Apakah Anak Harus Kuliah di Luar Kota?

Rizky Rahmatunnisa

Feb 27, 2019 • 4 min read

parenting


kuliah di luar kota

Artikel ini membahas tentang berbagai alasan yang meyakinkan orang tua apakah anak harus kuliah di luar kota atau tidak.

-

Tidak sedikit orang tua yang khawatir jika anaknya kuliah di luar kota. Alasannya beragam, mulai dari ketakutan akan keamanan, biaya hidup, kenyamanan, kesehatan, hingga masalah pergaulan. Meski bukan keputusan mudah, sebenarnya mendukung anak kuliah di luar kota berarti membuka jalan yang lebih besar baginya untuk menghadapi dunia. Mengapa? Karena bukan hanya tentang menuntut pendidikan yang lebih baik atau sesuai keinginan. Lebih dari itu, kuliah di luar kota dan terpisah dari orang tua dapat membentuk pribadi anak yang lebih mandiri dan kuat. Berikut beberapa alasan lainnya untuk lebih meyakinkan Anda apakah anak harus kuliah di luar kota atau tidak.

1. Jurusan yang diinginkan hanya ada di luar kota

kuliah di luar kota

Suasana perkuliahan (Sumber: nsu.edu)

Salah satu kebahagiaan anak adalah menuntut ilmu di tempat dan jurusan yang sesuai dengan keinginannya. Namun, apa boleh buat jika jurusan yang diinginkan anak Anda hanya ada di luar kota. Jangan sampai, hanya karena Anda tidak mau terpisah dengan anak membuat Anda melarangnya kuliah di luar kota dan memintanya memilih jurusan atau universitas yang bukan keinginannya. Bukannya semangat, bisa jadi anak Anda jadi malas kuliah.

2. Meningkatkan life skills dan problem-solving skill

kuliah di luar kota

Daftar life skills (Sumber: commons.wikimedia.org)

Mengizinkan anak berkuliah di luar kota akan membuatnya mampu mengurus diri sendiri. Agar ia tidak harus selalu bergantung pada orang tua. Selain itu, kuliah di luar kota akan memberikan berbagai tantangan baru yang belum pernah didapatkan selama tinggal bersama dengan orang tua. Tentu, hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan life skills dan kemampuan memecahkan masalahnya.

Percayalah Smart Parents, segala kesulitan, tantangan, dan masalah hidup yang akan dihadapi anak selama kuliah di luar kota atau terpisah (sementara waktu) dari Anda dapat membuatnya lebih memahami kekuatan sebenarnya yang ada di dalam dirinya.

3. Membuat anak lebih menghargai budaya sendiri dan orang lain

kuliah di luar kota

Kuliah di luar kota membuat anak bisa bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang budaya (Sumber: thekatynews.com)

Ketika tumbuh dewasa, anak akhirnya menerima berbagai hal, termasuk budaya yang telah menjadikannya seperti sekarang. Dengan kuliah di tempat yang berbeda dari tempat asal, anak akan lebih banyak bertemu berbagai orang dari berbagai latar budaya. Hal ini akan membuatnya lebih menghargai budayanya sendiri maupun orang lain, serta meningkatkan kemampuannya melakukan filter pada budaya mana yang baik ia ikuti dan mana yang tidak.

4. Memberi kesempatan kepada anak untuk lebih berkembang

kuliah di luar kota

Mahasiswa mengikuti kegiatan KKN di pedesaan (Sumber: panjimas.com)

Kuliah di luar kota membuka jalan anak terhadap berbagai kesempatan. Misalnya mengunjungi berbagai destinasi baru, melakukan hal-hal baru seperti kerja part time, magang, KKN, mengikuti komunitas, membangun relasi, serta membuka kesempatan kerja yang lebih luas.

Mengizinkan anak kuliah di luar kota dan membebaskannya membuat keputusan sendiri akan memberikannya rasa kepemilikan dan tanggung jawab lebih. Jangan heran sekembalinya ia ke rumah, ia akan menjadi anak yang lebih mandiri dan bertanggung jawab, setidaknya untuk dirinya sendiri. Tentu ini akan baik tidak hanya untuk dirinya tapi juga Anda sebagai orang tuanya, orang pertama yang membukakan jalan baginya untuk lebih berkembang.

Sekarang, terserah Anda untuk memutuskan apakah anak harus kuliah di luar kota atau tidak. Intinya pertimbangkan segala aspeknya, termasuk kekurangan dan kelebihannya. Karena Anda yang paling tahu potensi dan kemampuan anak Anda. Meski begitu, libatkan anak dalam segala keputusan terkait masa depannya. Karena pada akhirnya ia yang akan menjalaninya, bukan Anda.

Nah Smart Parents, bukan rahasia umum jika saat ini untuk masuk ke perguruan tinggi harus melalui serangkaian tes dan menghadapi banyak pesaing. Untuk itu, bantu anak Anda mengejar impiannya dengan belajar lewat ruangbelajar. Selain tersedia materi dari semua mata pelajaran, terdapat juga materi untuk persiapan SBMPTN lho. Jadi, tunggu apalagi?

ruangbelajar

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Recent Posts