Bagaimana Pengelolaan Uang Rupiah?

Ekonomi_10

Squad, dalam satu hari kamu bisa menghabiskan berapa ribu rupiah? Rp 5.000? Rp 10.000 ? Atau 20.000? Sadar tidak sadar hampir segala hal di dunia ini “membutuhkan” uang. Uang telah menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan kita. Tapi kamu penasaran tidak darimana uang itu berasal? Siapa yang membuatnya? Bagaimana pengelolaannya? Yuk cari tahu!

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia (Sumber: merdeka.com)

Nah, di Indonesia sendiri pengelolaan uang dilakukan oleh Bank sentral Republik Indonesia yaitu Bank Indonesia. Sudah tahu kan Squad tugas dan wewenang Bank Sentral yang sebelumnya kita bahas. Cek disini Tugas dan Wewenang Bank Sentral.

Sehubungan dengan tugas dan wewenang tersebut, Bank Indonesia diberikan kewenangan untuk mengedarkan uang rupiah kepada masyarakat. Agar Bank Indonesia dapat menyediakan uang rupiah dalam jumlah yang cukup, tepat waktu dan layak untuk masyarakat, maka perlu dilakukan pengelolaan yang baik, bertanggung jawab dan transparan. Hal ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 14/7/PBI/2012 bahwa Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang melakukan pengelolaan uang rupiah, meliputi tahap perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan uang rupiah. Yuk bahas satu-satu!

Bagan pengelolaan uang rupiah Bagan pengelolaan uang rupiah

a. Tahap Perencanaan


Perencanaan dilakukan agar uang yang dikeluarkan memiliki kualitas baik sehingga kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Perencanaan yang dilakukan BI meliputi perencanaan pengeluaran emisi baru dengan mempertimbangkan tingkat pemalsuan, nilai intrinsik uang, serta masa edar uang. Selain itu, dilakukan pula perencanaan terhadap jumlah serta komposisi pecahan uang yang akan dicetak selama satu tahun mendatang.

Baca Juga: Tujuan, Peran, dan Cara Kerja Koperasi

b. Tahap Pencetakan

 

Pada tahap pencetakan rupiah, BI menunjuk Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) untuk melakukan pencetakan uang rupiah. Hasil cetakan oleh Perum Peruri akan diperiksa dengan seksama, hasil cetak sempurna akan diberikan kepada Bank Indonesia.

c. Tahap Pengeluaran dan Pengedaran

 

Nah, pada tahap pengeluaran dan pengedaran uang Rupiah ini dilakukan oleh Bank Indonesia. Pengedaran uang dilakukan dengan Bank Indonesia dengan mengirimkan uang dari Kantor Pusat Bank Indonesia ke setiap kantor Bank Indonesia yang ada di seluruh wilayah-wilayah Indonesia. Dari kantor Bank Indonesia inilah seluruh bank akan melakukan pengambilan, penyetoran, dan penukaran uang rupiah.

d. Tahap Pencabutan dan Penarikan

 

Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk mencabut atau menetapkan uang rupiah yang tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah. Tujuan dari pencabutan uang dari peredaran adalah untuk mencegah dan meminimalisasi peredaran uang palsu atau mengganti uang rupiah yang telah memiliki masa edar lebih dari tujuh tahun. Tenang, Squad. Uang rupiah yang dicabut tersebut dapat ditarik lagi lho dengan cara menukarkan ke Bank Indonesia atau pihak lain yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia. Jadi tidak rugi.

e. Tahap Pemusnahan

 

Squad, uang juga bisa dimusnakan lho tapi tidak semuanya ya hanya uang dengan kondisi tidak layak edar saja yang dimusnahkan seperti uang lusuh, uang cetakan tidak sempurna, uang robek, terpotong dan uang yang telah dicabut peredarannya. Pemusnahan uang kertas dilakukan dengan cara dibakar, sedangkan uang logam dilakukan dengan cara dilebur.

Wah, ternyata ada berbagai tahap dalam pengelolaan uang rupiah yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Semua itu dilakukan untuk memastikan bahwa uang rupiah cukup dan layak beredar di masyarakat. Maka dari itu, jaga rupiah mu ya jangan dicorat-coret, dirobek atau bahkan dibuat pesawat-pesawatan ya. Lebih baik lagi uangnya ditabung.

Masih penasaran nggak materi-materi lainya yang nggak kalah seru? Coba deh belajar di ruangbelajar. Di ruangbelajar kamu akan menemukan model belajar baru yang kekinian, lebih seru dan keren pastinya dengan video dan animasi keren yang bikin kamu nggak bosan dan pastinya membuat kamu paham  akan materinya. Ayo download sekarang juga.

ruangbelajar

 

Referensi:

Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

 

Sumber Foto:

Foto 'Ilustrasi Bank Indonesia' [daring] Tautan: https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-peluncuran-uang-baru-pecahan-rp200000.html

 

Artikel ini diperbarui pada 1 Desember 2020.

Beri Komentar