerah yang di arsir. Caranya bisa menggunakan busur derajat.

 

B. Penamaan Sudut

Siapa bilang sudut nggak bisa diberi nama seperti kamu atau hewan peliharaan kamu? Sudut itu juga bisa diberi sebuah penamaan. Bedanya dengan kamu, penamaan sudut itu nggak perlu akta lahir atau kartu tanda penduduk (KTP). Kalau dalam akta lahir juga ditulis tuh penamaan kamu, kalau penamaan buat sudut sih nggak sampai seribet itu segala pakai bikin akta kelahiran segala

akta lahir - properti sudut

Dalam akta lahir ditulis sebuah penamaan dari bayi yang baru lahir. (sumber: koranmetro.com)

Lalu, bagaimana sih proses penamaan sebuah sudut?

Sudut dapat diberi nama dengan dua cara, yaitu menggunakan satu huruf atau tiga huruf. Penamaan sudut dapat dilakukan dengan nama dengan satu huruf dapat diambil dari nama titik sudutnya atau bisa juga dengan nama dengan tiga huruf di mana nama titik sudutnya diletakkan di tengah-tengah di antara dua huruf lain.

Seperti ini ya Squad

penamaan sudut - properti sudut

(sumber: Master Teacher Ruangguru)

Penamaan seperti sudut di atas ini bisa disebut dengan, ∠A (jika penamaan dengan satu huruf), atau ∠CAB (jika penamaan dengan tiga huruf).

Baca Juga: Mengenal Macam-macam Sudut

 

C. Tingkatan Satuan Sudut

Apa yang terlintas di pikiran kamu tentang tingkatan satuan sudut?

Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend dan Mythic?

Itu juga disebut tingkatan, tapi bukan dalam satuan sudut Squad. Kalau kamu penggemar game Mobile Legend pasti nggak asing dengan tingkatan tersebut, iya kan?

tingkatan sudut - properti sudut

 7 Ranked Match di Mobile Legend (sumber: ulasan.id)

Tingkatan satuan sudut ini berbeda dengan tingkatan Ranked Match dalam Mobile Legend ya Squad. Tingkatan satuan sudut itu merupakan besar suatu sudut dapat digunakan satuan derajat(°), menit('), dan detik("). Misalnya seperti ini Squad.

penulisan properti sudut

Bagaimana Squad? Kamu sudah paham tentang bagian-bagian dari properti sudut belum? Kalau kalian masih bingung, jangan khawatir. Kamu bisa tanyakan soal-soal yang menurut kamu sulit lewat ruanglesonline. Tinggal foto soal yang ingin dibahas dan kamu langsung terhubung dengan tutor terbaik dari ruangguru. Tanyakan soalnya dan dapatkan solusinya dengan diskusi via chat selama 30 menit. Coba sekarang yuk!

New Call-to-action

Beri Komentar