Contoh Kalimat Expression of Wish and Hope | Bahasa Inggris Kelas 9

expression of wish and hope

Artikel Bahasa Inggris kelas 9 ini membahas mengenai cara mengungkapkan harapan dan keinginan dalam bahasa Inggris (expression of wish and hope) disertai contoh dialognya.

Pernahkah kamu memiliki harapan atau keinginan yang belum tercapai? Misalnya ingin memiliki istana, pergi ke bulan, atau melakukan perjalanan keliling dunia. Tidak ada salahnya lho, jika kamu ingin berharap atau berkeinginan. Tapi, jangan lupa untuk bekerja keras supaya bisa mewujudkannya ya! 

Nah, tetapi apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengungkapkan harapan dan keinginan dalam bahasa Inggris? Ungkapan ini disebut dengan Expression of Wish and Hope. Seperti apa sih, contohnya? Kuy, simak contohnya di bawah ini! 

contoh percakapan expression of wishes and hope

 

Kira-kira, apa maksud dari percakapan di atas, ya? Dari percakapan di atas, dapat dipahami bahwa kemarin Ojan sakit, sehingga tidak bisa masuk sekolah. Oleh karena itu, Rina mendoakan Ojan agar cepat sembuh melalui kalimat “I hope you get better soon”. Selain contoh di atas, masih ada banyak lagi contoh pengucapannya di dalam kalimat, lho!

 

Expression of Wish

Tahukah kamu, ungkapan wish berfungsi sebagai kata benda (noun) sekaligus kata kerja (verb) yang artinya adalah ingin atau mengharapkan. Ada dua bentuk ungkapan wish yang bisa digunakan. Apa saja, ya?

 

1. Wish + Noun

Kamu bisa menggunakan ungkapan wish + noun jika ingin mengungkapkan harapan kalian untuk orang lain. Biasanya, bentuk ungkapan seperti ini kita gunakan untuk mendoakan kesuksesan, kesehatan, dan keberhasilan orang lain. Contoh kalimatnya antara lain:

  • I wish you luck on your debate competition (aku harap kamu sukses dalam menjalani lomba debat).
  • She wishes me happiness (dia mendoakan agar aku selalu bahagia). 

 

2. Wish + To Infinitive

Penggunaan kata wish yang diikuti to infinitive mempunyai arti yang sama dengan “I want to …”, akan tetapi, biasanya digunakan pada saat yang lebih formal. Contoh kalimatnya:

  • I wish to celebrate Christmas with my family next year (Aku harap aku bisa merayakan natal bersama keluargaku tahun depan).
  • Theo wishes to get the first rank on this new semester (Theo ingin mendapatkan peringkat pertama di semester baru ini). 

Baca Juga: Contoh Ucapan Selamat (Congratulation) dalam Percakapan Bahasa Inggris

 

Expression of Hope

Seperti kata wish, hope juga bisa berfungsi sebagai noun dan verb yang memiliki arti harapan atau berharap. Dibandingkan kata wish, kata hope memiliki harapan yang tingkat kemungkinannya sangat tinggi. Ada 2 jenis penggunaan kata hope. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini! 

 

1. Hope + To Infinitive

Kata Hope yang diikuti oleh to infinitive digunakan untuk menyatakan harapan dan niat di masa depan. Contoh kalimatnya antara lain:

  • She hopes to be a successful designer (dia berharap bisa menjadi desainer yang sukses).
  • I hope to see you again one day (saya harap bisa bertemu kembali denganmu suatu hari nanti). 

 

2. Hope (that)

Kata ‘hope (that)’ digunakan ketika ada subjek baru yang muncul di dalam that-clause tersebut. Subordinator that pada that-clause tersebut boleh saja dihilangkan, sehingga hanya menyisakan subjek dan predikatnya saja. Contoh kalimatnya antara lain:

  • Rudi hopes that Mr. Subagyo can consider his idea for our school’s farewell (Rudi harap pak Subagyo bisa mempertimbangkan idenya untuk acara perpisahan sekolah).

contoh kalimat expression of wish and hope

 

Semoga setelah membaca materi tentang contoh kalimat expression of wish and hope di artikel ini, kamu bisa lebih jago lagi dalam mengungkapkan harapan dan keinginan dalam bahasa Inggris, ya! Supaya makin jago, yuk belajar bersama kakak Master Teacher di ruangbelajar! Pahami materi lebih mudah dan asah kemampuanmu dengan berlatih macam-macam soal di sana.  

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Embun Bening Diniari