Apa Saja Universitas Negeri dengan Daya Tampung Terbesar di Indonesia pada 2018?

Andrea Lidwina

Mar 11, 2019 • 3 min read

Kampus dan Jurusan


univeraitas negeri dengan daya tampung terbesar

Artikel ini memberikan informasi beberapa universitas negeri dengan daya tampung mahasiswa terbesar di jalur SNMPTN dan SBMPTN

--

Perguruan tinggi negeri memiliki daya tampung peserta yang berbeda setiap tahunnya untuk masing-masing jurusan. Nah, pada 2018 lalu, beberapa perguruan tinggi negeri memiliki daya tampung mahasiswa terbesar di jalur SNMPTN dan SBMPTN. Squad, yuk cari tahu perguruan tinggi negeri mana saja yang punya daya tampung terbesar agar kamu bisa memprediksi peluang kamu diterima di sebuah perguruan tinggi negeri!

Lima perguruan tinggi negeri dengan daya tampung terbesar pada SNMPTN 2018:

1. Universitas Brawijaya

Perguruan tinggi negeri di Malang, Jawa Timur ini menampung 3.341 peserta. Jumlah tersebut diterima di 70 jurusan yang dibuka oleh Universitas Brawijaya.

2. Universitas Halu Oleo

Universitas Halu Oleo terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara. Penguruan tinggi negeri ini menerima 3.046 peserta pada jalur undangan tahun lalu. Jumlah itu merupakan akumulasi dari 73 jurusan yang dibuka, di antaranya 42 jurusan di rumpun Saintek dan 31 jurusan di rumpun Soshum.

3. Universitas Diponegoro

Perguruan tinggi negeri di Semarang, Jawa Tengah ini menerima 2.929 peserta untuk jurusan-jurusan di rumpun Saintek dan Soshum.

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menampung 2.563 peserta pada SNMPTN tahun lalu. Perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat ini menawarkan 75 jurusan, dengan 20 jurusan di rumpun Saintek dan 55 jurusan di rumpun Soshum.

5. Universitas Negeri Padang

Perguruan tinggi negeri di Padang, Sumatera Barat ini menerima 2.476 peserta di berbagai jurusan dalam rumpun Saintek dan Soshum.

univeraitas negeri dengan daya tampung terbesar

Setiap tahun, daya tampung jurusan di masing-masing perguruan tinggi negeri berbeda (Sumber: harianjogja.com)

Lima perguruan tinggi negeri dengan daya tampung terbesar pada SBMPTN 2018:

1. Universitas Tadulako

Pada jalur tes bersama tahun lalu, Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah menjadi perguruan tinggi negeri dengan daya tampung terbesar, yaitu 5.622 peserta.

2. Universitas Brawijaya

Selain memiliki daya tampung terbesar pada jalur SNMPTN, Universitas Brawijaya juga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang punya daya tampung terbesar pada jalur SBMPTN, yaitu 4.838 peserta. Jumlah tersebut terdiri dari 3.008 peserta pada rumpun Saintek dan 1.830 peserta pada rumpun Soshum.

3. Universitas Padjadjaran

Perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat ini memberikan 62 persen dari total daya tampung mahasiswa untuk peserta SBMPTN. Jadi, Universitas Padjadjaran menerima 4.556 peserta tahun lalu. Jurusan yang paling banyak menyediakan kursi adalah jurusan Peternakan (211 peserta) dan Ilmu Hukum (251 peserta).

4. Universitas Nusa Cendana

Perguruan tinggi negeri di Kupang, Nusa Tenggara Timur ini menerima 4.190 peserta untuk jurusan-jurusan di rumpun Saintek dan Soshum.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menerima 3.809 peserta pada jalur SBMPTN 2018. Jumlah tersebut merupakan 70 persen dari total daya tampung yang disediakan oleh perguruan tinggi negeri tersebut. Jurusan Kedokteran (127 peserta) dan Ilmu Hukum (175 kursi) menjadi jurusan dengan daya tampung terbesar sekaligus yang paling banyak dipilih oleh calon mahasiswa baru.

Setelah melihat daya tampung mahasiswa beberapa perguruan tinggi negeri, bagaimana nih peluang kamu, Squad? Sambil menghitung peluangnya, jangan lupa menggunakan ruangbelajar ya untuk membantu belajar kamu. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan materi pelajaran dalam bentuk video beranimasi, infografis, rangkuman, dan latihan soal. Ayo download sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts