Apa Saja Bagian-Bagian Hidung Beserta Fungsinya? | Biologi Kelas 7

Kresnoadi Jan 17, 2018 • 5 min read


Biologi_7.jpg

Setelah mengetahui bagian-bagian mata dan fungsinya, kali ini kita akan mencari tahu bagian-bagian hidung dan fungsinya. Ternyata, itu ada beragam, lho, Squad!


Meskipun tergolong sebagai alat indera penciuman, tetapi hidung juga merupakan bagian dari sistem pernapasan. Adapun berbagai fungsi dari hidung sebagai berikut:

fungsi hidung

 Sumber vector hidung: www.thelearningsite.info

 

Wah, ternyata fungsi hidung sangat beragam ya! Kalau menurut Squad, kenapa hayo hidung juga bisa danggap sebagai pemberi rasa pada makanan? Ya, itu karena sebagai indera penciuman, seringkali kita dapat “merasakan” makanan/miuman dari aromanya. Itulah kenapa, saat kita terkena flu dan hidung kita tersumbat, rasa makanan yang kita makan akan menjadi hambar.

Banyaknya fungsi hidung ini juga diakibatkan oleh hidung yang berhubungan dengan organ-organ lain seperti telinga, dan tenggorokan. Itulah kenapa ada dokter spesialis THT. 

Setelah mengetahui fungsi-fungsi hidung, kita akan mencari tahu apa saja bagian-bagian hidung dari luar maupun organ dalamnya. Nah, secara anatomi, hidung bagian luar akan terlihat seperti piramid, di mana bagian atasnya merupakan pangkal, sedangkan bagian bawah adalah puncaknya. 2/5 bagian hidung luar ini disusun oleh kerangka bagian luar sedangkan 3/5-nya dari tulang rawan.

 

bagian-bagian hidung

 Sumber: Ilmudasar.com

 

BAGIAN HIDUNG BAGIAN LUAR

Dari gambar dapat terlihat bahwa organ hidung bagian luar dimulai dari pangkal, batang, sayap dan puncak hidung. Selain itu, ada lubang hidung dan kolumela yang merupakan sekat di antara kedua lubang tersebut.

LUBANG HIDUNG

Secara fungsi, lubang hidung pasti Squad sudah paham, ya. Selain sebagai tempat masuknya udara, kotoran, dan kelingking kita, lubang hidung juga merupakan organ yang berhubungan langsung dengan rongga hidung. Di dalam rongga hidung, terdapat mukus dan bulu hidung untuk menyaring kotoran yang masuk.

BAGIAN HIDUNG BAGIAN DALAM.

 

organ hidung bagian luar

 Sumber: www.siswapedia.com

 

RONGGA HIDUNG

Rongga hidung adalah organ yang sangat penting karena berfungsi sebagai tempat masuknya udara menuju tenggorokan. Di samping itu, rongga hidung menjaga kelembapan, suhu, dan tekanan udara. Di dalam rongga, terdapat selaput lendir dan bulu hidung (silia). Bagian rongga dibentuk oleh tulang tengkorak yang membentuk dinding-dinding hidung.

 

kerangka luar hidung

 Kerangka luar hidung (Ballenger, 1994)

 

SEPTUM (PEMISAH) HIDUNG

Kamu pasti sadar bahwa lubang hidung terbagi menjadi dua, kan? Nah, pemisah antara lubang hidung yang kanan dan yang kiri dinamakan dengan septum hidung. Septum atau pemisah hidung ini dilapisi oleh lendir yang berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan rongga di dalamnya.

 

septum pembagi lubang hidung

 Sumber: www.terapisehat.com

 

SILIA./BULU HIDUNG

SIlia/bulu hidung merupakan rambut-rambut yang terdapat di bagian bawah serabut saraf pembau. Fungsinya untuk menyaring udara yang masuk. Sehingga kotoran atau debu yang masuk ke dalam hidung tidak mencapat sistem pernapasan kita.

 

akibat mencabut bulu hidung

 

Baca Juga: Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

SERABUT SARAF PEMBAU

Seperti namanya, saraf pembau yang ada di dalam hidung berfungsi sebagai penerima rangsang berupa bau. DIa lah yang menjadi reseptor utama indera penciuman kita. Ketika ada aroma di dekat kita, saraf pembau akan menerimanya dan melanjutkannya ke otak, sehingga kita dapat mengetahui bau tersebut.

SELAPUT LENDIR

Selaput lendir di dalam hidung adalah bagian yang berfungsi untuk menghasilkan mukus, atau, dalam bahasa yang lebih sederhana, disebut, ,ehem, ingus. Eits, jangan menganggap remeh ingus, lho. Ingus/mukus ini yang melindungi kita dari berbagai macam kotoran dan bakteri. Makanya, ketika kita sedang tidak enak badan, warna dan kepadatan mukus kita berubah.

 

kenapa ketika bersin kita menutup mata

 

Nah, itu tadi adalah berbagai macam fungsi beserta bagian-bagian hidung. Mulai dari bagian luar, sampai organ di dalamnya. Sudah tahu, kan, kalau ternyata hidung sangat berperan dalam proses pernapasan dan kesehatan kita! Kalau kamu ingin mengetahui materi seperti ini melalui video pembelajaran animasi, daftar ruangbelajar sekarang juga!

 ruangbelajar

Beri Komentar