Apa Saja Dampak dari Berkurangnya Tumbuhan? | Biologi kelas 10

Dampak Berkurangnya Tumbuhan

Squad, siapa yang di rumahnya memiliki banyak tumbuhan? Atau adakah yang sering melihat berbagai jenis tumbuhan? Tahukah kamu, tumbuhan-tumbuhan tersebut memiliki banyak manfaat, lho. Nah, kamu pernah membayangkan nggak sih, apa saja dampak berkurangnya tumbuhan? Terutama bagi lingkungan sekitarnya, nih. Termasuk kamu dong, ya. Kuy, sekarang kita bahas bersama-sama! 


Ternyata dampak berkurangnya tumbuhan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan ini, lho. Yuk, dibahas satu persatu supaya semakin paham!

 

1. Hilangnya habitat hewan

Tumbuhan merupakan habitat bagi hewan-hewan tertentu, misalnya berbagai jenis burung. Dengan berkurangnya tumbuhan maka hewan tersebut akan kehilangan habitatnya sehingga lama kelamaan akan menyebabkan spesies tersebut mati. Sedih banget ya, Squad. 

 

2. Kekeringan

Semakin berkurangnya pepohonan di hutan akan menyebabkan cadangan air tanah menurun, karena pohon merupakan penyimpan cadangan air tanah untuk musim kemarau, terutama yang berasal dari air hujan. Apabila pepohonan di hutan berkurang, masyarakat di sekitar hutan dapat mengalami kekurangan air di musim kemarau karena cadangan air tanah berkurang. Nah, tahukah kamu, air sangat vital untuk keberlangsungan hidup di daerah sekitarnya, lho. Oleh karena itu, jika kekeringan berlangsung lama, bsia menjadi bencana alam yang tentunya sangat merugikan masyarakat sekitar. 

 

3. Banjir

Tahukah kamu, pepohonan di hutan memiliki banyak fungsi, nih. Salah satunya adalah sebagai penyerap air hujan. Nah, coba kamu bayangkan, kalau di hutan tidak ada pepohonan, tidak akan ada yang menyerap air hujan, dong? Wah, bisa-bisa terjadi banjir nantinya. Oleh karena itu, yuk, kita mulai menjaga pepohonan di hutan dan di sekitar kita! 

 

4. Longsor

Kegunaan pohon di hutan dan tebing antara lain menahan tanah dengan akarnya. Dengan jumlah pohon yang semakin berkurang, otomatis akan mengurangi jumlah air hujan yang tertahan. Akibat dari longsor antara lain dapat mengakibatkan longsor yang berdampak antara lain pada hilangnya nyawa manusia, rusaknya infrastruktur, dan terputusnya jalur transportasi.

 

5. Berkurangnya Penyuplai Oksigen

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen yang merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat vital dan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup. Jika jumlah tumbuhan di alam terus berkurang, maka semakin sedikit pula kadar oksigen dalam bumi dan akan berdampak pada kelangkaan oksigen, dan pencemaran udara. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia?

 

6. Kenaikan Tinggi Permukaan Air Laut

Squad, siapa yang sudah pernah melihat tumbuhan bakau? Tumbuhan bakau berfungsi untuk mencegah abrasi di sekitar pantai. Nah, oleh karena itu, penebangan bakau pada pesisir akan menyebabkan naiknya permukaan air laut, sehingga tambak-tambak ikan dan udang di wilayah pesisir juga ikut tenggelam.

Wah, ternyata dampaknya sangat besar, ya Squad. Yuk, kita mulai menjaga tumbuhan supaya tumbuhan di sekitar kita tidak berkurang dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik! Eits, jangan lupa, kamu juga harus semangat belajar, ya! Yuk, belajar dengan ruangbelajar! Daftar sekarang, yuk! 

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi: 

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Artikel ini diperbarui pada 5 Agustus 2022.

Embun Bening Diniari