Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Ketimpangan Sosial | Sosiologi Kelas 12

sosiologi kelas 12

Pernahkah RG Squad berpikir kenapa temanmu bisa terlahir di keluarga yang kaya raya? Hmm, tentunya kita tidak bisa memilih ingin dilahirkan di keluarga dengan latar belakang sosial dan ekonomi tertentu, bukan? Namun, kita bisa melihat bahwa ada ketimpangan sosial di sekitar kita. Mengapa hal itu terjadi? Kira-kira apa saja ya faktor ketimpangan sosial tersebut? Simak ya artikel ini sampai habis!

Salah satu penyebabnya karena adanya hambatan untuk mengakses kehidupan yang lebih layak dan tidak memperoleh kesempatan yang sama dengan kelompok lainnya. Pada dasarnya, faktor-faktor ini terbagi menjadi dua yakni: faktor internal dan faktor eksternal. Yuk, kita bahas satu per satu.

ketimpangan sosial pemukiman kumuh dekat dengan apartemen mewahPerumahan kumuh yang berdampingan dengan apartemen mewah. (sumber: aws-dist.brta.in)

1. Faktor internal

Faktor internal terdiri dari rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) karena tingkat pendidikan yang kurang mumpuni, dan budaya kemiskinan. Pengertian budaya kemiskinan adalah sikap mudah menyerah, pasrah terhadap keadaan, apatis, dan tidak ada keyakinan masa depan yang baik. Mengapa banyak masyarakat yang bersikap seperti itu? Salah satu jawabannya, mereka tidak berdaya dari segi ekonomi dan kekuasaan. Para pejabat tinggi negara seolah-olah tidak mampu mendorong sikap pesimis mereka. Dibiarkanlah yang miskin menjadi semakin miskin. Begitu pula sebaliknya, yang kaya pun akan semakin kaya.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal berasal dari luar kontrol dan kemampuan setiap individu. Contohnya, birokrasi atau kebijakan pemerintah yang membatasi akses seseorang. Dengan kata lain, kesenjangan sosial bukan terjadi karena seseorang malas bekerja, melainkan ada sistem yang menghambatnya. Misalnya saja, harga sekolah yang mahal membuat keterbatasan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik.

ketimpangan sosial tahukah kamu

Faktor internal dan faktor eksternal tidak sepenuhnya menjadi sebab-sebab ketimpangan sosial. Alasannya, bisa saja orang terlahir miskin tetap bekerja keras untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tentu saja, kamu juga ingin mengusahakan agar hidupmu jadi lebih baik pula kan? Gabung sekrang bersama ruangguru digitalbootcamp! Temukan teman belajar dari seluruh Indonesia dan mentor berpengalaman di bidangnya.

New Call-to-action

Beri Komentar