Bagaimana Organ Pencernaan Manusia Bekerja?

Rabia Edra

Dec 12, 2017 • 4 min read

Konsep Pelajaran SMP Kelas VIII IPA VIII


organ pencernaan manusia

RG Squad pasti sudah tahu dong kalau sebagai makhluk hidup, kita selalu membutuhkan makanan sebagai salah satu kebutuhan primer. Kita makan melalui mulut dan melibatkan organ pencernaan manusia lainnya setelah kita menelan makanan. Apakah kalian tahu organ-organ apa saja yang berperan dalam mencerna makanan di dalam tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Organ-Organ Pencernaan  

Terdapat 12 organ pencernaan manusia yang berperan dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Organ-organ tersebut saling terintegrasi satu sama lain sehingga membentuk suatu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut dan berakhir di anus. Berikut adalah ilustrasi sistem pencernaan di dalam tubuh manusia:

organ pencernaan manusiaSistem pencernaan makanan (sumber: bbc.co.uk)

Fungsi dari ke-12 organ ialah sebagai berikut:

organ pencernaan manusiaorgan pencernaan manusia

2. Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia terdiri dari pencernaan mekanik dan kimiawi. Prosesnya dimulai dari pencernaan mekanik yang terjadi di mulut. Kemudian dilanjutkan dengan pencernaan kimiawi oleh enzim di organ pencernaan lainnya.

a. Pencernaan Mekanik

Pencernaan mekanik terjadi di dalam mulut dan lambung. Proses yang terjadi di dalam mulut melibatkan gigi untuk gerakan mekanik dalam mencerna makanan. Sementara itu, di lambung terjadi pencernaan mekanik yang berupa gerakan seperti mengaduk atau meremas makanan. Gerakan mekanik di dalam lambung tersebut digerakkan oleh otot polos.

Dalam melakukan prosesnya, gigi juga banyak sekali tipenya yang kerap digunakan untuk makan sehari-hari. Jika dikategorikan, ada tiga jenis gigi yang berperan dalam mencerna makanan di dalam mulut, yaitu:

organ pencernaan manusia

Tipe-tipe gigi pada manusia (sumber: monashdentalgroup.com.au)

  • Gigi Seri (Incisor) – berfungsi untuk memotong makanan.
  • Gigi Taring (Canine) – berfungsi untuk mencabik-cabik dan mengoyak makanan.
  • Gigi Geraham (Premolar & Molar) – berfungsi untuk melumatkan makanan.
b. Pencernaan Kimiawi  

Pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim. Enzim merupakan protein yang berfungsi sebagai biokatalis di dalam tubuh. Enzim-enzim yang berperan dalam proses pencernaan secara kimiawi, antara lain: 

  • Amilase: enzim ini dihasilkan oleh kelenjar saliva. Di dalam mulut, enzim ini berfungsi untuk memecah pati menjadi maltosa.
  • Protease: enzim ini dihasilkan di lambung dan pankreas, berfungsi memecah protein menjadi asam amino.
  • Lipase: dihasilkan oleh pankreas, berfungsi untuk memecah lemak (lipid) menjadi asam lemak dan gliserol.
  • Maltase: enzim maltase diproduksi di usus kecil, berfungsi untuk memecah maltosa menjadi glukosa. 

Nah itulah mekanisme organ pencernaan manusia di dalam tubuh. Adanya pengetahuan tentang organ-organ pencernaan dapat menjadikan diri kita untuk selalu berhati-hati. Artinya, bijak dalam memilih makanan yang baik bagi organ pencernaan kita. Makanan yang sehat, bersih, dan bergizi adalah parameter yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. So, jaga selalu organ pencernaan kalian ya RG Squad!       

Tambah lagi pengetahuanmu dengan menonton video belajar biologi tentang materi lainnya, hanya di ruangbelajar!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts