Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup?

Created by : Embun Bening Diniari
on May 18, 2018 3:00:04 PM

Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup?

Squad, ada yang sudah pernah mendengar istilah klasifikasi? Tahukah kamu, ternyata klasifikasi juga berlaku pada mahkluk hidup, lho! Kuy, kita simak lebih lanjut pada artikel ini!

Dasar-Dasar Klasifikasi

Ada beberapa prinsip mendasar yang harus kamu ketahui tentang dasar-dasar klasifikasi, lho. Ternyata klasifikasi mahkluk hidup itu didasarkan pada beberapa hal. Perbedaan dan persamaan setiap mahkluk hidup turut mempengaruhi klasifikasi mahkluk hidup tersebut. Selain itu, manfaat mahkluk hidup tersebut juga berpengaruh, lho. Begitupula dengan ciri morfologi, anatomi, dan biokimianya. Nah, jangan sampai tertukar, nih. Ciri morfologi adalah ciri yang nampak dari luar, misalnya morfologi bulu pada kucing. Sedangkan ciri anatomi contohnya adalah anatomi jantung, yang berarti bagaimana jantung dari kucing tersebut disusun dan bagian-bagiannya. 

Baca Juga: Apa Itu Adaptasi dan Mitigasi?

Macam-macam Klasifikasi

Ada 3 jenis klasifikasi yang harus kamu ingat, nih. Jenis yang pertama adalah klasifikasi alami yang didasarkan pada kesamaan sifat, terutama pada kesamaan morfologi spesies tersebut. Sedangkan klasifikasi buatan merupakan klasifikasi yang didasarkan pada tujuan praktis. Tujuan praktis yang dimaksud salah satunya merupakan kegunaan dari spesies itu sendiri. Jenis klasifikasi yang terakhir, yaitu klasifikasi modern, merupakan klasifikasi yang didasarkan pada filogeni atau tingkat kedekatan kekerabatannya. 

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis klasifikasi mahkluk hidup, kamu juga harus mengetahui urutannya, nih. Kayak apa, sih? Kuy, cek pada gambar di bawah ini!

Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup?

Ternyata, semakin rendah tingkatan takson, semakin banyak persamaan ciri-cirinya, lho. Kekerabatannya juga akan menjadi semakin dekat karena anggotanya juga semakin sedikit. Jangan sampai lupa, ya! 

Binomial Nomenclature

Selain jenis klasifikasi dan urutan takson, kamu juga harus memahami pemberian nama spesies dengan sistem Binomial Nomenclature. Ada beberapa aturan yang harus dipahami dalam memberikan nama dengan sistem ini. Kuy, simak aturannya pada gambar di bawah ini! 

Apa Saja Prinsip dan Dasar Klasifikasi Mahkluk Hidup 2-1

Ada yang bisa memberikan keterangan untuk contoh penamaan di atas? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya! Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang dasar-dasar klasifikasi mahkluk hidup, kuy belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Tinggal colok usb-nya di HP-mu, dan kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja, lho. Kuy, dapatkan usb-nya sekarang, Squad! 

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X Biologi X

Beri Komentar