Apa Saja sih yang Dipelajari di Jurusan Kriminologi?

Shabrina Alfari

Sep 3, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan kriminologi

Artikel ini membahas lebih dalam mengenai jurusan Kriminologi, mulai dari apa saja yang akan dipelajari hingga prospek kerjanya

--

Kriminologi? Kira-kira akan belajar tentang apa ya? Apa bisa jadi detektif? Sebetulnya, kriminologi berasal dari dua kata, yaitu crimen yang berarti kejahatan dan logos yang berarti ilmu. Kriminologi merupakan sebuah ilmu sosial yang luas dan mempelajari gabungan dari beberapa ilmu lain.

“Kriminologi juga banyak dibilang sebagai interdisiplin atau juga multidisiplin karena memang gabungan dari beberapa ilmu lain seperti sosiologi, hukum, politik, komunikasi, psikologi dan sebagainya,” jelas Meisy mahasiswa Kriminologi UI yang dikutip dari youtube channel campuspolitan.

Lalu, apa saja sih yang akan dipelajari jika masuk ke jurusan Kriminologi ini? Bagaimana pula dengan prospek kerjanya? Apakah benar bisa jadi dektektif? Eits, daripada penasaran langsung saja yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa saja yang akan dipelajari di jurusan Kriminologi?

Pada program studi ini kamu akan melakukan penelitian sosial untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, penyimpangan dan pelanggaran hukum. Kamu akan belajar untuk melihat suatu tindak kriminal dari kacamata si pelaku dan juga korban.

jurusan kriminologiTindak kiriminal (Sumber: idntimes.com)

“Di jurusan kriminologi, kita melihat kejahatan bukan hanya sebatas pelanggaran hukum saja, tetapi juga sebagai sebuah fenomena sosial. Ada 4 fokus yang dibahas yaitu pelaku kejahatan, korban, kejahatan itu sendiri dan reaksi masyarakat. Jadi kita juga harus mengkaji nih bagaimana respon masyarakat terhadap kejahatan itu sendiri,” ungkap Meisy.

Seperti yang dilansir dari laman youthmanual, di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah. Seru banget ‘kan? Kamu juga akan menganalisa berbagai tindak kejahatan yang lingkupnya sangat luas, mulai dari kenakalan remaja kecil, hingga kejahatan yang bersifat gaib seperti santet, cybercrime, hingga terorisme yang berskala internasional.

Alasan kamu harus ambil jurusan Kriminologi

Suka nonton film atau serial TV yang bertema detektif atau misteri pembunuhan? Atau kamu ingin mencari tahu penyebab meningkatnya angka kejahatan? Prodi Kriminologi ini cocok banget untuk kamu. Dilansir dari laman youthmanual, dengan masuk ke jurusan ini kamu dapat menganalisa rahasia dan sisi gelap manusia.

jurusan kriminologiBerbicara dengan penghuni penjara (Sumber: ranker.com)

Kamu juga nggak hanya akan duduk di kelas dan mencatat penjelasan dosen. Kamu juga bisa duduk bareng dan berdiskusi dengan penghuni penjara, lho. Pastinya ini akan membuka mata kamu akan berbagai kejahatan dan pelanggaran yang pernah dilakukan di negara ini, baik itu oleh individu ataupun kolektif seperti orang-orang di pemerintahan.

Prospek kerja jurusan Kriminologi luas

Dibandingkan dengan jumlah kejahatan yang terus meningkat, profesi Kriminologi tergolong masih sedikit. Tak hanya di Indonesia, di dunia juga masih membutuhkan lebih banyak orang yang mampu berkecimpung di profesi ini.

jurusan kriminologiProspek kerja luas (Sumber: collegechoice.net)

“Sebenarnya hampir di setiap bidang kerja ada risiko kejahatannya. Jadi kalau untuk prospek kerja dari jurusan Kriminologi sendiri sebenarnya bisa kemana aja sih. Untuk alumni Kriminologi UI contohnya, ada yang bekerja di kepolisian, kejaksaan, BNN, BNPT, dan sebagainya,” ungkap Meisy.

Selain itu, kalau kamu peduli akan tindak kriminal korupsi yang merajalela, kamu pun punya kesempatan untuk berkarier di KPK. Kamu juga bisa menjadi penulis indepth yang mengupas secara mendalam berita-berita terkait tindak kriminal.

Seru banget ‘kan belajar di jurusan Kriminologi? Semakin tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts