Donor Baik Untuk Kesehatan, Apa Saja Manfaat Transfusi Darah? | Biologi Kelas 12

Biologi_12.jpg

RG Squad, apa yang terlintas di pikiran kalian sewaktu mendengar kata “transfusi darah”? Bagi orang-orang yang takut akan jarum suntik, mendengar orang berkata “Yuk, donor darah!” belum merasakan manfaat nya tetapi akan merasa menakutkan. Tapi, tahukah kalian bahwa ada manfaat transfusi darah yang bisa kita dapat setelah melakukannya? Apa saja manfaatnya?

1. Melindungi jantung

Orang yang secara aktif mendonor darah akan mempunyai jantung yang lebih sehat. Eits, ini bukan pernyataan sembarangan. Terdapat penelitian yang dilakukan American Journal of Epidemology yang menyebutkan bahwa para pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung.

resiko pendonor darah kena penyakit jantung.jpg

2. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Terbayang nggak betapa seramnya penyakit kanker itu? Nah, dengan mendonorkan darah secara rutin (laki-laki 3 bulan sekali, sementara perempuan 4 bulan sekali), kamu bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan usus besar.

Kanker Paru-paru.jpg

Visualisasi kanker paru-paru

(sumber iran-daily.com)

3. Membakar Kalori Secara Teratur

Berbicara tentang kalori adalah bicara soal tubuh yang ideal. Riset yang dilakukan University of California mengatakan bahwa orang yang rutin melakukan transfusi darah akan mendapatkan manfaat berupa kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan.

Dari sisi penerima, manfaat transfusi darah sangat dibutuhkan untuk menambah jumlah darah yang beredar di tubuhnya. Kalian mungkin pernah melihat orang kecelakaan atau ibu yang melahirkan sampai kekurangan darah. Nah, dengan adanya transfusi darah, kita bisa saja menyelamatkan nyawa orang tersebut dari kematian, lho

kalori yang dibakar saat donor darah.jpg

Tidak hanya itu, transfusi darah juga bisa meningkatkan kemampuan darah penerima untuk mengikat oksigen, sehingga oksigen yang diperlukan tubuh untuk pembentukan energi akan tercukupi. Nah, itulah beberapa manfaat transfusi darah yang berguna bagi kita. Mana yang menurut kamu paling penting? Atau malah takut karena menurut kamu transfusi darah itu berbahaya?

Mau lihat video animasi pembelajaran yang keren bersama tutor yang asyik-asyik? Yuk, lihat di ruangbelajar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar