Biologi Kelas 10 | Apa Saja Ciri-Ciri Protista?

Apa Saja Ciri-Ciri Protista?

Halo Squad! Siapa di antara kalian yang pernah mendengar protista? Yap! Protista merupakan salah satu dari 5 kingdom yang mengklasifikasikan mahkluk hidup. Protista itu apa, sih? Ciri-cirinya apa saja, ya? Kuy, kita mengenal ciri-ciri umum protista! 

Nah, kalau selama ini kamu masih berpikir bahwa mahkluk hidup di dunia ini hanya dibagi menjadi hewan, tumbuhan, dan manusia, kamu ternyata salah besar, nih. Selain tumbuhan, hewan, manusia, ada juga yang namanya protista ini. Protista itu adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau jamur. Jadi mereka ini ada klasifikasinya sendiri gitu, lho. Protista ini juga sering digunakan untuk bahan penelitian, baik ketika mereka berkumpul di dalam koloni maupun sedang sendiri-sendiri. 

Apa Saja Ciri-Ciri Protista?

Ini nih yang namanya Protista! (Sumber: berpendidikan.com)

Ciri-ciri umum Protista

Ada beberapa ciri umum protista yang harus kamu pahami. Ciri yang pertama adalah protista merupakan eukariot uniseluler dan eukariot multiseluler. Jadi protista ini memang bisa masuk ke dua jenis eukariot tersebut, tergantung spesiesnya apa. Hayo, kalian tau nggak apa yang dimaksud dengan eukariot uniseluler dan eukariot multiseluler? Yang dimaksud dengan eukariot adalah organisme yang tidak memiliki membran inti dan sistem endomembran. Sedangkan uniseluler berarti terdiri dari 1 sel, sedangkan multiseluler terdiri dari banyak sel. Hayo, jangan kebalik-balik yaa! 

Ciri selanjutnya adalah protista hidup dalam koloni. Maksudnya apa, tuh? Maksudnya adalah protista ini hidupnya bareng-bareng terus sama protista lain gitu, lho. Jadi dia hidupnya berkelompok. Asik ya, rame-rame gitu! Hehehe. Selain itu, ciri-ciri protista selanjutnya adalah mereka ini autotrof dan heterotrof. Hah, apa lagi sih itu? Jadi, mereka yang digolongkan sebagai autotrof itu berarti bisa menghasilkan makanannya sendiri. Untuk mereka yang dikategorikan ke dalam heterotrof berarti tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri. Oleh karena itu, mereka-mereka yang heterotrof ini biasanya bergantung dengan autotrof. Hmm... kalau kamu, heterotrof atau autotrof? Hehehe

Baca juga: Ciri-CIri Jamur Beserta Klasifikasinya

Kamu penasaran nggak sih, habitatnya protista ini ada di mana aja? Protista hidup di tanah, air tawar, air laut, dan lumpur. Oleh karena itu, pada dasarnya kamu bisa menemukan protista di mana saja. Lalu, protista ini bagaimana bernapasnya, ya? Mereka bisa melakukan respirasi aerob dan anaerob. Dengan kata lain, mereka membutuhkan oksigen, tetapi juga ada yang tidak membutuhkan oksigen. Menarik sekali, ya! 

Ciri-ciri selanjutnya dari protista adalah mereka bisa melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual. Jadi, beda jenis protista, beda pula jenis reproduksinya. Selain itu, protista juga tidak punya alat gerak, oleh karena itu mereka bergerak dengan menggunakan flagel. 

Squad, diingat-ingat ya ciri-ciri protistanya! Semoga setelah baca artikel ini kamu jadi semakin paham, nih. Kalau kamu ingin belajar lebih lanjut lagi tentang protista, yuk belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Tinggal colok usb-nya di HP-mu, lalu kamu bisa nonton video belajar bebas kuota, deh. Dapatkan sekarang di toko buku terdekat, ya!

ruangguru on the go

 

Beri Komentar