Bahasa Indonesia Kelas 9 | Menemukan Informasi dari Indeks Buku

informasi dari indeks buku

Pada artikel bahasa Indonesia kelas ix kali ini kita akan belajar fungsi dari indeks buku dan bagaimana caranya menemukan informasi dari indeks buku.

--

Apakah kamu suka membuka buku pelajaranmu saat sedang liburan sekolah? Bagaimana caranya jika kamu mau mencari nama atau istilah dari dalam buku tersebut? Tentunya kamu nggak mau mencari satu per satu di halaman bukunya kan? Nah, jika kamu ingin mencari nama atau istilah dari buku, kamu bisa menggunakan indeks Squad. Buku-buku ilmiah atau nonfiksi seperti buku pelajaran, ensiklopedia, dan buku pengetahuan umum pasti dilengkapi dengan halaman indeks.

Eh, tunggu sebentar. Kamu sudah tahu belum apa itu indeks? Selain itu, apa sih fungsinya? Nah, biar kamu tahu dan bisa memanfaatkan indeks dengan baik, yuk kita belajar sama-sama.

Apa itu Indeks?

Indeks adalah daftar istilah atau tokoh penting yang ada di dalam buku. Halaman indeks disebut juga dengan halaman penunjuk kata, posisinya pasti ada di bagian akhir buku. Daftar istilah atau tokoh penting pada halaman indeks tersusun menurut abjad, dan disertai dengan halaman tempat istilah atau tokoh tersebut digunakan. Kamu harus ingat ya Squad bahwa halaman indeks tidak mencantumkan makna kata.

Contohnya seperti ini Squad:

informasi dari indeks buku

Coba ambil buku pelajaranmu dan buka halaman terakhirnya deh Squad. Pasti kamu bakal melihat halaman indeks.

Apa Fungsi dari Indeks?

Fungsi dari indeks adalah untuk memudahkan kita menemukan istilah yang digunakan dalam buku tersebut. Jadi, kita bisa hanya membaca cepat (memindai) saja saat ingin mencari informasi penting dari banyaknya informasi di dalam buku. Berguna banget kan Squad? Secara buku-buku nonfiksi rata-rata jumlah halamannya sangat tebal.

Baca juga: Bagaimana Sistematika Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia?

Indeks pun ada jenisnya Squad. Di antaranya ada indeks pengarang (indeks nama) dan indeks topik. Apa ya perbedaannya?

Indeks Pengarang (Indeks Nama)

Indeks pengarang atau nama adalah indeks yang berisi daftar nama-nama pengarang atau tokoh yang ada di dalam buku. Aturan penulisan indeks pengarang sama seperti dalam daftar pustaka Squad. Hayo, masih ingat nggak? Oh iya, kalau pengarangnya punya gelar, nggak usah dicantumkan ke dalam indeks ya. Sambil liat contohnya yuk!

informasi dari indeks buku

Indeks Topik

Kalau indeks topik isinya berupa istilah-istilah dalam buku yang memuat teori, pengertian dan sebagainya. Biasanya, yang dimasukkan dalam indeks topik adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan isi buku yang bersangkutan. Jadi, jika buku itu berisi tentang ilmu bahasa, istilah yang dimasukkan ke dalam indeks topik sudah pasti istilah-istilah ilmu bahasa.

informasi dari indeks buku

Sekarang sudah tahu kan Squad bedanya indeks topik dengan indeks pengarang? Lalu, bagaimana caranya menemukan informasi melalui indeks? Seperti yang disebutkan di atas, kita hanya tinggal memindai saja Squad. Beginilah langkah-langkahnya:

  1. Tentukan kata atau informasi yang akan dicari
  2. Telusuri kata yang akan dicari dengan melihat halaman yang tertera di samping kata.
  3. Pahami dan catat informasi yang telah kamu temukan di halaman tempat kata tersebut ditemukan

Simple kan? Nggak perlu deh kamu buka-buka semua halaman ensiklopedia. Tinggal buka halaman indeks, cari kata-katanya, lalu cari deh halamannya. Setelah ini kita mengerjakan soal di ruangbelajar yuk, supaya kamu tahu kemampuanmu tentang membaca indeks sudah sampai mana. Kalau mau nonton video dulu biar makin paham, juga boleh. Selamat belajar bersama Ruangguru Squad!

ruangbelajar

Beri Komentar