Mengenal Kekhasan Atom Karbon | Kimia Kelas 11

Fahri Abdillah Des 22, 2017 • 4 min read


Kimia Kelas 11 : Atom Karbon

Hai RG Squad, siapa yang di sini anak IPA? Tahu nggak tentang atom karbon yang memiliki kekhasan tersendiri walau jenis dan jumlah senyawa karbon itu ada banyak. Hal inilah yang dapat membentuk senyawa dengan berbagai unsur dengan struktur yang bervariasi. Nah, untuk lebih lanjut memahami simak penjelasan berikut!

Kekhasan atom karbon

1. Atom karbon mempunyai nomor atom 6, dengan empat elektron valensi. Keempat elektron valensi membentuk pasangan elektron bersama dengan atom lain membentuk ikatan kovalen. Keempat elektron valensi ini dapat digambarkan sebagai tangan ikatan.

kekhasan atom karbon - struktur lewis atom karbon

2. Empat ikatan tangan yang dimiliki atom karbon dapat membentuk rantai dengan berbagai bentuk dan kemungkinan. Setiap kemungkinan menghasilkan satu jenis senyawa. Semakin banyak kemungkinan, semakin banyak jenis senyawa yang bisa dibentuk oleh atom karbon.

Beberapa kemungkinan rantai karbon yang dibentuk dapat dikelompokan berdasarkan:

rantai karbon

Jumlah ikatan

Ikatan tunggal, yaitu ikatan antara atom-atom karbon dengan satu tangan ikatan (sepasang elektron ikatan).

kekhasan atom karbon
  1. Ikatan rangkap dua, yaitu terdapat ikatan antara atom - atom karbon dengan dua tangan ikatan (dua pasang elektron ikatan).
  2. Ikatan rangkap tiga (ganda tiga), yaitu ikatan antara atom - atom karbon dengan tiga tangan ikatan (tiga pasang elektron ikatan).
kekhasan atom karbon
 
kekhasan atom karbon 

Bentuk rantai

1. Rantai terbuka (alifatis), yaitu rantai yang antar ujung-ujung atom karbonnya tidak saling berhubungan. Rantai jenis ini ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang.

 

kekhasan atom karbon

2. Rantai tertutup (siklis), yaitu rantai yang terdapat pertemuan antara ujung–ujung rantai karbonnya. Terdapat dua macam rantai siklis, yaitu rantai siklis dan aromatis.

kekhasan atom karbon

Posisi atom karbon di dalam rantai karbon

Berdasarkan jumlah atom karbon lain yang diikat, terdapat empat kemungkinan posisi atom C dalam rantai karbon, yaitu:

  1. Atom karbon primer
  2. Atom karbon sekunder
  3. Atom karbon tersier
  4. Atom karbon kuartener

Coba perhatikan gambar berikut: 

kekhasan atom karbon

Atom C1 hanya mengikat 1 atom C lainnya, atom C1 disebut atom karbon primer. Atom C2 mengikat 2 atom C lainnya, atom C2 disebut atom karbon sekunder. Atom C3 mengikat 3 atom C lainnya, atom C3 disebut atom karbon tersier, Atom C4 mengikat 4 atom C lainnya, atom C4 disebut atom karbon kuartener.

  • Atom karbon primer, yaitu rantai karbon yang hanya mengikat secara langsung satu atom karbon yang lain.
  • Atom karbon sekunder, yaitu atom karbon yang mengikat secara langsung dua atom karbon yang lain.
  • Atom karbon tersier, yaitu atom karbon yang mengikat secara langsung tiga atom karbon yang lain.
  • Atom karbon kuartener, yaitu atom karbon yang mengikat secara langsung empat atom karbon yang lain.

Nah, sekarang RG Squad sudah paham 'kan tentang atom karbon dan kekhasannya. Diperhatikan dan dicermati lagi ya setiap tahapannya, dan jangan lupa juga diingat-ingat rumusnya ya. Eits, jangan lupa juga buat daftar di ruangbelajar, kenapa? Karena kamu bisa belajar dengan video-video animasi, tentunya akan lebih mudah buat kamu belajar di mana pun dan kapan pun.

New Call-to-action

Beri Komentar