Apa Saja Jenis Interaksi dalam Sebuah Ekosistem? | Biologi Kelas 10

Jenis interaksi dalam sebuah ekosistem

Artikel ini menjelaskan tentang jenis-jenis interaksi yang terdapat dalam sebuah ekosistem.

--

Kamu tentu memiliki interaksi dengan orang lain di dalam hidup kalian, kan? Interaksi yang terjalin bentuknya bisa bermacam-macam, ya! Ternyata, di dalam sebuah ekosistem ada bermacam-macam interaksi yang terjadi juga, lho. Apa saja ya jenis interaksi dalam sebuah ekosistem? Keep scrolling! 

1. Simbiosis

simbiosis pada ikan badutSimbiosis komensalisme antara ikan badut dengan anemon laut(sumber: nationalgeographic.grid.id)

Jenis interaksi dalam ekosistem yang pertama adalah simbiosis. Simbiosis merupakan hubungan yang terjadi antara 2 organisme. Simbiosis itu sendiri dibagi menjadi 3, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan yang saling menguntungkan antara individu yang terlibat. Contohnya antara lebah dan bunga atau ikan badut dan anemon laut. Berbeda dengan simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme merupakan hubungan yang terjadi ketika satu individu diuntungkan, tetapi individu yang lain tidak merasa dirugikan atau diuntungkan. Wah, ada, ya simbiosis seperti itu? Ada dong, contohnya ikan remora dan ikan hiu. Ada yang bisa tebak contoh interaksinya seperti apa? 

Jenis simbiosis yang terakhir adalah simbiosis parasitisme. Pada jenis simbiosis ini, ada satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lainnya dirugikan. Contohnya antara lain benalu dan inangnya serta kutu dan rambut manusia. Semoga tidak ada yang merasakan simbiosis yang satu ini, ya!

2. Kompetisi

kompetisi kuda nil dalam ekosistemKuda nil sedang berkompetisi (Sumber: onekindplanet.org)

Jenis interaksi selanjutnya adalah kompetisi. Hayo, siapa yang suka mengikuti beragam kompetisi baik di sekolah maupun di luar sekolah? Di dalam sebuah ekosistem juga terdapat kompetisi, lho! Kompetisi merupakan persaingan yang terjadi di antara 2 spesies. Kompetisi dibagi menjadi 2, yaitu intraspesies dan interspesies. Wah, apa bedanya, ya? Intraspesies adalah persaingan antara 2 spesies yang sama, misalnya kompetisi antar kuda nil untuk memperoleh pasangan. 

3. Predasi

predasi dalam ekosistemCheetah mengejar rusa (Sumber: catersnews.com)

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan predasi? Predasi adalah interaksi antara pemangsa dan mangsanya. Kamu pernah melihat cheetah mengejar rusa, kemudian memangsanya? Nah, itu merupakan salah satu contoh predasi. Ada yang bisa menyebutkan contoh lainnya? 

4. Rantai Makanan

Rantai makanan pada ekosistemRantai Makanan (sumber: pinterest.com)

Jenis interaksi yang selanjutnya adalah rantai makanan. Kamu sudah pernah dengar tentang rantai makanan sebelumnya? Yap, rantai makanan adalah proses perpindahan energi makanan melalui seri organisme. Pada rantai makanan, terdapat produsen, konsumen I, konsumen II, dan konsumen III. Alur pada rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas.

5. Jaring

 

rantai makanan dalam ekosistem

Jaring-jaring makanan (sumber: pinterest.com)

Apa bedanya sih rantai makanan dengan jaring-jaring makanan? Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling bersinggungan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jaring-jaring makanan merupakan rantai makanan yang jauh lebih kompleks. Organisme yang terlibat dalam sebuah jaring-jaring makanan juga memiliki lebih banyak pilihan makanan dibanding organisme yang ada pada rantai makanan.

6. Piramida Makanan

piramida maknanan dalam ekosistemPiramida Makanan (sumber: cdn.britannica.com)

Piramida makanan merupakan diagram yang menggambarkan susunan tingkat trofik satu dan tingkat trofik lainnya berdasarkan jumlah, biomassa dan kemampuan menyinpan energi pada setiap trofiknya. Sesuai dengan namanya, susunannya berbentuk piramida dan komposisinya semakin ke atas semakin mengecil. Komposisi yang berada di dasar piramida merupakan produsen, sedangkan yang berada di bagian atas merupakan konsumer puncak.

Waah! Ternyata banyak juga ya, interaksi yang mungkin terjadi di dalam sebuah piramida makanan. Jangan lupa diingat-ingat supaya nggak tertukar, ya! Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai rantai makanan? Yuk, cari tahu di Ruangguru-On-The-Go! Kamu bisa belajar dengan mudah pakai USB yang tinggal dicolok aja nih ke HP-mu. Kuy, dapatkan USB Ruangguru-On-The-Go! dan siap-siap untuk jadi juara, ya!

ruangguru on the go

Beri Komentar