Apa yang Harus Orang Tua Siapkan Ketika Anak Ingin Menjadi Atlet?

Andrea Lidwina

Jan 9, 2019 • 3 min read

parenting


anak ingin jadi atlet

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih anak untuk masa depannya, salah satunya menjadi atlet. Namun, untuk menjadi seorang atlet sukses dan profesional, anak akan melalui persiapan dan proses yang panjang. Oleh sebab itu, Smart Parents perlu membantu dan mendukung anak dengan menyiapkan 4 hal berikut ini. Yuk, mari cari tahu apa saja hal-hal tersebut!

1. Mengatur jadwal kegiatan anak

anak ingin jadi atlet

Orang tua perlu membantu anak menyusun jadwal kegiatannya (Sumber: verywellfamily.com)

Smart Parents, bakat dan keahlian anak dalam olahraga harus rutin diasah dan dilatih agar mereka bisa menjadi atlet yang sukses. Akan tetapi, anak masih memiliki kegiatan-kegiatan lain, seperti belajar di sekolah, mengerjakan tugas, dan bermain bersama teman. Jadi, Anda perlu membantu anak untuk mengatur jadwal hariannya dan menyeimbangkan tiap kegiatannya agar mereka tidak jenuh, justru semakin tekun menggapai cita-citanya.

2. Menjaga kesehatan anak

anak ingin jadi atlet

Makanan bergizi tinggi bisa menambah energi anak saat berlatih maupun bertanding (Sumber: masterfile.com)

Untuk menjadi atlet, anak membutuhkan tubuh yang sehat dan kuat. Selain latihan fisik yang diberikan oleh pelatihnya, Smart Parents perlu memerhatikan jenis makanan yang disantapnya dan mengatur pola makannya. Sebab, makanan yang bergizi akan memberikan energi yang sesuai untuk kebutuhan anak berolahraga.

Selain itu, Anda perlu mengetahui dan memahami penanganan yang tepat jika anak mengalami cedera sewaktu berlatih atau bertanding. Penanganan ini akan berguna bagi pemulihan dan kondisi tubuh anak selanjutnya sehingga perlu diperhatikan dengan cermat ya, Smart Parents.

3. Menyiapkan anggaran untuk latihan anak

anak ingin jadi atlet

Orang tua perlu menyiapkan tabungan dan anggaran khusus untuk latihan anak (Sumber: gobankingrates.com)

Rajin latihan merupakan persiapan utama anak guna menjadi atlet. Oleh karena itu, Smart Parents perlu menyiapkan anggaran khusus untuk latihan anak. Hal ini juga dikatakan oleh pebulutangkis Indonesia Anthony Ginting sebelum ia bergabung dengan Pelatnas. “Nyari privat sendiri, bayar lapangan sendiri, jadi investasi sendirilah. Memang ngeluarin banyak tenaga dan biaya juga dari orang tua,” jelas Ginting.

Jadi, Smart Parents harus bersiap-siap membayar pelatih, menyewa tempat latihan, dan membayar biaya pendaftaran untuk berbagai pertandingan dalam perjuangan anak menjadi atlet.

4. Menyiapkan mental anak guna menghadapi kompetisi

anak ingin jadi atlet 

Mengajak anak berbicara dan menanamkan rasa percaya diri penting untuk membangun mental mereka (Sumber: pbs.org)

Selain fisik, persiapan lain yang tak kalah penting adalah mental anak. Smart Parents perlu menumbuhkan sikap pantang menyerah dan percaya diri pada anak, mulai dari latihan sehari-hari hingga waktu bertanding, sehingga mereka mampu mengalahkan rasa gugup dan lelah. Mental baik yang dimiliki anak akan membuatnya siap menghadapi berbagai macam lawan dan situasi pertandingan, menang maupun kalah.

Walaupun banyak yang harus Smart Parents siapkan demi mendukung cita-cita anak menjadi atlet, semuanya tentu akan terbayar ketika mereka berhasil dan sukses, bahkan mengharumkan nama Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus setia mendukung perjuangan anak.

Bentuk dukungan itu juga bisa Smart Parents tunjukkan dengan mengenalkan anak pada ruangbelajar. Melalui aplikasi ini, anak bisa mendapatkan berbagai macam materi pelajaran dalam bentuk video beranimasi, latihan soal, infografis, dan rangkuman. Dengan demikian, anak tetap bisa belajar melalui gadget-nya di sela-sela waktu latihan. Smart Parents, ayo daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts