Apa Saja Perbedaan antara Soal HOTS dengan Soal yang Bukan HOTS?

Andrea Lidwina

Jan 10, 2019 • 3 min read

sbmptn


soal hots

Squad, tes SBMPTN 2019 akan menggunakan tipe soal higher order thinking skills (HOTS) untuk Tes Kompetensi Akademik (TKA). Materi-materi yang diujikan adalah setiap mata pelajaran dari rumpun Saintek dan Soshum. Nah, bagaimana persiapan kamu sejauh ini? Apakah Squad sudah banyak belajar dan mengerjakan latihan guna menghadapi soal-soal yang akan diberikan pada tes SBMPTN 2019 nanti?

Sambil belajar, yuk cari tahu perbedaan antara soal bertipe HOTS dengan soal yang bukan tipe tersebut! Kalau kamu sudah tahu bedanya, pasti akan lebih mudah mengerjakan soal-soal saat tes berlangsung.

1. Penggunaan kata perintah dalam soal

soal hots

Untuk bisa mengerjakan soal ini, kamu harus membandingkan dan menganalisis setiap penyusun jaringan ikat dengan fungsinya

Soal-soal dengan tipe HOTS membutuhkan tiga level kemampuan terakhir dalam Taksonomi Bloom, yaitu menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating). Oleh karena itu, perintah yang banyak muncul dalam soal adalah membandingkan, menganalisis, menyimpulkan, atau menciptakan. Kata tanya yang digunakan pun tidak hanya berkisar pada ‘apa,’ ‘siapa,’ atau ‘kapan,’ melainkan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana.’ Sementara pada soal-soal yang bukan bertipe HOTS, kata-kata yang sering dipakai adalah memilih, mengidentifikasi, atau mendeskripsikan.

2. Soal berupa cerita dan menggunakan tabel atau diagram

soal hots

Setelah membaca teks ini, kamu diminta menjawab beberapa pertanyaan, seperti gagasan utama untuk paragraf selanjutnya dan kesimpulan dari teks tersebut.

Sebelum mengerjakan soal-soal HOTS, biasanya ada data yang diberikan dalam bentuk penggalan cerita, paragraf bacaan, contoh kasus, gambar, grafik, maupun tabel. Squad harus membaca dengan saksama dan memahami data yang diberikan, barulah kamu mengerjakan soal-soal di bawahnya.

Jadi, Squad harus membiasakan diri membaca data yang panjang dalam soal dengan rajin mengerjakan latihan. Jika sudah terbiasa, kamu akan lebih mudah fokus dalam mencari fakta yang tertera di teks atau tabel sehingga bisa menghemat waktu ketika mengerjakan tes.

3. Soal berkaitan dengan pemahaman konsep materi, bukan hanya hafalan

soal hots

Dalam soal ini, Squad harus memahami konsep limit dan trigonometri dalam Matematika agar bisa mengerjakannya

Adanya  soal-soal HOTS di SBMPTN 2019 membuat Squad tidak bisa belajar hanya dengan sistem kebut semalam (SKS), lho! Kamu dituntut untuk memahami konsep-konsep dari sebuah materi, bukan hanya menghafal kata per kata dari sebuah definisi atau rumus secara cepat. Dengan memahami konsep, kamu akan bisa menjawab soal dengan tiga kemampuan yang dibutuhkan dalam HOTS, yaitu analisis, evaluasi, dan cipta. Selain itu, bila Squad sudah paham mengenai suatu konsep, maka kamu bisa mengaitkannya dengan konsep dari materi pelajaran lain.

Setelah tahu perbedaan-perbedaan soal HOTS dengan yang bukan, Squad harus semakin rajin mempersiapkan diri ya. Mulailah mencicil belajar dan mengerjakan latihan dari sekarang agar kamu terbiasa dengan soal-soal bertipe ini. Kamu juga bisa lho membekali diri untuk SBMPTN 2019 dengan materi-materi pelajaran dari ruangbelajar. Melalui aplikasi ini, kamu bisa belajar dari video beranimasi, infografis, rangkuman, dan latihan soal. Belajar dijamin tidak akan jadi membosankan. Jadi, ayo Squad, daftar sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts