Merkantilisme: Pengertian, Latar Belakang, dan Dampak | Sejarah Kelas 11

Merkantilisme

Sistem ekonomi merkantilisme lahir di Eropa sebagai dampak dari Renaissance. Lalu, apa pengertian, latar belakang, dan dampak dari merkantilisme? Simak penjelasannya di Artikel Kelas 11 berikut ini!

 

Pernah gak sih kamu bertanya, kenapa kerajaan seperti Inggris, Prancis, dan Spanyol dulu pergi menjelajah dan mendirikan koloni baru? Jika jawabanmu “petualangan dan tantangan”, maka kamu benar. 

Namun, petualangan yang mereka lakukan itu bukan sekadar petualangan untuk jalan-jalan atau melancong ke daerah baru, melainkan ada misi lainnya! Wah, misi apa ya itu? 

Sssst sini aku bisikin. Salah satu misinya adalah, ingin menambah kekayaan negara! 

Waww. Misi inilah yang kemudian membuat kerajaan-kerajaan di Eropa memiliki sebuah sistem ekonomi yang bernama merkantilisme. Terus apa sih pengertian dari merkantilisme?

 

Gambaran Merkantilisme

Ilustrasi Mother Country dan Koloninya (cnx.org)

 

Pengertian Merkantilisme

Inget aja deh, kata merkantilisme berasal dari bahasa Inggris, guys, yaitu ‘merchantyang artinya pedagang.  

Jadi dapat disimpulkan, merkantilisme adalah sebuah paham ekonomi (bisa disebut juga sebagai sistem atau kebijakan ekonomi) untuk meningkatkan kekayaan suatu bangsa yang perekonomiannya diatur oleh pemerintah. 

Merkantilisme digunakan oleh negara-negara Eropa seperti Prancis, Spanyol, Inggris, Italia, Portugal, Belanda, dan Jerman pada sekitar abad ke-16 hingga abad ke-18

Para penganut merkantilisme percaya, kalau ukuran kemajuan suatu negara ditentukan oleh jumlah logam mulia yang mereka miliki. Logam mulia yang dimaksud adalah emas dan perak.

Nah, logam mulia ini bisa didapatkan dengan cara melakukan perdagangan dengan negara lain. Tapi, pada praktik merkantilisme, kegiatan impor harus lebih sedikit dari kegiatan ekspor.

Alasannya adalah, kalau nilai ekspor lebih besar daripada impor, maka perdagangan internasional yang dilakukan oleh suatu negara akan mengalami keuntungan. 

Sistem merkantilisme berjalan dengan skema dimana kerajaan disebut sebagai Mother Countryatau negara induk. Negara induk ini akan mengontrol semua perdagangan di koloni atau wilayah yang mereka duduki. Dalam hal ini, koloni dilarang untuk berdagang dengan koloni lain atau kerajaan lain. 

Intinya mah, si negara induk melakukan monopoli perdagangan bagi daerah koloninya ya, guys.

 

Skema merkantilisme

Skema Merkantilisme (Sumber: Youtube.com, saluran: Teach Social Studies)

 

Tujuan Merkantilisme

Jadi dapat disimpulkan kalau sistem ekonomi merkantilisme ini bertujuan untuk memperkuat kekayaan sebuah negara, caranya dengan mengumpulkan emas, perak, serta memonopoli perdagangan luar negeri. 

Alasannya, jika sebuah kerajaan mempunyai kekayaan berlimpah, kerajaan tersebut bisa melakukan apa saja, misalnya berperang dan mempertahankan daerah, riset untuk iptek, memajukan kebudayaannya, atau membuat koloni baru di tempat lain.

Gimana, udah kebayang ya pengertian dan tujuan dari merkantilisme? Tapi, kok bisa sih sistem merkantilisme ini terjadi? Langsung aja yuk simak latar belakang dari merkantilisme.

 

Latar Belakang Merkantilisme

Kamu ingat materi tentang Renaisans, kan? Kalo lupa, boleh baca-baca dulu deh nih artikel tentang Renaisans.

Baca Juga: Sejarah Renaissance (Renaisans): Pengertian, Faktor, Tokoh, & Pengaruhnya | Sejarah Kelas 11

Nah, selama era Renaisans, mulai bangkit kepercayaan terhadap kemampuan manusia. Intelektualisme juga semakin berkembang. Secara otomatis, manusia pada era tersebut juga mulai serius memikirkan tentang kesejahteraan yang pondasinya didasari oleh kekayaan. 

Maka dari itu, peran negara sangat dibutuhkan agar kehidupan masyarakatnya meningkat, mulai dari perekonomian, sosial, hingga politik. Caranya gimana? Salah satunya adalah dengan perdagangan.  Dalam hal ini, negara mendorong rakyatnya untuk aktif dalam berdagang. 

Kemudian, mulai deh tuh timbul kesadaran bahwa barang yang jumlahnya terbatas dan bernilai tinggi yang menjadi incaran untuk dikumpulkan. Barang yang dimaksud adalah logam mulia yang udah kita bahas di atas, ya. 

Terus, negara juga mulai memiliki kesadaran untuk melindungi dan mendukung perdagangan luar negeri, terutama dalam membuat kebijakan-kebijakan yang mendorong kegiatan ekspor. Secara tidak langsung, negara memiliki peran yang besar selama menjalankan sistem merkantilisme ini.

 

Tokoh-Tokoh Merkantilisme

Jadi guys, tercetusnya konsep merkantilisme sebenarnya ga muncul gitu aja. Sejak abad ke-14, sudah ada beberapa tokoh dan ilmuwan yang mencetuskan teori ekonomi yang beririsan dengan merkantilisme. 

Bisa dibilang, pemikiran mereka inilah yang kemudian menjadi landasan dari terciptanya merkantilisme. Pemikiran siapa aja sih emang? Nah, langsung aja yuk, kita simak tokoh-tokoh merkantilisme!

Jean-Baptise Colbert

 

1) Jean Bodin

Jean Bodin adalah seorang ilmuwan Prancis. Sebenarnya ia dikenal karena memiliki toleransi yang tinggi terkait perbedaan agama. Tapi, dia juga mencetuskan teori tentang uang dan harga. 

Menurut Bodin, ada lima faktor nih yang menyebabkan naiknya harga barang, yaitu melimpahnya logam mulia, monopoli, pola hidup mewah, ekspor-impor, dan penurunan nilai mata uang. 

2) Thomas Mun

Thomas Mun dikenal sebagai seorang penulis Inggris di bidang ekonomi. Teorinya yang terkenal adalah tentang neraca perdagangan. 

Nah, pernyataan tentang ekspor yang harus lebih banyak dari impor, itu idenya Mun yang tercantum dalam A Discourse of Trade, from England to the East Indies. 

Selain itu, Mun juga percaya bahwa kepemilikan emas merupakan tolak ukur paling utama bagi kekayaan suatu negara. 

3) Jean Baptiste Colbert

Jean Baptiste Colbert adalah seorang pengawas keuangan dan sekretaris negara Prancis, pada masa pemerintahan Raja Louis XVI. 

Colbert bertanggung jawab terhadap pengembangan perdagangan, industri dan angkatan laut pedagang, memodernisasi Paris, serta mendukung kemajuan baru dalam ilmu pengetahuan. 

Makannya, gak heran kalau pada masa itu Prancis sudah berhasil menjadi salah satu negara dengan kekuatan dominan di Eropa.

4) Antonio Serra

Antonio Serra dikenal sebagai seorang ekonom asal Italia. Menurutnya, ada empat faktor penting yang dapat dilakukan dalam mensejahterakan suatu negara, yaitu kapasitas produksi industri, keterampilan yang dimiliki masyarakat, perdagangan, dan kebijakan pemerintah. 

Keliatan kan guys, pemikiran dan teori dari empat tokoh barusan relate banget sama konsep merkantilisme yang udah kita bahas. 

 

Ciri-Ciri Merkantilisme

Oke, setelah kamu mengetahui pengertian, tujuan, latar belakang, dan tokoh-tokoh dari merkantilisme, sekarang simak ciri-ciri dari merkantilisme, yuk! Berikut beberapa ciri-ciri merkantilisme:

1) Mengumpulkan logam mulia sebanyak-banyaknya.

2) Melakukan perdagangan luar negeri.

3) Mencari keuntungan dari perdagangan sebanyak-banyaknya.

4) Menciptakan koloni di luar negeri. 

5) Meningkatkan ekspor, tapi melarang ekspor logam mulia.

6) Negara berperan mengatur dan mengawasi perekonomian.

Ciri-ciri merkantilisme barusan akhirnya mendorong beberapa perubahan, yang bisa dikatakan sebagai dampak dari merkantilisme. Emang dampak merkantilisme ada apa aja sih?

 

Dampak Merkantilisme

 

Dampak Merkantilisme

1) Memantik Revolusi Amerika

Inget nih, salah satu ciri dari merkantilisme adalah mother country atau negara induk menciptakan koloni di luar negeri. Nah, salah satu negara yang berperan sebagai negara induk adalah Kerajaan Inggris. 

Pada masa itu, Kerajaan Inggris membentuk koloni di wilayah Amerika. Ternyata, kolonisasi yang dilakukan oleh Kerajaan Inggris memantik terjadinya revolusi karena monopoli dagang dan penarikan pajak yang menyengsarakan rakyat. 

Baca Juga: Sejarah Revolusi Amerika dan Dampaknya pada Dunia | Sejarah Kelas 11

2) Berkembangnya kolonialisme dan imperialisme

Ternyata, kolonisasi yang dilakukan oleh negara-negara di Eropa untuk mengumpulkan kekayaan berdampak pada munculnya kolonialisme dan imperialisme. 

Dalam hal ini, bangsa barat berlomba-lomba mencari daerah jajahan baru. Termasuk daerah mana guys yang kena jajah gara-gara merkantilisme ini? Yap, Nusantara yang sekarang kita kenal sebagai Indonesia. 

3) Aktifnya perdagangan internasional 

Balik lagi ke prinsip utama dalam merkantilisme, yaitu berdagang, maka aktivitas perdagangan khususnya perdagangan internasional pun meningkat drastis. 

Bahkan, perdagangan internasional ini terjadi hingga ke hampir seluruh wilayah dunia, termasuk Asia dan Afrika. 

4) Penjelajahan samudra meningkat pesat

Selain untuk mencari wilayah koloni, penjelajahan samudra dilakukan untuk mencari sumber bahan baku yang bernilai. Selanjutnya, bahan baku tersebut akan diolah  dan dijadikan komoditas ekspor oleh negara induk.

5) Munculnya bank dan perusahaan asuransi

Setelah merkantilisme diterapkan di Eropa, secara perlahan-lahan mulai muncul orang-orang kaya dong yaa. Nah, untuk melindungi keamanan harta benda yang mereka miliki, bank dan perusahaan asuransi pun didirikan. Salah satunya adalah pendirian Banca Monte dei Paschi yang merupakan bank pertama di dunia, yang didirikan di Italia. 

6) Berdirinya kongsi dagang Eropa

Terciptanya negara koloni dan berlangsungnya perdagangan internasional kemudian mendorong berdirinya kongsi dagang Eropa. Misalnya seperti kongsi dagang asal Inggris, yaitu EIC, dan kongsi dagang asal Belanda, yaitu VOC.

 

Pengaruh Merkantilisme dalam Kehidupan Modern

Menurut kamu, zaman sekarang merkantilisme masih ada gak sih? Jawabannya enggak ya, guys. Kalau diperhatikan, merkantilisme tuh ngumpulin kekayaannya dengan cara yang kurang lazim gak sih. Yaa sebut aja dengan cara kolonisasi atau penjajahan. 

Zaman sekarang kan udah gak boleh tuh yang namanya menjajah negara lain (eh tapi masih ada sih yang sampai sekarang masih menjajah. *ups). 

Nah tapi, saat ini, ada juga nih sistem ekonomi yang mirip-mirip kayak merkantilisme. Namanya kapitalisme. Bisa dibilang, kapitalisme itu cucunya dari merkantilisme deh. Kamu boleh baca-baca lebih lengkap tentang kapitalisme di artikel ini ya. 

Baca Juga:  Macam-macam Sistem Ekonomi.

Walaupun merkantilisme udah gak ada, tapi sisa atau jejaknya masih ada, guys. Misalnya, saat ini kita jadi kenal yang namanya monopoli pasar, memprioritaskan ekspor, meminimalisir impor, dan hadirnya peran pemerintah terhadap perekonomian sebuah negara. 

Gimana, sekarang kamu jadi tahu kan kenapa pada sekitar abad ke-16 hingga ke-18 terjadi kolonialisme dan imperialisme di banyak wilayah dunia, bahkan termasuk Indonesia? Hal ini disebabkan karena negara-negara Eropa pada masa itu sedang berlomba-lomba mencari kekayaan lewat tanah yang mereka jadikan koloni. 

Oke deh, semoga kamu udah paham yaa tentang konsep merkantilisme, mulai dari pengertian, latar belakang, ciri-ciri, hingga dampak dari merkantilisme. Tapi, kalau kamu mau tau lebih dalam tentang merkantilisme, boleh banget loh cek materi lebih lengkapnya di Ruangbelajar!

CTA Ruangguru

Sumber referensi:

Hapsari, R. Adil, M. (2016) Sejarah untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Antonio Serra [daring]. Tautan: https://www.hetwebsite.net/het/profiles/serra.htm (Diakses: 22 September 2023)

Jean-Baptise Colbert [daring]. Tautan: https://en.chateauversailles.fr/discover/history/great-characters/jean-baptiste-colbert#:~:text=Jean%2DBaptiste%20Colbert%2C%20Comptroller%2D,new%20advances%20in%20the%20sciences. (Diakses: 22 September 2023)

Jean Bodin [daring]. Tautan: https://iep.utm.edu/jean-bodin/#SH4a (Diakses: 22 September 2023)

Mercantilism [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/money/topic/mercantilism (Diakses: 21 September 2023)

Mercantilism [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/money/topic/mercantilism (Diakses: 21 September 2023)

Thomas Mun [daring]. Tautan: https://www.britannica.com/biography/Thomas-Mun (Diakses: 22 September 2023)

Sumber foto:

Foto ilustrasi merkantilisme [Daring]. Tautan: https://cnx.org/contents/om58Z9rT@3/%F0%9F%93%9D-Mercantilism (Diakses: 25 November 2020)

Foto skema merkantilisme [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=gMYo07DESRs (Diakses: 25 November 2020)

GIF lempar uang [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/news-breaking-nowthis-3o85xocwDAut8lqT9S (Diakses: 25 November 2020)

GIF Metal Slug 2 game [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/metal-slug-p6jQUdpkStYhW (Diakses: 25 November 2020)

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Seno Aji, kemudian diperbarui tanggal 22 September 2023 oleh Laras Sekar Seruni

Laras Sekar Seruni