Apa Saja Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia? | Biologi Kelas 10

Apa Saja Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia?

Squad, siapa di antara kalian yang ingin menjadi dokter hewan? Untuk menjadi dokter hewan, tentu saja kamu harus memiliki ketertarikan terhadap hewan, ya! Nah, kira-kira, kamu tahu nggak sih apa saja manfaat hewan? Ternyata, hewan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, lho! Apa saja manfaat hewan bagi kehidupan manusia? Akan dibahas berdasarkan filumnya, ya. Kuy, kita simak! 

1. Peranan Filum Porifera

Nah, siapa yang masih ingat dengan filum porifera? Salah satu contoh dari filum porifera adalah spons. Eits, bukan spongebob ya tapi! Beberapa perna filum porifera antara lain menghasilan senyawa bioaktif dan membentuk keanekaragaman di dasar laut. Hayo, ada yang sudah pernah liat spons di sini?

2. Peranan Filum Cnidaria

terumbu karang, apa saja manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia

Terumbu Karang (Sumber: Shutter Stock)

Siapa di antara kalian yang senang melihat terumbu karang? Salah satu barisan terumbu karang yang terkenal ada di Australia, lho! Namanya Great Barrier Reef. Sudah pernah ke sana, belum? Nah, ternyata pembentukan lingkungan terumbu karang ini merupakan salah satu peranan Filum Cnidaria, lho! Selain itu, Filum Cnidaria merupakan pelindung pantai dari abrasi dan menyediakan tempat hidup berbagai hewan lain pula. Hayo, ada yang ingat contoh anggota Filum Cnidaria? Yap! Betul banget, contohnya adalah ubur-ubur dan anemon laut. 

3. Peranan Filum Annelida

Ada yang sering melihat cacing tanah atau cacing wawo di sini? Kamu masih ingat nggak, cacing itu anggota Filum Annelida, lho! Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, cacing dan anggota Filum Annelida lainnya merupakan dekomposer. Selain itu, mereka juga merupakan sumber protein hewani, lho! 

4. Peranan Filum Moluska

Bagi kamu yang suka makan seafood, pasti sudah nggak asing lagi dengan cumi-cumi, ya. Tahukah kamu, cumi-cumi adalah anggota Filum Moluska, lho! Anggota Filum Moluska merupakan sumber protein hewani. Beberapa di antaranya bahkan merupakan penghasil perhiasan, misalnya penghasil mutiara. Wah, kerang mutiara juga anggota Filum Moluska dong, ya? Yap! Betul banget. 

5. Peranan Filum Echinodermata

Untuk kalian yang tertarik dengan pengobatan dan makanan tradisional, anggota filum echinodermata bisa menjadi salah satu sumbernya, lho! Selain itu, anggota Filum Echinodermata juga merupakan detritivor, yaitu pengurai. Apa bedanya ya dengan dekomposer? Nah, yang membedakan detritivor dan dekomposer adalah hasil akhir dari penguraiannya. Detritivor ini mampu menguraikan senyawa organik dalam tubuh organisme yang sudah mati menjadi senyawa organik lagi, lho! Contohnya antara lain landak laut. 

Baca Juga: Mengenal Tumbuhan Paku

6. Peranan Filum Arthropoda

Hayo, ada yang senang minum madu di sini? Lebah, yang merupakan penghasil madu, ternyata merupakan anggota Filum Arthropoda, bersama kupu-kupu dan lalat buah, lho! Anggota Filum Arthropoda merupakan sumber makanan dan bisa membantu penyerbukan tanaman juga, nih. Selain itu, hewan-hewan Filum Arthropoda sering dijadikan bahan penelitian di bidang genetika, lho! 

7. Peranan Filum Chordata

Siapa di antara kalian yang suka makan daging? Tahukah kamu, ayam, kambing, domba, dan hiu termasuk ke dalam Filum Chordata, lho! Filum Chordata bermanfaat tidak hanya untuk sumber protein hewani, tetapi juga sumber bahan sandang dan obat-obatan, nih. 

Wah, ternyata banyak sekali ya, manfaat hewan untuk kehidupan manusia. Jangan lupa untuk terus menyayangi hewan ya, Squad! Kamu masih mau lanjut belajar tentang materi ini? Kuy, belajar bersama kakak tutor terbaik dan teman-teman seluruh Indonesia di Ruangbelajar Plus! Gabung sekarang, kuy!

New Call-to-action

Beri Komentar