Bagaimana Penghitungan Passing Grade SBMPTN 2019?

Andrea Lidwina

Jan 22, 2019 • 2 min read

sbmptn Siap kuliah


passing grade sbmptn 2019

Dalam hitungan beberapa bulan lagi, SBMPTN 2019 akan dilaksanakan lho, Squad! Bagaimana persiapan kamu sejauh ini? Selain belajar dan rutin mengerjakan latihan soal, kamu pasti juga sering mencari tahu soal passing grade dari program studi di perguruan tinggi impian kamu. Benar ‘kan? Lalu, bagaimana ya sistem penghitungan passing grade untuk SBMPTN 2019 ini?

Passing grade merupakan persentase nilai yang menjadi batas bawah dan biasanya digunakan sebagai acuan ketika Squad akan masuk ke sebuah program studi di perguruan tinggi negeri. Namun, passing grade tidak pernah dipublikasikan secara resmi oleh pihak perguruan tinggi maupun penyelenggara SBMPTN. Selain itu, nilai passing grade pun akan berubah setiap tahun, sebab nilai tersebut tergantung pada daya tampung program studi dan skor para pendaftarnya. Jadi, nilai passing grade tak bisa dijadikan acuan satu-satunya, tetapi tetap bisa dijadikan prediksi untuk memacu semangat kamu dalam belajar.

Tahun ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan baru terkait SBMPTN. “Kalau tahun ini (2018), peserta daftar dulu baru tes. Ketentuan di tahun 2019 adalah tes dulu kemudian dapat nilai. Nah, nilainya dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Mohamad Nasir saat konferensi pers di Jakarta pada Senin, 22 Oktober 2018. Dengan kebijakan baru tersebut, nilai passing grade tidak bisa kamu ketahui sebelum pendaftaran, tetapi nilai ini baru akan keluar setelah proses seleksi selesai.

passing grade sbmptn 2019

Tes SBMPTN 2019 akan dilaksanakan dengan berbasis komputer (Sumber: tirto.id)

Contohnya, Squad ingin mendaftar di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Jumlah pendaftar di jurusan ini sebesar 1.500 orang, sementara daya tampungnya adalah 200 orang. Setelah proses seleksi selesai, 200 orang yang akan diterima adalah para pendaftar dengan nilai tes tertinggi. Nah, jika skor pendaftar ke-200 yang diterima adalah 60 persen, maka passing grade jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia pada SBMPTN 2019 adalah 60 persen.

Akan tetapi, karena nilai passing grade selalu berubah-ubah dan tidak bisa dijadikan acuan tunggal, kamu harus berusaha untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari passing grade jurusan yang kamu impikan setiap kali mengikuti try out di sekolah maupun bimbel. Kalau Squad terus memacu diri untuk mendapatkan nilai yang tinggi, maka peluang kamu diterima di perguruan tinggi favoritmu juga akan semakin besar lho!

Squad, kamu bisa mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi SBMPTN 2019 dengan menggunakan ruangbelajar. Di aplikasi ini, kamu bisa belajar berbagai materi pelajaran melalui video beranimasi, infografis, latihan soal, dan rangkuman. Dijamin, belajar pasti akan lebih menyenangkan!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts