Bagaimana Menyebutkan Waktu dalam Bahasa Inggris?

Bagaimana Menyebutkan Waktu dalam Bahasa Inggris?

Squad, siapa di antara kalian yang sering terlambat datang ke sekolah? Beberapa dari kalian datang terlambat karena salah lihat jam, ya? Jangan sampai terulang lagi ya! Psst, tahukah kamu cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris? Bagaimana mennyebutkan waktu dalam bahasa Inggris, ya? Yuk, sekarang kita belajar bersama! Oh iya, jangan lupa dibaca juga materi tentang preposition of time terlebih dahulu! 

Squad, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris. Kita bahas satu persatu, ya!

Penyebutan jam yang pertama adalah penyebutan jam untuk waktu yang tepat. Contohnya, jam 11.00. Dalam bahasa Inggris, jam 11.00 dibaca dengan eleven o'clock. Lalu, kalau jam 12.00, dibacanya twelve o'clock, dong? Yap! Betul sekali. Begitupula dengan jam 02.00, yang bisa dibaca dengan two o'clock

Penyebutan jam yang kedua bisa kamu lakukan dengan menyebutkan jamnya terlebih dahulu, baru kemudian diikuti dengan menitnya. Contohnya antara lain 4:10 (dibaca four ten); 9:30 (dibaca nine thirty); 11:45 (dibaca eleven forty five); dan 3:07 (dibaca three o seven). 

Nah, kalau ingin menyebutkan menitnya terlebih dahulu baru jamnya, bisa tidak ya? Bisa dong, baik untuk jam kurang maupun lebih! Contohnya antara lain 5:10 (dibaca ten past five); 6:20 (dibaca twenty past six); dan 10:25 (dibaca twenty five past ten). Untuk jam yang menunjukkan waktu kurang, contohnya antara lain 4:35 (dibaca twenty five to five atau jam 5 kurang 25 menit); 8:50 (dibaca ten to nine atau jam 9 kurang 10 menit); dan 9:45 (dibaca fifteen to ten atau jam 10 kurang 15 menit).

Kamu juga bisa menyebutkan 30 menit dengan kata ‘half’ dan 15 menit dengan kata ‘quarter’. Misalnya 3.15 (dibaca a quarter past two); 4:30 (dibaca half past four); dan 7.45 (dibaca a quarter to eight).

Untuk penyebutan jam dalam bahasa Inggris juga dikenal istilah A.M dan P.M. A.M. adalah kependekan dari ante merediem yang digunakan untuk menunjukkan waktu antara jam 00.00 sampai pukul 11.59. Sedangkan, P.M. adalah kependekan dari post merediem yang digunakan untuk menjelaskan waktu antara 12.00 sampai 23.59. Contohnya adalah 5.15 a.m. (a quarter past five a.m.). Eits, kalau kamu ingin memberikan keterangan waktu selain A.M. dan P.M. juga boleh, lho! Keterangan waktu yang digunakan antara lain in the morning, in the afternoon, in the evening, atau at night. Contohnya antara lain 7.20 p.m. yang juga bisa dibaca dengan twenty past seven in the evening.

Squad, mudah kan cara membaca waktu dalam bahasa Inggris? Supaya makin ahli, yuk berlatih bersama di Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa belajar dengan teman-teman seluruh Indonesia cuma lewat group chat. Seru banget, kan? Selain itu, kamu juga bisa dapat modul belajar yang super lengkap dan pastinya ngebantu kamu belajar banget! Yuk, ikutan Ruangguru digitalbootcamp sekarang. Sampai ketemu!

New Call-to-action

Beri Komentar