Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya? | Biologi Kelas 7

bagian-bagian mata dan fungsinya

Artikel Biologi kelas 7 ini akan menjelaskan tentang apa saja bagian-bagian mata manusia serta fungsi yang dimilikinya.

Banyak yang menyangka bahwa bagian-bagian mata hanya terdiri dari bola mata hitam yang dikelilingi cairan putih. Sebetulnya, hal ini tidak begitu salah. Tetapi, apabila kita telisik lebih jauh, ternyata mata merupakan salah satu organ yang sangat kompleks.

Sebagai salah satu dari lima indera kita, mata tentu mempunyai fungsi yang vital bagi kehidupan seseorang. Bayangkan ketika kita tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas. Pasti rasanya sungguh pedih. Apalagi kalau kita tidak bisa melihat kode-kode yang dia kasih. Hmmmm

Organ mata manusia dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu organ bagian luar dan organ bagian dalam. Organ bagian luar mata terdiri dari kelopak mata, alis, dan bulu mata. Sementara itu, organ bagian dalam mata terdiri dari kornea, iris, pupil, aqueous humor, lensa, vitreous humor, sklera, koroid, retina, bintik kuning, saraf optik, dan bintik buta.

Yuk, kita bahasa satu per satu bagian-bagian mata dan fungsinya!

 

Organ Mata Bagian Luar

Kelopak Mata

Kelopak mata adalah bagian luar mata yang berbentuk lipatan kulit di area atas dan bawah mata. Kulit kelopak mata merupakan kulit tertipis di tubuh kita. Kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran.

Bulu Mata

Bulu mata atau rambut mata merupakan bagian dari kelopak mata yang punya helaian rambut-rambut. Fungsi bulu mata adalah untuk menyaring cahaya yang akan diteroma oleh bola mata.

Alis Mata

Pada sebagian mamalia, seperti manusia, alis mata merupakan bagian yang mempunyai sedikit bulu-bulu halus di atas kedua belah kelopak mata. Alis mata berfungsi untuk menjaga mata dari benda cair dan keringat.

organ bagian luar mata

Baca Juga: Apa Saja Bagian-Bagian Hidung beserta Fungsinya?

 

Organ Mata Bagian Dalam

Tidak seperti organ bagian luar yang cenderung sebagai proteksi, organ dalam mata berfungsi untuk ‘mengolah’ cahaya sampai akhirnya dapat kita ubah menjadi penglihatan. Sedikitnya, ada 17 bagian mata yang berperan penting dalam mekanisme penglihatan, yaitu:

organ bagian dalam mata

 

Kornea

Kornea merupakan bagian bening yang bersifat tembus pandang dan terletak di lapisan terluar. Kornea berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya pertama kali, sebelum akhirnya cahaya dapat masuk ke sel-sel penerima di bagian dalam mata.

Kalau kita lihat mata seseorang, akan ada bagian bola hitam (pupil) dan bagian yang terlihat berwarna abu-abu, atau cokelat, atau biru, berbeda-beda tergantung faktor genetik seseorang (iris). Nah, kornea ini hanya menutupi bagian pupil dan iris tersebut.

Pupil

Pupil, yang merupakan bagian lingkaran hitam di bola mata kita, sebenarnya adalah tempat lewatnya cahaya ke dalam mata. Pupil berfungsi untuk mengatur banyak-sedikitnya cahaya yang masuk. Misalnya, ketika kita terpapar banyak cahaya, maka secara otomatis pupil akan mengecil sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata tidak terlalu banyak. Begitu pula sebaliknya.

Iris

Iris merupakan bagian berwarna yang berada di sekitar pupil. Kalau kamu melihat orang yang punya warna mata berbeda (Maksudnya bukan yang punya mata sharinggan kayak Sasuke ya. Kalau itu pakai softlens). Nah, iris ini lah yang berperan memberi warna pada mata. Maka dari itu, iris terkadang disebut sebagai “selaput pelangi”.

Retina (Selaput jala)

Retina adalah lapisan sangat tipis yang peka terhadap cahaya. Posisinya berada di dinding paling dalam yang berfungsi untuk menangkap bayangan benda. Retina ini mempunyai reseptor cahaya yang bernama sel batang (basilus) dan sel kerucut (konus). Sayangnya, bagian belakang retina tidak memilikinya. Alhasil, ketika ada bayangan benda yang jatuh pada titik itu, kita tidak dapat melihatnya. Bagian ini disebut titik buta.

Baca Juga: Kenali Bagian-Bagian Mikroskop dan Cara Menggunakannya, Yuk!

Bintik Kuning

Bintik kuning adalah bagian dari retina yang memiliki pigmen warna kuning. Bintik kuning berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan yang jelas

Sklera (Selaput putih)

Sklera adalah bagian dinding putih mata. Sklera ini berfungsi untuk melindungi struktur mata dan membantu mempertahankan bentuk mata.

Lensa Mata

Lensa mata adalah bagian yang bersifat lunak dan transparan. Posisinya berada di belakang iris. Bagian mata ini berfungsi untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya agar bayangan suatu benda dapat jatuh di tempat yang tepat. Uniknya, lensa mata punya kemampuan yang disebut sebagai daya akomodasi.

daya akomodasi lensa mata

 

Saraf Optik

Saraf optik berfungsi untuk meneruskan informasi visual benda yang diterima retina menuju ke otak. Nah, saraf optik ini lah yang membuat kita dapat mengetahui bagaimana bentuk suatu benda yang kita lihat. Oleh karena itu, jika saraf optik ini rusak, maka kita tidak akan bisa melihat.

Koroid

Koroid adalah dinding mata yang berfungsi sebagai penyuplai oksigen dan nutrisi untuk bagian-bagian mata yang lain, khususnya retina. Koroid biasanya berwarna cokelat kehitaman atau hitam. Warna ini bertujuan agar cahaya tidak dipantulkan kembali.

Aquaeous Humor

Aquaeous humor adalah cairan berlendir yang transparan seperti plasma. Cairan ini terdapat di balik kornea mata. Aquaeous humor memiliki beberapa fungsi, salah satunya membantu memberikan bentuk bola mata.

Vitreous Humor

Vitreous humor merupakan bagian mata yang berbentuk gel bening dan tidak berwarna. Gel ini mengisi hampir sebagian volume bola mata. Vitreous humor berfungsi untuk mempertahankan bentuk ruang di belakang lensa mata, menyokong lensa mata, dan mempertahankan bentuk bola mata.

Titik Buta

Bintik buta atau titik buta adalah bagian yang berfungsi untuk meneruskan dan membelokkan berkas saraf menuju otak. Di bagian mata ini, tidak ada sel-sel yang peka terhadap rangsangan cahaya. Itu artinya, ketika ada bayangan benda yang jatuh ke titik ini, kita tidak akan bisa melihatnya.

Baca Juga: Apa Itu Sel? Kenali Jenis dan Strukturnya, Yuk!

Ternyata bagian dalam mata tidak sesederhana yang kita kira, ya. Banyak bagian-bagian mata dan masing-masing mempunyai fungsinya yang berbeda-beda. Yuk, jaga kesehatan mata kita supaya tidak rusak!

Kalau kamu ingin memelajari materi lain dengan menonton video pembelajaran beranimasi lengkap dengan berbagai rangkuman dan latihan soal, buruan daftar ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Purjiyanta, Eka, Triyono, Agus, Dkk. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi. Erlangga: Jakarta.

 

Artikel ini diperbarui pada 17 Januari 2023.

Kresnoadi