Biologi Kelas 10 | Berkenalan dengan Biologi, Yuk!

apa itu biologi

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengetahuan dasar terkait biologi. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis objek kajian biologi, serta ruang lingkup objek kajian tersebut.

--

Squad, apa kabar? Wah, sekarang sudah kelas X, ya! Sudah ganti seragam nih, bukan putih-biru lagi. Nah, karena sekarang sudah SMA, tentu kamu akan mengalami beberapa perubahan, baik dari segi sistem sekolahnya, maupun dari segi mata pelajaran yang harus kamu ambil. Jika dulu kamu belajar IPA Terpadu waktu SMP, sekarang kamu akan mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia secara terpisah. Sekarang, mulai berkenalan dengan Biologi, yuk

apa itu biologi

Tahukah kamu, Biologi itu terdiri dari 2 kata, lho! Wah, kata apa saja, tuh? Biologi terdiri dari kata bios (hidup) dan logos (pengetahuan). Berdasarkan asal katanya, biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang mahkluk hidup. Jadi kira-kira, dengan mempelajari biologi, kamu akan banyak mengetahui tentang kehidupan mahkluk hidup, termasuk unsur-unsur pembentuknya, ya! Wow, seru banget, kan!

Baca Juga: Karakteristik dan Struktur Virus

apa itu biologi

Seperti ilmu pengetahuan lainnya, biologi juga memiliki ciri khas, lho! Ciri khas ini membedakan biologi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Apa saja sih, ciri khasnya? Kuy, simak pada gambar di bawah ini! 

apa itu biologi

 

apa itu biologi

Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980), ruang lingkup Biologi meliputi berbagai jenis obyek biologi. Jenis-Jenis obyek Biologi tersebut terdiri dari 6 jenis kingdom. Kingdom-kingdom tersebut antara lain Kingdom Animalia (contoh: Pongo pygmaeus), Kingdom Plantae (contoh: Musa paradisiaca), Kingdom Fungi (contoh: Rhizopus oryzae), Kingdom Protista (contoh:  Entamoeba coli), Kingdom Eubacteria (contoh: Escherichia coli), dan Kingdom Archaebacteria (contoh: Halobacterium sp).

Selain berdasarkan pada jenis-jenis kingdom di atas, lingkup obyek Biologi juga bisa ditinjau berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, lho. Apa saja, ya? 

 

 

Bagaimana, Squad? Semakin penasaran kan dengan pelajaran Biologi? Kamu harus terus semangat belajar, ya! Nah, supaya semakin semangat, yuk belajar bersama ruanglesonline. Kamu bisa tanya PR yang sulit hanya lewat aplikasi di HP-mu, lho! Tanyanya ke siapa, ya? Ke kakak tutor berpengalaman yang ngejelasinnya super asik, dong! Yuk, download sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar