Apa sih Teknologi Tak Ramah Lingkungan itu? | Biologi Kelas 9

Seno Aji Mei 14, 2018 • 5 min read


IPA kelas 9 smp materi tentang teknologi ramah lingkungan

Pernah gak sih, kamu naik motor atau jalan kaki di belakang metro mini atau kopaja? Terkadang asap knalpot yang keluar, sama hitamnya seperti air got yang mampet, dan itu berbahaya! Nah, teknologi atau mesin yang dipakai oleh metro mini atau kopaja itu bisa disebut dengan teknologi tidak ramah lingkungan, sehingga mengakibatkan asap hitam itu keluar. Memangnya apa ya bahayanya? Yuk kita pelajari apa yang bisa diakibatkan oleh teknologi tidak ramah lingkungan!

Mesin atau teknologi yang hasil buangannya berpotensi merusak lingkungan, bisa digolongkan sebagai teknologi tidak ramah lingkungan. Teknologi ini digunakan manusia karena penggunaan teknologi alternatif yang ramah lingkungan masih sulit dilakukan, kesulitan yang paling utama adalah biaya pembuatan dan perawatan yang masih mahal.

 

Polusi di KotaKabut polusi yang diakibatkan oleh manusia (sumber: sltrib.com)

Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi tidak ramah lingkungan yang sering kamu temui.

Mesin Kendaraan Bermotor

Seluruh mesin kendaraan bermotor yang masih menggunakan bahan bakar fosil termasuk dalam kategori tidak ramah lingkungan.

Asap Mesin DiselMantap asapnya, asap mesin disel (sumber: giphy.com)

Hal ini disebabkan karena dalam proses pembakaran pada mesin, bahan bakar yang terbakar menghasilkan beberapa gas, 2 di antaranya yang berbahaya adalah karbon dioksida dan karbon monoksida. Gas tersebut adalah gas beracun, selain itu karbon monoksida adalah salah satu penyebab terjadinya fenomena efek rumah kaca dan pemanasan global.

 Perubahan SuhuPemanasan global dan perubahan suhu akibat ulah manusia (Sumber: giphy.com)

Manusia berusaha mengurangi keluaran gas tersebut dengan memasang konverter katalis di knalpot. Zat-zat dan senyawa kimia di dalam konverter katalis bereaksi dengan karbon monoksida dan karbon dioksida untuk merubahnya menjadi uap air.

Semprotan Aerosol

Semprotan aerosol adalah semprotan yang menggunakan tekanan gas untuk menyemprotkan cairan yang tersimpan di dalamnya. Biasanya bisa kamu temukan dalam parfum, pengharum ruangan semprot, obat nyamuk sempot dan lain-lain.

Semprotan AerosolSemprotan aerosol (sumber: giphy.com)

Bahan yang digunakan untuk gas pendorongnya dahulu adalah CFC (Chloro Flouro Carbon), tetapi kemudian diketahui bahwa CFC jika terlepas ke udara dan mengendap bersamaan, dapat membuat lubang di lapisan ozon bumi.

Jika ozon berlubang, maka banyak efek negatif yang ditimbulkan. Misalnya, tidak tersaringnya radiasi matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit, kemudian karena ada lubang, maka tidak ada penahan panas matahari sehingga dapat mengganggu iklim dan cuaca.

Sejak tahun 1989, penggunaan CFC untuk semprotan aerosol sudah dilarang, sekarang semprotan aerosol menggunakan bahan lain sebagai gas pendorong, misalnya propana, DME, atau HFA.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel atau Uap

Sama seperti mesin mobil, pembangkit listrik tenaga diesel menggunakan solar sebagai bahan bakar untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik. Sementara pada pembangkit listrik tenaga uap, pembakaran batu bara digunakan untuk memanaskan air yang menghasilkan uap yang dimampatkan, sehingga bertekanan tinggi dan digunakan untuk memutar turbin.

Pembangkit Listrik                         Pembangkit listrik tenaga disel dan batu bara, salah satu penyebab utama polusi                                   (sumber: dnaindia.com)

Asap hasil pembakaran batu bara dan diesel seperti halnya mesin mobil, menghasilkan karbon dioksida dan karbon monoksida.

Turbin AnginTenaga angin, salah satu sumber kekuatan alam yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik (sumber: modernfarmer.com)

Dewasa ini, penggunaan teknologi tidak ramah lingkungan mulai ditinggalkan, manusia sudah menyadari bahwa penggunaan teknologi ini akan menghancurkan lingkungan dan tempat hidup manusia. Sehingga pada zaman sekarang manusia mulai mengganti dan beralih ke teknologi ramah lingkungan.

Mobil Ramah LingkunganTesla dan BMW i8, upaya manusia dalam menggantikan mobil bermesin konvensional

Penggunaan mesin konvensional pada kendaraan mulai digantikan oleh mesin listrik atau menggunakan teknologi hybrid, yaitu campuran antara motor listrik dan mesin konvensional. Pada bidang penyediaan listrik, penggunaan tenaga alam sekarang lebih disukai daripada memakai bahan bakar konvensional seperti batu bara, diesel, atau nuklir. Selain lebih aman, seperti sudah disebutkan di atas, tenaga alam tersedia kapan saja dan tak terbatas jumlahnya.

Nah udah tau dong Squad, kenapa kita harus beralih dari teknologi tidak ramah lingkungan ke teknologi yang ramah lingkungan. Supaya kamu lebih jelas dan paham lagi nih, coba kamu tonton video penjelasannya di ruangbelajar. Selain video tentang topik ini, di sana juga tersedia ribuan video dengan tema dan pembahasan yang berbeda untuk semua mata pelajaran, coba yuk!

ruangbelajar

Beri Komentar