Apa Saja Structure of Information Report Text?

Apa Saja Structure of Information Report Text?

Squad, kalian sudah pernah mengetahui tentang information report text belum sih? Dalam bahasa Indonesia, information report text bisa diartikan sebagai teks laporan informasi. Teks laporan informasi adalah bentuk teks yang berisi penjelasan detil ilmiah tentang suatu objek. Mau tau lebih lanjut mengenai jenis teks ini beserta strukturnya? Kuy!

Squad, penjelasan dalam information report text juga meliputi penjabaran fisik objek maupun penjabaran nonfisik. Penjabaran tersebut didapat dari fakta-fakta ilmiah yang dapat memberikan pemahaman pembaca mengenai objek pembahasannya. Oh iya, laporan informasi bukan sebuah teks berita, melainkan teks faktual ilmiah. Jangan sampai salah, ya!

Apa Saja Structure of Information Report Text?

Bentuk teks laporan informasi antara lain artikel-artikel ilmiah yang ada pada ensiklopedia. Tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk menginformasikan fungsi khusus suatu objek, atau dalam bahasa Inggris, to inform about certain functions of a participant.

Ternyata, teks laporan informasi itu hanya terdiri dari dua bagian. Kedua bagian tersebut adalah general classification dan descriptions. Apa sih maksudnya kedua bagian ini? Mari disimak! 

General Classification

General classification atau klasifikasi umum merupakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. Bagian ini menyatakan klasifikasi aspek umum untuk hal-hal seperti hewan, tempat umum, tanaman, dan lain-lain. Kayak apa tuh ya, contohnya? Contohnya seperti ini, Squad: Coconut tree is a tree of the palm family. It is one of tree which lives in tropical countries. It is a tall palm tree. Cocos nucifera is binomial name of its. Jangan tertukar dengan bagian deskripsi, ya! 

Descriptions

Descriptions (keterangan) merupakan bagian dari teks laporan informasi yang memberikan gambaran fenomena atau situasi yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat, kebiasaan maupun tingkah lakunya. Pada intinya, bagian ini menjabarkan klasifikasi yang disajikan secara ilmiah. Bagian ini dapat diidentifikasi dengan adanya penggunaan nama ilmiah objek yang dilaporkan, atau dengan penjelasan fitur-fitur dan fungsi khusus yang dimiliki oleh objek yang bersangkutan. Misalnya seperti kalimat yang satu ini, Squad! 

It can grow up to 30 m high. They have a single cylindrical trunk. At the top of the trunk there are pinnate leaves. They are about 3 to 4 m long and the pinnate 60 to 90 cm long. The fruit is oval and the diameter is about 30 cm long. It has thick husk and a hard shell. Inside the shell there is white meat and sweet liquid.

Mudah kan, Squad? Kalau kamu masih belum ngerti dan mau lebih paham lagi, yuk belajar pakai ruangbelajar! Kamu bisa nonton video belajar beranimasi, latihan soal, dan baca rangkuman hanya melalui 1 aplikasi aja, lho! Kuy, download sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar