Berubah Lagi! 5 Aturan Baru Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020

Shabrina Alfari Mar 9, 2020 • 9 min read


aturan baru UTBK SBMPTN 2020

Artikel ini memberikan informasi terbaru terkait perubahan aturan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020

--

Wah, ada perubahan lagi mengenai proses pendaftaran dan pelaksanaan tes seleksi UTBK SBMPTN 2020. Kira-kira apalagi ya perubahannya? Ternyata, kali ini LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi selaku penyelenggara resmi dari UTBK SBMPTN 2020 kembali menerapkan sistem dua kali UTBK pada tahun 2020, mirip dengan UTBK tahun 2019 lalu.

Berdasarkan hasil analisis tim Kajian dan Pengembangan LTMPT menunjukkan bahwa peserta UTBK tahun 2019 yang mengikuti tes 2 kali pada kelompok bidang yang sama mendapatkan nilai yang tidak berbeda baik di bidang Saintek (TPS dan TKA Saintek) atau bidang Soshum (TPS dan TKA Soshum).

Baca juga: 6 Perubahan UTBK 2020 yang Nggak Boleh Kamu Lewati

Dari siaran pers resmi LTMPT, dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020, tanggal 24 Januari 2020, disebutkan bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN dilaksanakan dengan prinsip fleksibel, yaitu diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh paling banyak 2 (dua) kali UTBK. Masih bingung? Coba baca lebih jeli poin-poin berikut ini ya.

1. Jadwal UTBK tahun 2020

A. Tahap 1

  • Pendaftaran UTBK Tahap Ke-1: 30 Maret - 11 April 2020
  • Tes UTBK Tahap Ke-1: 20 April - 26 April 2020
B. Tahap 2
  • Pendaftaran UTBK Tahap Ke-2: 14 April - 16 April 2020
  • Tes UTBK Tahap Ke-2: 1 Mei - 3 Mei 2020
 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Hari ini, Senin, 9 Maret 2020. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi mengeluarkan siaran pers mengenai peraturan dan jadwal UTBK 2020 yang baru! ⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Pada peraturan sebelumnya, LTMPT berencana akan menyelenggarakan UTBK satu kali dalam satu minggu full, namun kini LTMPT kembali mengubah aturan tersebut setelah melakukan kajian ulang! Sama halnya seperti tahun lalu, tahun ini UTBK bisa kamu ikuti pada dua tahap yang disediakan, artinya kamu bisa ikut tahap pertama atau tahap dua, atau kamu juga boleh mengikuti dua tahap sekaligus!⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Ini artinya kesempatan buat kamu untuk meningkatkan nilai UTBK! Ruangguru selalu siap membantu kamu dalam meraih PTN yang kamu impikan! Ayo langganan Ruangguru sekarang! Kamu bisa pilih ruangbelajar paket SBMPTN + STAN! Langganan sekarang juga dan siap #JemputKampusImpian kamu!⁣⁣⁣⁣ Sumber: LTMPT ⁣⁣⁣⁣ Ayo berjuang bersama Ruangguru teman-teman! #Rogupdate #SBMPTN #SNMPTN #UTBK #UJIAN #LTMPT

A post shared by Ruangguru | Bimbel Online No 1 (@ruangguru) on

2. Biaya pendaftaran peserta KIP Kuliah

Pemilik Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti satu kali UTBK (pada tahap ke-1 atau tahap ke-2). Peserta Pemilik Nomor Pendaftaran KIP Kuliah akan dikenakan biaya UTBK untuk keikutsertaan tes yang kedua kalinya, dengan biaya sebesar Rp200.000 (untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300.000 (untuk kelompok ujian Campuran)

3. Biaya pendaftaran peserta Non-KIP Kuliah

Peserta Non-KIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK, baik Tahap ke-1 maupun Tahap ke-2, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000 (untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum) dan Rp300.000 (untuk kelompok ujian Campuran)

4. Ketentuan pilihan kelompok ujian UTBK

Peserta yang mengikuti tes UTBK dua kali, Kelompok Ujian yang diambil harus sama antara tes UBTK Tahap ke-1 dan Tes UTBK Tahap ke-2

5. Jadwal pengumuman hasil UTBK

Pengumuman hasil UTBK Tahap ke-1 dan Tahap ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2020.

Sudah dicatat atau dipahami dengan baik? Segera sebarkan berita terbaru terkait UTBK SBMPTN 2020 ini kepada teman, adik, kakak, atau kenalan kamu yang lain ya. Walaupun kamu diberikan dua kesempatan dalam UTBK kali ini, jangan sampai persiapanmu melonggar dan menjadikanmu lalai. Ayo, terus perbanyak persiapanmu dengan video beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar