Ayo Cari Tahu tentang Jurusan Ekonomi Syariah!

Andrea Lidwina Feb 22, 2019 • 2 min read


jurusan ekonomi syariah

Artikel ini membahas tentang perkuliahan dan prospek kerja dari jurusan Ekonomi Syariah

--

Indonesia, dengan mayoritas penduduk beragama Islam, menghadirkan perbankan ekonomi syariah untuk menghindari sistem riba dalam kegiatan transaksi sehari-hari. Sekarang ini, ada sekitar puluhan bank umum, unit usaha, dan lembaga keuangan yang berbasis syariah lho, Squad! Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah sehingga peluang kerja di bidang ini buat kamu di masa depan sangatlah cerah.

Kamu bisa meniti karier di berbagai lembaga keuangan, baik bank maupun nonbank, baik berbasis syariah maupun nonsyariah, misalnya:

  • Instansi pemerintah (Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Kementerian Keuangan)
  • Perbankan dan asuransi syariah (BNI Syariah, BRI Syariah, dan Takaful)
  • Lembaga keuangan internasional (Islamic Development Bank)
  • Lembaga keuangan syariah lainnya (Pasar Modal Syariah dan Pegadaian Syariah)
  • Lembaga pendidikan, penelitian, dan konsultan

Posisi yang bisa Squad isi di berbagai lembaga tersebut pun beragam. Mulai dari jadi akuntan, auditor, analis keuangan, ahli ekonomi, dosen atau pengajar, hingga penasihat keuangan pribadi. Banyak sekali ‘kan, Squad?

jurusan ekonomi syariah

Berbagai lembaga keuangan bisa menjadi tempat Squad bekerja setelah lulus dari jurusan Ekonomi Syariah (Sumber: industry.co.id)

Nah, mereka yang bekerja di lembaga-lembaga itu umumnya lulus dari jurusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu, teori, dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas dari perspektif Islam. Sebab, dalam ajaran agama Islam, nilai dan hukum setiap kegiatan ekonomi (seperti jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil, dan lain-lain) telah diatur. Jadi, setelah masuk ke jurusan ini, Squad akan paham bagaimana pengelolaan keuangan dan bisnis dalam Islam.

Untuk masuk ke jurusan Ekonomi Syariah, kamu bisa memilihnya (umumnya termasuk dalam Fakultas Ekonomi) di beberapa perguruan tinggi negeri, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, dan masih banyak lagi. Prosedur dan syarat yang harus dilalui sama dengan jurusan-jurusan lain ya, Squad, sesuai dengan jalur pendaftaran yang kamu pilih.

Squad, tertarik jadi mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah? Yuk, persiapkan diri dari sekarang! Kamu bisa mengakses ruangles untuk mencari guru privat sesuai mata pelajaran yang ingin kamu pahami. Bapak atau ibu guru akan datang ke rumah dan siap membantu kamu belajar. Jangan lupa daftar sekarang ya.

New Call-to-action

Beri Komentar