Berbagai Jenis Relief Daratan dan Dasar Laut? | Geografi Kelas 10

Apa Saja Berbagai Relief Daratan dan Dasar Laut?

Squad, siapa di sini yang suka mempelajari relief muka bumi? Kalian lebih suka belajar tentang relief daratan atau relief dasar laut? Hmm tahukah kamu, relief daratan dan relief dasar laut banyak jenisnya, lho! Apa saja berbagai relief daratan dan dasar laut? Kuy, sekarang kita bahas! 

Baca Juga: Mengenal Dataran Tinggi, Gunung, Danau, Lembah, dan Sungai

Relief Daratan

Squad, secara garis besar, relief daratan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja, sih? 

Gunung berapi, pegunungan dan bukit

Squad, permukaan bumi yang menonjol ke atas bisa dikategorikan sebagai gunung, pegunungan, atau bukit. Di Indonesia, terdapat gunung yang disebut dengan gunung merapi. Contoh gunung merapi antara lain Gunung Kerinci, Gunung Merapi, dan Gunung Semeru. Hmm, apa bedanya gunung dengan pegunungan, ya? Gunung hanya berjumlah 1, Squad. Sedangkan pegunungan merupakan deretan atau rangkaian gunung. Tinggi pegunungan biasanya lebih dari 500m, sehingga menjulang lebih tinggi dibanding daerah sekitarnya. Contoh pegunungan antara lain Pegunungan Bukit Barisan dan Pegunungan Jaya Wijaya. Lalu, apa yang dimaksud dengan bukit? Nah, bukit adalah pegunungan rendah, Squad. Tinggi bukit biasanya kurang dari 500m.

Apa Saja Berbagai Relief Dataran dan Dasar Laut?

Pegunungan Jaya Wijaya di Papua (Sumber: beritabrantas.com)

Squad, ternyata Indonesia memiliki banyak deretan pegunungan, lho! Apa saja, ya? Kuy, kita simak! 

Apa Saja Berbagai Relief Daratan dan Dasar Laut?

Dataran tinggi dan dataran rendah

Squad, apa sih bedanya dataran tinggi dan dataran rendah? Dataran rendah adalah suatu daerah yang relatif datar dengan ketinggian kurang dari 200m. Sedangkan daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 200m disebut dengan dataran tinggi. Contoh dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Gayo di Aceh. 

dataran tinggi gayo

Dataran Tinggi Gayo di Aceh (Sumber: pinterest.com)

Pantai

Squad, daratan yang berada di tepi laut disebut pantai. Di pantai sendiri terdapat banyak bentuk muka bumi, antara lain teluk, tanjung, delta, dan gosong. Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke daratan, sedangkan tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Ujung yang sangat panjang dari tanjung disebut juga jazirah atau semenanjung. Delta merupakan tanah endapan di muara sungai, dan gosong adalah pulau yang tergenang ketika laut pasang dan muncul ke daratan ketika air laut surut. 

Apa Saja Berbagai Relief Dataran dan Dasar Laut?

Teluk Saleh, Sumbawa (Sumber: travelingyuk.com)

Relief Dasar Laut

Squad, sebagaimana relief daratan, relief dasar laut juga memiliki permukaan yang menonjol ke bagian atas maupun bagian yang cekung ke bawah. Apa saja, ya? Ada 4 jenis nih Squad: Basin, Celah Memanjang, Pegunungan Bawah Laut, dan Gunung Berapi Dasar Laut. 

Basin sering disebut sebagai lubuk laut. Basin ini mirip dengan palung laut, Squad! Tapi bagian dasarnya lebih lebar dan datar. Sedangkan celah memanjang sering disebut dengan rift valley. Celah memanjang mirip dengan parit yang lebar, tetapi posisinya memanjang di dasar laut. Psst, laut juga punya pegunungan dan gunung seperti di daratan juga, lho! Yang membedakan hanya posisinya saja yang berada di bawah permukaan air, Squad. Luar biasa, ya! 

Squad, sungguh luar biasa ya kekayaan relief alam Indonesia! Jika ada kesempatan, sepertinya menyenangkan ya bisa berlibur ke daerah-daerah di seluruh Indonesia dan melihat langsung kekayaan relief alamnya. Psst, sebelum liburan, belajar yang maksimal dulu, yuk bersama ruanglesonline! Kamu bisa tanya-tanya PR atau tugas sekolah yang kamu nggak ngerti dengan kakak tutor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Lewat mana tuh, nanyanya? Lewat aplikasi Ruangguru dong! Yuk, download di sini dan sampai ketemu di ruanglesonline, ya! 

New Call-to-action

 

Beri Komentar