Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup? | Biologi Kelas 10

Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup?

Artikel Biologi kelas X ini berisi tentang prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup serta apa itu kunci determinasi.

Squad, ada yang sudah pernah mendengar istilah klasifikasi? Tahukah kamu, ternyata klasifikasi juga berlaku pada mahkluk hidup, lho! Kuy, kita simak lebih lanjut pada artikel ini!

Dasar-Dasar Klasifikasi

Ada beberapa prinsip mendasar yang harus kamu ketahui tentang dasar-dasar klasifikasi, lho. Ternyata klasifikasi mahkluk hidup itu didasarkan pada beberapa hal. Perbedaan dan persamaan setiap mahkluk hidup turut mempengaruhi klasifikasi mahkluk hidup tersebut. Selain itu, manfaat mahkluk hidup tersebut juga berpengaruh, lho. Begitupula dengan ciri morfologi, anatomi, dan biokimianya. Nah, jangan sampai tertukar, nih. Ciri morfologi adalah ciri yang nampak dari luar, misalnya morfologi bulu pada kucing. Sedangkan ciri anatomi contohnya adalah anatomi jantung, yang berarti bagaimana jantung dari kucing tersebut disusun dan bagian-bagiannya. 

Baca Juga: Apa Itu Adaptasi dan Mitigasi?

Macam-macam Klasifikasi

Ada 3 jenis klasifikasi yang harus kamu ingat, nih. Jenis yang pertama adalah klasifikasi alami yang didasarkan pada kesamaan sifat, terutama pada kesamaan morfologi spesies tersebut. Sedangkan klasifikasi buatan merupakan klasifikasi yang didasarkan pada tujuan praktis. Tujuan praktis yang dimaksud salah satunya merupakan kegunaan dari spesies itu sendiri. Jenis klasifikasi yang terakhir, yaitu klasifikasi modern, merupakan klasifikasi yang didasarkan pada filogeni atau tingkat kedekatan kekerabatannya. 

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis klasifikasi mahkluk hidup, kamu juga harus mengetahui urutannya, nih. Kayak apa, sih? Kuy, cek pada gambar di bawah ini!

Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup?

Ternyata, semakin rendah tingkatan takson, semakin banyak persamaan ciri-cirinya, lho. Kekerabatannya juga akan menjadi semakin dekat karena anggotanya juga semakin sedikit. Jangan sampai lupa, ya! 

 

Kunci Determinasi

Setelah mengetahui tentang dasar dan macam-macam klasifikasi, kamu juga perlu tahu tentang kunci determinasi agar kamu bisa tahu satu makhluk hidup masuk ke kelompok mana.  cara atau langkah untuk mengenali organisme dan mengelompokkannya atau menggolongkan makhluk hidup. Berisi deskripsi ciri-ciri organisme yang disajikan dengan karakter berlawanan. Contohnya adalah seperti ini:

Tabel Kunci Determinasi

1.

a.

Bertulang belakang

 

b.

Tidak bertulang belakang

2.

a.

Berdarah panas

 

b.

Berdarah dingin

3.

a.

Hidup di air

 

b.

Hidup di darat

Sekarang, kamu bisa nggak menentukan kunci determinasi dari gajah (Elephas maximum) berdasarkan tabel kunci determinasi di atas?


Binomial Nomenclature

Selain jenis klasifikasi dan urutan takson, kamu juga harus memahami pemberian nama spesies dengan sistem Binomial Nomenclature. Ada beberapa aturan yang harus dipahami dalam memberikan nama dengan sistem ini. Kuy, simak aturannya pada gambar di bawah ini! 

Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup 2-1

Ada yang bisa memberikan keterangan untuk contoh penamaan di atas? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya! Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang dasar-dasar klasifikasi mahkluk hidup, kuy belajar pakai Ruangguru On-The-GoTinggal colok usb-nya di HP-mu, dan kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja, lho. Kuy, dapatkan usb-nya sekarang, Squad! 

ruangguru-on-the-go

Ruangguru